Yuhuu 1000 posting konten dalam 4 tahun di WordPress

Horeeee, hari ini postingan mencapai keseribu judul yang saya release di blog ini. Jadi post sebelumnya adalah post ke 1000 yang di publish, so tulisan ini yang ke 1001 (menurut catatan pada dasboard wordpress)

Sudah empat tahun perjalanan blog ini, semenjak awal dari blogger untuk catatan sendiri yang berkembang menjadi tulisan yang dibaca oleh pengguna hape entah sudah berapakah yang pernah mampir di blog ini.

Dari awal yang masih merupakan blogger amatiran dan sampai saat ini yang telah berubah jadi blogger amatiran juga ( 😀 ) karena belajar secara otodidak dan merasa perkembangan pengetahuan ngeblog yang tidak banyak.

Skill membuat konten meningkat karena kepo dengan blogger blogger keren

kendala-madrasah-diniyah-takmiliyah

Yang jelas meskipun lamban dalam menyerap ilmu dan bagaimana cara membuat konten di blog atau wordpress, sedikit demi sedikit menjadi lebih ingin tau bagaimana mengelola blog atau wordpress.

Mulai dari bagaimana caranya supaya blog bisa diakses lebih cepat (tau sendiri kecepatan merupakan salah satu tolak ukur peringkat google) serta bagaimana cara mencari judul yang kemungkinan bisa muncul di google search engine.

Sedangkan yang masih stagnan dan tidak berkembang adalah bagaimana cara penulisan supaya enak dibaca, asyik dinikmati dan bikin betah visitor.

Entah bagaimana bisa membuat tulisan yang ngocol dan lucu seperti agus mulyadi dari magelang, atau konten yang banyak mendatangkan visitor semisal milik sugeng id,

atau postingan panjang tapi simpel dan bikin penasaran untuk membacanya sampai selesai seperti panduanim masih perupakan misteri untuk saya.

Sampai saat ini palingan penulisan yang tidak terlalu panjang dan berbelit belit saja yang mendingan dibanding beberapa tahun yang lalu.

antri panjang

Sebelumnya mah satu paragraf bisa seperti gerbong kereta surabaya jakarta yang sedang melayani perjalanan mudik saat hari raya.

Peningkatan visitor mulai terasa saat saya mulai melakukan kiat kiat ngeblog untuk mendatangkan visitor.

Kiat yang signifikan adalah riset keyword, dimana dengan reseach ini saya jadi paham (maksudnya sedikit paham) apa saja yang dicari para manungsa lewat internet.

Misalnya saya agak memahami tentang perizinan pesantren, dari situ saya temukan berbagai keyword yang berkaitan dengan izin pondok yang dapat saya kembangkan menjadi beberapa judul.

Selain mengetahui apa saja yang dicari, juga dapat menentukan judul dan kata yang menjadi penekanan dalam postingan.

Misalnya saya hendak menulis tentang assalamu’alaikum wa’alaikum salam.

Dari keyword ini muncul berbagai alternatif penekanan tema yang hendak dibuat.

Misalnya penekanan di arti dan terjemahan, cara penulisannya, atau bentuk kaligrafi indah kalimat salam.

Termasuk juga mengetahui kans persaingan dalam pertarungan pencarian keyword karena ada score persaingan dan adapula score blog atau website yang menjadi pesaing.

Lanjut lebih kesini, dengan membuka blog rival melalui aplikasi yang tersedia, menjadikan tambahan informasi apa saja judul yang mendapatkan banyak kunjungan organic.

Meskipun telah memiliki bekal tentang sedikit riset keyword, akan tetapi dalam hal aplikasi penulisan dan pemilihan tema memerlukan intuisi dan keahlian tersendiri supaya bisa bersaing dalam keyword yang banyak dibuat oleh blogger lain.

Pengaruh Panjang Konten Jumlah Kata Terhadap Persaingan SEO

yang jelas konten yang sangat pendek atau sangat sedikit tentunya tidak akan menarik mesin pencari untuk memunculkan postingan anda di halaman depan search engine.

tapi ada satu kasus yang saya temukan dimana sebuah tulisan yang sangat sedikit sekali, hanya terdiri dari satu atau dua baris kata ternyata bisa berada diatas halaman awal mesin google.

konten tersebut kira kira berjudul download kertas milimeter blok kemudian tulisannya hanya kisaran 2 baris dan dibawahnya terdapat gambar kertas dimaksud dan bisa diunduh.

tapi perlu diingat, jumlah pencari kertas milimeter block di keyword reseach termasuk tidak banyak.

saya pribadi menganggap konten dengan jumlah kata dibawah 300 masuk dalam kategori konten yang pendek.

saya pribadi berusaha membuat tulisan setidaknya diatas 500 kata untuk setiap postingan yang saya publish.

setidak tidaknya terdiri dari 400 kata, jika kurang dari jumlah ini akan saya lengkapi keterangan berkaitan post yang saya buat supaya artikel tidak terlalu pendek.

Ibnu Singorejo

Postingan baru : Kami usahakan Jadwal hari Senin dan Jumat akan ada tambahan postingan artikel baru. Terima kasih sudah menyimak. saran dan kritik serta sumbangan artikel kami tunggu. contact info : cspontren@yahoo.com twitter : PontrenDotCom FB : Gadung Giri

Silakan berkomentar

%d blogger menyukai ini: