Arsip Kategori: Profil Inspirasi

Mahendria Sukmana Heronita Purnamasari Semoga Sakinah Mawaddah wa Rahmah

Selamat menempuh hidup baru dr. Mahendria Sukmana, Sp.JP. dan dr. Heronita Nimas Purnamasari (diluk maneh Sp.M), semoga menjadi keluarga sakinah mawaddah wa rahmah,

Mendapatkan putra putri soleh solihah, dimudahkan dan selalu diberikan jalan keluar dalam kebersamaan membina rumah tangga dan ,

mengantarkan anak-anak menuju masa depan gemilang berjaya fid dunya wal akhirat.

Ini adalah catatan sebagai sekedar pengingat kenang – kenangan menghadiri acara walimatul ‘ursy antara dua orang dokter.

Yang satu adalah teman MTs saya yaitu dr. Mahendria Sukmana, terakhir ketemu mestinya di tahun 1996

Nimas Mahendria

Kalau di kurs sampai saat ini, kami tidak bertemu selama 24 tahun, lebih, sangarnya lagi jika ditulis seperempat abad kurang satu tahun.

Ngurusi Tempat Ijab Tetangga sebelum ke Walimahan dr. Mahendra, Sp. JP dan dr. Nimas

pontren.com – assalaamu’alaikum para penyuka hape dan gadget canggih, pagi ini (26 Desember 2020) agak ribet keadaannya

Situasinya begini, sama tetangga samping rumah memberikan tugas untuk menata dan mempersiapkan meja tempat ijab kabul mbak Fitri dengan calon suaminya.

Blaik tenan, esuk-esuk wayah prei durung jam pitu harus nyamperin hotel taman sari untuk cek lokasi ijab kabul

Demi melancarkan tetangga dalam melepas status lajang, dengan semangat 45 menggeber motor tua ke lokasi ijab.

Cek sana sini, walah mejanya kok kecil? Tanya pihak hotel bagian resepsionis,” Mas, ada meja yang lebih besar apa tidak?

Dijawab.”kalau urusan meja ijab, yang ngurusi pihak dekorasi mas,” kapok tenan iki, tapi ya sudahlah karena waktu sudah mendesak yang penting sudah siap meskipun kurang sreg juga dengan meja yang kurang besar.

Akhirnya jam 07.30 WIB pak penghulu sudah datang, pas seperti janjinya.

Walah malah pihak pengantin yang masih dikamar atas, sukur calon pengantin pria sudah turun duluan sehingga pak naib masih bersedia menunggu (masalahnya jam selanjutnya masih ada ijapan lagi).

Kemudian serang 10 menit kemudian pengantin wanita turun.

Alhamdulillah kelar ijab dengan lancar dengan acara ijab kabul dilaksanakan oleh paman Mbak Fitri secara lancar dengan dicatat oleh Kepala KUA.

Ada kejadian unik, dimana sebelum acara ijab kedua mempelai sudah dipesan oleh petugas KUA untuk mempersiapkan sarung tangan dan masker.

Tentu dalam rangka mematuhi protokol kesehatan karena cuaca corona yang sudah berbulan bulan melanda.

Benar pesan petugas KUA ini ditaati, lha badhala nya mereka benar benar menyiapkan masker dan sarung tangan

ada tapinya, tetapi pengantin dan walinya malah tidak memakainya, jadi hanya sekedar menyiapkan di meja ijab.

Akhirnya daripada pak Naib pergi meninggalkan acara ijab kabul karena aturannya seorang penghulu harus meninggalkan tempat ijab yang tidak mematuhi kesehatan

Akhirnya sedikit berdebat dengan tukang foto kemudian wali saksi dan pengantin semua siap memakai masker dan sarung tangan.

Saya pribadi juga maklum dengan tukang foto yang agak sebal dengan situasi pengantin wanita pakai kaos tangan

Pasalnya agak mengurangi motif pacar pada tangan pengantin wanita, mungkin bukan pacar juga sih, malah lebih tepatnya seperti perhiasan.

Tapi ya sudahlah daripada pak penghulu pergi akhirnya mau tidak mau pengantin tetap memakainya.

Selepas acara ijab mau dilepas itu urusan masing-masing penyelenggara.

Selesai ijab, lega beban saya karena acara yang menjadi tanggungjawab saya berjalan lancar, no problemo.

Mendadak haus, 😀 padahal acara masih nanti jam sepuluh, ijabnya jam setengah delapan.

wanita wonosobo menikmati kopi
pengen ngopi bang???

Maju karena banyak manten yang memajukan jadwal pernikahan karena aturan walimahan yang ketat setelah bulan desember

Hause wis rak ketulungan, pikir sana pikir sini cari cara praktis menghilangkan dahaga. sisan beli korek beserta pasangannya.

Untung disamping hotel taman sari ada alfamidi, beli coca cola dan korek api.

Pesan saya, yuh larange korek nang alfamidi, paling murah 5.500,-, paling mahal katanya 11.000,-. Lah beli rek jress oleh dua puluh biji.

Pemberitahuan melalui WA mohon Doa Restu Pernikahan dr. Mahendria vs dr. Nimas

Pas sedang duduk didepan alfamidi, iseng buka grup WA, ada informasi untuk mendoakan pernikahan antara dr. mahendria Sukmana dan dr. Heronita Purnamasari

Begini woro woronya

Karangan Bunga Ucapan Happy Wedding dari Komite Medik RSUD Kota Madiun
Karangan Bunga Ucapan Happy Wedding dari Komite Medik RSUD Kota Madiun

Mohon Doanya, pagi ini Saudara dan Saudari Kita, Mahendria Sukmana dan Heronita Purnamasari akan melangsungkan pernikahan, kita doakan rumah tangga yang dibina sakinah mawaddah wa rahmah Bahagia dunia akhirat.

woro woro M. Ari Mukhlason via Whatsapp

lha iseng saya tanya, emang dimana acaranya, pean koq iso reti, sedulure po piye? Begitu kalimat yang saya lontarkan kepada om Mukhlason.

Bilangnya acara di sukoharjo, mojolaban, lha kok ora adoh? Akhirnya wa wa wa minta share location (boso jowone mbagi nggon)

Cek lewat google map, 14 menit, tafsire mukhlason tempatnya deket, paling sekitar 15 menit dari tempatmu.

Wow, manteb tenan arek iki, titis sik nebak.

Sarapanmu samben esuk opo kok bener lan pener sik memperkirakan alokasi menempuh perjalanan Karanganyar – Mojolaban Sukoharjo.

Tanpa basa basi, dan mumpung kostum juga lengkap (pakai jas masbrooo) akhirnya copot dasi dan langsung cuss ke lokasi walimahan.

Pelaksanaan Ijab Kabul Tertib Protokol Kesehatan

ijab kabul protokol kesehatan
pelaksanaan ijab kabul dengan protokol kesehatan

Alhamdulillah sampai sana sesaat sebelum ijab kabul dilaksanakan

Dengan modal masker belogo Depag saya malah leluasa memfoto pada saat prosesi nya. Lumayan berkah dikasih masker teman yang kerja di depag :D.

Ijab dilakukan oleh Ayah dari mbak Nimas sendiri, maksudnya tidak diwakilkan kepada pak penghulu atau pak naib

Sedangkan kabulnya juga diucapkan oleh mas Mahendria Sukmana sendiri. Emangnya kabul pengantin pria bisa diwakilkan? Bisa lah, apa sih yang enggak bisa buat loe?

Alhamdulillah proses pengucapan ijab kabul baik oleh Ayahanda dari mbak Nimas maupun mas Mahendra lancaarr makuncar kuncar

Gak perlu pake acara siaran ulang, sekali ucap, benar, tepat dan lancar, top markotop.

Oh iya, seperti penampakan difoto, acara walimahan ini menggunakan protokol kesehatan =, kedua mempelai wali dan saksi beserta naibnya lengkap bermasker dan bersarungtangan

Bahkan pembawa acaranya pun tetap maskeran saat membawakan berita, manteb full pokokmen, sampai2 mau memfoto pembawa acaranya pun jadi batal mergo beliaunya maskeran.

Habis memfoto foto kemudian saya cari cari mas Mukhlason, dimana ya duduknya? Timbang kesuwen tak telpun wae, nah waktu mulai berdering nampak cowok ganteng akan sedang mengangkat telfon, lha kae wonge.

M Ari Mukhlason
gue and M Ari Mukhlason

Langsung saja tak matiin hapene, dadi ngguyu dewe lihat om Mukhlason hola halo ambek telpun sik wis tak pateni :D.

Lama tak bersua, tanya kabar kondisi kesehatan, alhamdulillah, kemudian saya tanya kok bisa tau acara walimahan, padahal rumahnya jauh (om nya rumahnya Jawa Timur).

Tamu Tak Diundang

Usut punya usut riwayatnya karena kedua pengantin adalah teman beliau di MTs Assalaam dan juga di SMA Insan Cendekia.

Jaman dulu kayaknya kondang dengan nama SMA Magnet, tapi entah kenapa koq magnetnya sekarang sudah tak disandang lagi, insan cendekia pun juga saat ini adalah Madrasah Aliyah. Mbuh ra reti riwayate.

Kemudian datang 2 pasang suami istri, kedua pasangan ini ternyata alumni juga dari SMA IC serpong.

Noora Qotrun Nada Fitriani Khanifatun
saat makan memang susah memakai masker

Yang pihak perempuan adalah alumni Assalaam, mereka lugu-lugu (setidaknya begitulah klaim dari kedua alumni putri Assalaam ini).

Waduh saya kok jadi yang gak enak ya? Lha saya bukan alumni insan cendekia dewe?

Tapi piye maneh, wis bacut ngombe, ya wislah di entekne sisan, moso yo pulang, malah ngetarani tamu tak diundang tho ya. 😀

Tapi saya tenang saja dink, karena saya tau kedua mempelai orangnya pada baik hati banget, jadi saya yakin tidak keberatan jika saya menghabiskan seporsi makanan dan snack yang ada dimeja. Alhamdulillah.

Tausiyah dari Guru MTs yang mengajar Pelajaran Biologi

Nah, di akhir acara setelah beberapa saat foto foto pihak keluarga, diisi dengan tausiah nasehat bagi kedua mempelai utamanya, dan melebar bagi para mantan pengantin yang hadir dalam rangka turut bahagia dan mendoakan mereka berdua.

Isi tausiah dari guru Biologi dan sekaligus pengisi kajian tafsir di masjid Al Ikhlas? (kalau gak salah ya) ini yang saya tangkap setidaknya menyampaikan 2 hal.

Yang pertama berkenaan dengan hadits nabi tentang keistimewaan Wanita yang boleh memasuki surga dari pintu mana saja yang dia mau.

Yang kedua tentang kisah rasul Muhammad saw melamar ummu salamah.

Bagaimana isiannya? Ya seperti itulah isiannya 😀

Hadits riwayat HR. Ahmad 1: 191 dan Ibnu Hibban 9: 471. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih

إِذَا صَلَّتِ الْمَرْأَةُ خَمْسَهَا وَصَامَتْ شَهْرَهَا وَحَفِظَتْ فَرْجَهَا وَأَطَاعَتْ زَوْجَهَا قِيلَ لَهَا ادْخُلِى الْجَنَّةَ مِنْ أَىِّ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ شِئْتِ

artinya : “Jika seorang wanita selalu menjaga shalat lima waktu, juga berpuasa sebulan (di bulan Ramadhan), serta betul-betul menjaga kemaluannya (dari perbuatan zina) dan benar-benar taat pada suaminya, maka dikatakan pada wanita yang memiliki sifat mulia ini, “Masuklah dalam surga melalui pintu mana saja yang engkau suka.”

Jadi streching dari hadits ini, menurut ustadz Biologi tersebut adalah taat kepada suami. Dan menjalankan salat wajib, puasa ramadhan, menjaga farjinya. Maka dia bisa memilih pintu surga manapun untuk dimasuki.

Tentunya taat kepada suami selama bukan bermaksiat kepada sang Pencipta.

Yang kedua belau bercerita tentang kisah Hindun Binti Abi Umayyah. Seorang janda yang menolak lamaran sahabat sahabat terkenal (Umar Bin Khattab, Abu Bakar Ash Shiddiiq) dengan kalimat yang menempatkan almarhum suaminya tinggi.

Kalimatnya adalah Siapakah orang yang lebih baik dari Abu Salamah, demikian selalu yang ia katakan.

Siapakah Hindun binti Abi Umayyah? dikenal dengan Ummu Salamah. Semula bersuami Abdullah al-Makhzami, terluka parah dalam perang Uhud kemudian syahid.

Ummu Salamah sudah berumur (dalam beberapa situs mengatakan usianya 30 tahun).

Pada mulanya menolak lamaran Rasulullah Saw., sebagaimana ia telah menolak lamaran Abu Bakar dan Umar Bin Khattab.

Demi meraih kehormatan, maka dipersunting oleh Rasulullah Saw., dan demi anak-anaknya, Ummu Salamah menerima pinangan Nabi.

Nah pada bagian ini saya agak bingung dengan pesan moral yang disampaikan oleh pak Ustadz Biologi tadi

Saya coba-coba memadu padankan yang disampaikan yaitu = suamiku is the best, kira-kira begitulah maksud beliau apapun kondisinya selama dalam ketaatan Allah.

besok kalau sowan mau saya tanyakan lagi apa maksudnya.

Penyakit Era Modern, Ingat Wajahnya Lupa Namanya

Ada udang dibalik batu, kenapa dari tadi saya sebut dengan ustadz Biologi, ternyata para muridnya yang masa MTs juga lali namanya :D,

Mukhlason agak ingat, sepertinya pernah ngajar di Assalaam, lah saya bilang, seingat Saya Edi Suprapto.

Ternyata memang benar, belau pernah ngajar di Assalaam (alhamdulillah bukan ngajar kelas saya, jadi saya terhindar dari siswa yang lupa ustadznya).

Dan Kabar uniknya, wanita yang duduk di depan kami adalah istri beliau, dan apesnya kami memanggilnya dengan ustadzah FISIKA!!

Namanya ustadz ustadzah, memorynya ternyata lebih baik dari kami, dia menyebut nama salah satu santri putri yang menikah juga dengan alumni.

mau saya timpali,”iya benar itu angkatan kita, masih tetep kyut, Cuma diameternya agak sedikit bertambah”, sayangnya agak berjauhan, jadi ya saya urungkan niat saya berkomentar.

Kemudian beliau, ustadzah menyebutkan nama Wulan Pintoko, koor kami bersama sama mengiyakan kami angkatan ustadz Wulan Pintoko.

Kemudian dengan sedikit banyak malu malu, saya kirimkan foto beliau kepada ustadz Wulan Pintoko.

Tujuannya untuk mengingatkan kembali siapa nama kedua guru kami yang bersahaja dan awet muda ini.

Edy Tarwoko Siti Chasanah
Drs. Edy Tarwoko besert istri (Dra. Siti Hasanah)

Saking awet mudanya saya cenderung tidak menyarankan kami berfoto bersama dengan kedua beliau.

Ngeri saja dan khawatir nanti orang akan susah membedakan mana muridnya dan mana gurunya 😀

Habis acara tausiyah, usai sudah acara, dan selanjutnya karena kondisi yang memang seperti ini, kemudian pamit seraya say good bye (mungkin lebih tepatnya see you) kepada kedua mempelai.

Doa Ucapan Walimahan Pernikahan Sahabat Melalui WA dari teman Grup

Acara walimahan merupakan salah satu momen kebahagiaan, bukan hanya kedua mempelai, bahkan orang disekitanya.

Apalagi kedua pengantin adalah rekan dan sahabat, ada banyak doa dan harapan semoga …. semoga… dan semoga… intinya sakinah mawaddah wa rahmah anak soleh solihah. Amiin.

Salah satu doa yang disampaikan yaitu tulisan dari saudara Janaverry Rachmatika (waduh maaf bro saya agak lupa ejaan namamu).

Berikut doa dari mas Jana yang bisa dianggap mewakili dari berbagai doa beredar di grup yang termasuk adem ayem.

Grup yang rutin informasi jadwal salat dan informasi penting lainnya, selain itu alhamdulillah sepi.

Berikut doanya

Untuk Mahendria & Nimas (gak ada di sini ya)
Selamat atas pernikahannya ya…
Semoga menjadi keluarga yang dipenuhi dengan sakinah, mawaddah, rohmah, hidayah, ‘inayah, wa barokah.

Tetap langgeng, harmonis, romantis sampai kakek-nenek, serta selalu saling menjaga dan memelihara keimanan, ketaqwaan dan ketaatan kepada Allah SubhaanaHU wata’aala hingga akhir hayat.

Dan dikaruniai anak-anak yang sholih-sholihah, yang sedap dipandang, serta menyenangkan dan membahagiakan orang tuanya.

بَارَكَ اللهُ لَكُمَا وَبَارَكَ عَلَيْكُمَا وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِى خَيْرٍ

”Semoga Allah melimpahkan keberkahan untuk kalian berdua dan memberikan keberkahan atas apa-apa yang ada pada kalian berdua serta mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan (ketaatan kepada Allah SubhaanaHU wata’aala).

آمِين… آمِين يَارَبَّ الْعٰلَمِيْنَ

Nah itulah sekelumit kisah tentang walimahan dari kedua mempelai, penutup kata, Selamat atas Pernikahannya, semoga dr. Mahendria, Sp.JP dan dr. Nimas.

Semoga diberikan karuna keluarga yang sakinah mawaddah wa rahmah, kemudahan menyelesaikan masalah yan datang.

Mendapatkan kemampuan dalam mengantarkan putra putrinya menjadi pribadi yang soleh solihah, jaya kehidupan dunia akhirat. Wassalaamu’alaikum.

Profesi lulusan pesantren

lulusan pondok pesantren mau bekerja jadi apa? apa pekerjaan yang cocok untuk lulusan pondok? begitulah kira kira pertanyaan orang tua ataupun yang masih awam tentang pesantren.

Selepas lulus dari pendidikan, secara umum manusia akan meniti karir baik pada sektor formal maupun informal. Pertanyaannya adalah apakah pekerjaan lulusan dari pesantren?

Dari beberapa orang lulusan pondok pesantren saya coba untuk membagi cerita tentang pekerjaan para lulusan pondok pesantren.

Ternyata lulusan pesantren juga berprofesi umumnya kebanyakan profesional yg lain. seperti dibawah ini disertau dengan santri yang mennjalani profesi tersebut.

LULUSAN PONDOK PESANTREN BERPROFESI SEBAGAI DOKTER.

santri menjadi dokterDari kalangan lulusan pesantren trnyata bukan menjadi halangan untuk berprofesi sebagai dokter.

Misalnya seperti dr. Nur Ekasari, dokter di Jambi yang sedang mengambil spesialis ini pernah menjadi santri selama enam tahun di pondok pesantren modern di Sukoharjo. Teman angkatan dr. Nur Ekasari juga ada yang berprofesi sama adalah dr. Nina Aggraeni, dua orang dokter ini berasal dari pesantren yang sama dan sama sama satu angkatan. lulus dari pondok pesantren di tahun 1999.

ada juga Mahendria Sukmana spesialis jantung dan juga dr. Nanang Arrahman yang sedang study spesialis di Semarang

Alumni Ponpes menjadi GURU.

santri sebagai gurubanyak contoh lulusan pesantren dengan profesi sebagai guru, seperti Titi Astutirrohmah yang menjadi guru bahasa inggris di salah satu lembaga pendidikan di Kediri, santri putri yang pernah mondok beberapa tahun yang biasa disapa Nandit ini telah menjadi guru selama beberapa tahun dan selain menjadi guru juga berkecimpung di yayasan yang didalamnya menaungi pondok pesantren.

Sedangkan bidang Bahasa Arab dan ilmu keislaman ada nama Tri Bimo Soewarno, guru MAN 1 Surakarta ini pernah mengenyam mondok selama 3 tahun dilanjut MAKN Surakarta dan s1 di al Azhar Kairo. dan statusnya pun sebagai guru Negeri atau PNS/ASN.

Pada sekolahan umum Suciyanti, S.Pd., santri putri asli Tasikmalaya ini menjadi guru pada sekolah dasar di wilayah Cirebon Jawa Barat, dimana guru PNS pada SD Negeri ini telah beberapa tahun menjadi pengajar.

Pekerjaan Santri Lulusan Pontren pada STRUKTURAL PNS atau ASN

santri menjadi PNS
santri alumni UGM

Tak terhitung jumlah alumni pesantren yang di terima sebagai pegawai negeri sipil di berbagai instansi pemerintah, seperti drh. Ikhsan Fathoni Rahmat, pria baik hati dan sopan yang saat ini menjadi kasi di Departemen Pertanian di daerah Sulawesi.

selain drh. ikhsan ada juga drh. Ully Indah Apriliana yang juga di deptan wilayah Yogyakarta. Selain itu di Kementerian Agama seperti Mutmainnah, santri putri yang hafidzah qur’an ini menjadi penyuluh fungsional di Rembang, sedangkan di Wonogiri ada Ekki Tajul Arifin yang berprofesi sama dengaan Mutmainnah.

Ferdinand Setiawan di Bag. Umum Kemenag daerah Jawa Timur. di DPU ada santriwati asal semarang yang bekerja di balai konservasi sungai namanya Harlina Wijayanti.

Di daerah Riau ada minimal dua nama yang menjadi camat, yaitu Tri Sepna Saputra (saat ini beralih Jabatan menjadi Sekretaris Kominfo) dan zulhelmi hasan.

Santri Menjadi Dosen

alumni pesantren menjadi dosenDari beberapa kenalan dan informasi dari rekan terdapat lulusan pondok yang menjadi dosen, misalnya Ika Sumiyarsi yang menjadi dosen di UNS Surakarta dalam bidang kesehatan dengan spesifikasi di bidan.

Ada juga Nutrisia Nuim Haiya yang berprofesi dosen di Fakultas Ilmu Keperawatan UNISSULA Semarang bidang . dan ada beberapa lagi yang nanti akan kami tambahkan.

Baca  Romadhon di Pondok Pesantren Assalaam

baca Santri Putri, Ibu Rumah Tangga dan Wanita Karir

Bekerja pada PERTAMBANGAN

wirawan avicenaSelain bidang diatas terdapat bidang profesi yang di tekuni oleh lulusan pesantren seperti Wirawan Avicena dan Wahid Musthofa, keduanya sama sama sama berkecimpung di bidang pertambangan.

Perbedaannya kalau Wirawan sebagai instruktur dan Wahid di tambang minyak. nama lain adalah M. Irza Ghozali, berperan bidang IT bagi perusahaan tambang, akan tetapi susah resign karena alasan capek dan jauh dari keluarga, akhirnya membuka usaha di Balikpapan berupa apotek dan sedang mengembangkan air kesehatan dengan kangen water sebagai andalannya.

Santri Menjadi PENGUSAHA.

fajrul imtihanpada sektor usaha ada Fajrul Imtihan, santri yang saat ini beristri satu dan domisili di Malang menjadi pengusaha kudapan/makanan ringan.

Dengan bendera bang bana telah merambah pangsa pada sampai dengan luar jawa. ada juga Tistana Kuncorowati, yang berbisnis bidang kiddy spa di wilayah Blora, selain usaha Kiddy spa yang bergerak dibidang massage dan terapi bayi juga air kesehatan dan juga bekerja di Pamsimas.

Suatu pekerjaan di bidang pengadaan air bersih yang berada dibawah DPU. Pengusaha di bidang kuliner seperti Anna Djawas yang membuka restoran di wilayah salatiga. Bidang cake ada nama Afifatul Ulfah, alumni pondok pesantren Krapyak ini berbisnis kue/cake dengan mengusung nama deliziya, usaha yang dilakukan di Magelang ini melayani pesanan pesanan baik partai besar maupun kecil.

Untuk pengusaha cathering, di wilayah Bekasi ada nama Sabila Fatwaningrum, santri berkacamata asal Bali ini sedang vakum dari bisnis karena sedang fokus membesarkan anak.

Santri berprofesi menjadi BIDAN dan Perawat.

santri sebagai bidanDibidang kesehatan pada bidan terdapat nama Dyan Maya Nurwulan, bidan yang membuka praktek di kota kudus ini salah satu dari sekian banyak bidan yang pernah mondok pesantren.

Selain Dyan maya, ada juga santri putri yang pernah menjadi bagian keamanan.

Suatu bagian atau petugas yang di takuti dan tak jarang dimusuhi oleh santri yang lain. ya.. namanya adalah Yayah Fatkhiyah yang saat ini menjadi bidan desa di pesisir pulau Jawa. Selain bidan dan dokter, profesi kesehatan yang lain sebagai perawat ditekuni oleh Hardiyah Novita Arifin yang saat ini bertugas di Puskesmas daerah Pasuruan.

Memiliki karir PELAUT.

alumni pesantren menjadi pelautElnath Torres Eridany dan Reddy Renaldy, dua nama diatas adalah santri satu angkatan yang berprofesi sebagau pelaut.

mengarungi luasnya samudra mengunjungi negara nun jauh disana. beberapa bulan sekali pulang kerumah anak istri. Elnath pulang ke Semarang sedangkann Reddy ke Boyolali. Seperti umumnya para pelaut, penghasilan yang didapatkan tentunya jauh berada diatas UMR di Republik ini.

Dengan begitu secara perekonomian bisa dikatakan jauh dari kesulitan. Akan tetapi kompensasi dari banyaknya penghasilan yang di dapatkan adalah perjalanan jauh dan memakan waktu beberapa bulan serta berjauhan dengan keluarga. sehingga kadangkala setelah memiliki anak istri umumnya mengalihkan profesi dimana intensitas waktu dan berkumpul dengan keluarga bisa didapatkan lebih banyak.

pesantren dan jaksaBerprofesi menjadi aparat penegak hukum dengan menjadi JAKSA

ada satu nama jaksa yang saya kenal yang merupakan lulusan pesantren. Andi Oddang M. Sunan, santri asal Sulawesi yang menyandang nama Andi, sebagai penunjuk keturunaan bangsawan dari Sulawesi.

Karena Jaksa sering berpindah tempat maaka info saat tulisan ini dibuat sedang bertugas di daerah Semarang. ngomong-ngomong tentang Andi, apakah berarti artis Andi Soraya juga berasal dari Sulawesi ya?

Santri sebagai HAKIM

setelah jaksa, merambah profesi hakim ada nama Sandy M. Alyubi, pria kalem as asal Solo hobby mancing ini dulunya bersama sang adik menimba ilmu di pondok pesantren sukoharjo, nama yang lain adalah M. Agus Salam, pria asal Cirebon yang memiliki pandangann tajam ini juga berprofesi sama dengan Sandi M. Alyubi.

Selanjutnya yang menjadi hakim ada nama M. Isna Wahyudi, pria kelahiran Semarang ini menjadi hakim di pengadilan Agama, selain menjadi hakim juga aktif membuat tulisan di bidang hukum.

BANKIR dari Kalangan santri pondok pesantren

bankir dari pondok pesantrenDi bidang keuangan ada santri yang lahir di Kudus, rumah di Semarang,

kerjanya di Cilacap, santri tersebut bernama Zaenal Arief Huda yang saat ini berprofesi sebagai bankir di BRI, sama seperti Hanief yang hanya berbeda.

lokasii pekerjaan. Hanief di BRI Cirebon sedangkan Zaenal di BRI Cilacap. sedangkan di BTN Syariah menjadi tempat kerja santri kelahiran Boyolali yang Chawari Ata Nasrullah.

Selain persebaran yang merata di bank-bank Nasional. Tentunya banyak juga yang di BUMD seperti Bank Daerah maupun BMT atau lembaga keuangan syariah yang sekarang marak tumbuh berkembang di waktu sekarang.

Menjadi PETANI

santri menekuni pertanianSelain profesi-profesi formal ada juga yang bergerak di bidang pertanian, di Ngawi ada Yuli Puji Astuti, yang fokus pada bertanam buah melon, beberapa saat yang lalu baru saja melakukann perjanjian sewa menyewa tanah untuk kegunaan menanam melon.

Sewa menyewa tersebut bernilai ratusan juta rupiah, selain bertanam melon juga mempunyai usaha jual beli truck dengan show room di daerah Ngawi.

selanjutnya dari wilayah Kediri, bujangan dengan inisial AW yang biasa di panggil Arwahe santri yang bernama asli arif wahyudi ini berkonsentrasi pada penanaman tebu, suatu saat berkonsultasii tentang zakat dari tanaman tebu nya netto 20 juta, akhirnya dizakati sebagai zakat jual beli.

Menekuni dunia bisnis terjun sebagai PETERNAK

peternah burung dari kalangan santriZilfa Krisna dan Tri Subagio termasuk santri yang menekuni bidang ngingu unggas. Zilfa krisna beternak ayam potong sedangkann Tri Subagio mengembangkan burung, pada saat itu love bird yang di ternakkan.

Dalam menjalankan usaha ternaknya Zilfa Krisna bekerjasama dalam permodalan dan penjualan dengan partner, sedangkan Tri Subagio dengan merk mahabarata melakukan bisnis secara mandiri baik secara permodalan maupun secara jual beli.

drh. ikhsan fathoni juga beternak sapi dan burung buruung yang mahaal disela sela kesibukannya sebagai kasi di bbvet Sulawesi, dan sesekali mendampingi koas dalam melalukan penelitian maupun tugas.

Dunia Broadcasting dan PERTELEVISIAN

santri bekerja di pertelevisiansemenjak banyaknya stasiun tv swasta yang mengudara di Indonesia berimbas juga terserapnya banyak SDM yang bekerja di bidang pertelevisian.

dari lulusan pesantren ada nama Bagja Tito Nugroho yang pernah menjadi kameramen di Global TV maupun di ANTV, sedangkan wapemred di MetroTV dijabat oleh Nurfajri Budi Nugroho, pria istiqomah dalam model rambut ini telah menjadi wapemred MetroTV untuk beberapa saat

Pernah cerita di telfon tengah malam oleh anggota dewan ketika dewan berada di Paris dan tidak dibukakan pintu Kedutaan karena datang tengah malam. Kata Fajri biar besok paginya di beritakan, tapi apa daya sama wapemrednya dibiarkan tanpa ada pemberitaan.

saat ini menjadi pemilik pemilik media online alinea.id.

menjadi MENTERI

pada tingkatan pejabat nasional ada nama Muhaimin Iskandar, santri Pondok Pesulukan Thariqat gung (Peta)  Tulungagung ini pernah menjadi Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, selain pernah menjadi menteri juga menjabat sebagai ketua umum partai beraliran nasionalis di negeri ini.

Selain Muhaimin Iskandar ada juga santri lulusan pesantren Darussalam Ponorogo yang menjadi menteri. Jabatan menteri agama di sandang oleh Luqman Hakim Saifuddin. LHQ pernah menjadi menteri pada masa presiden yang berbeda.

Menjadi PRESIDEN.

Abdurrahman Wahikd juga pernah di pondok pesantren, silakan browsing sendiri deh.

saking banyaknya bidang yang di geluti lulusan pesantren sehingga tidak bisa disebutkan satu persatu baik profesi maupun nama lulusannya, tulisan diatas hanyalah sampel sebagian kecil dari santri dan profesi yang digeluti. semoga bermanfaat.

Selamat Ultah 13 September semoga Sukses

Dlam bahasa Inggris biasa diungkapkan dengan happy birthday, dalam bahasa arab, ungkapan kata selamat ulang tahun/ultah apabila ditulis dengan menggunakan huruf hujaiyah arab sebagaimana berikut ini, بَارَكَ اللهُ فِيْ عُمْرِك

pontren.com – kalau iseng-seng browsing bertanya tentang shio yang lahir di tanggal 13 September tahun 1982 maka anda akan menemukan fakta dan data bahwa pada tanggal tersebut memiliki shio anjing. Masuk dalam elemen air.

Sedangkan pada rasi bintang atau zodiak, kelahiran tanggal 13 September dianugerahi dengan zodiak virgo. Dalam rumusannya, tanggal kelahiran yang masuk virgo adalah mulai dari 23 Agustus hingga 22 September.

Dari shio dan zodiak serta elemen ini biasanya disitu akan diungkapkan tentang karakter sifat kelebihan kelemahan kekuatan yang dimiliki serta kekurangan yang ada pada diri seseorang yang termasuk dalam pengkategoriannya.

Apakah akurat? Ya ada kalaya ngepasi juga sering berbeda dengan yang ada kenyataan di lapangan.

Saat ini saya melihat karena kecenderungan penulis website blog atau media nasional yang hendak meraih pengunjung, melakukan penyesuaian, apapun itu tanggal kelahirannya dibikin hal yang menyenangkan sehingga betah dibaca dan banyak di share pada media sosial yang ujung-ujungnya adalah keuntungan finansial bagi yang mempublikasikannya.

Coba saja anda iseng menulis tentang zodiak scorpio misalnya (23 Oktober – 21 November), disitu ditulis banyak sifat negatif atau kurang beruntung yang menaunginya, tentu orang yang lahir di zodiak scorpio akan malas membaca dan minimal harapan untuk share di facebook twitter atau dp Whatsapp.

Panjang Umur untuk manusia Terbaik

data emis pondok pesantren

Dalam salah satu situs islami menyebutkan tentang ketidaksukaan ulama jika didoakan panjang umur secara mutlak. Maksudnya bagaimana? Maksudnya hanya panjang umur saja.

Karena apa? Jika hanya panjang umur saja belum tentu dimasukkan dalam kategori manusia terbaik.

Ada 2 komponen manusia terbaik yaitu;

  1. Panjang umur; dan
  2. Baik amalnya.

Sebagaimana saat ditanya tentang siapakah manusia terbaik yang kemudian dijawab dalam hadits nabi yang diriwayatkan dalam HR. Ahmad no. 17698, 17680 dan Tirmidzi no. 2251, hadits shahih yang matannya berbunyi;

مَنْ طَالَ عُمُرُهُ، وَحَسُنَ عَمَلُهُ

Tulisan arab teks latin man thaala umuruhu wa hasuna amaluhu
Artinya “Siapa saja yang berumur panjang dan baik amalnya.”

Dari sinilah akhirnya tidak saja cukup mendoakan sekedar panjang umur, dan seharusnya dengan diikuti doa kebaikan dalam amal.
Untuk itulah;

teruntuk Wakhidatu Rokhimatun Solikah, SHI., M.Pd.I, selamat ulang tahun, semoga panjang umur dan baik amalnya.

gak usah melakukan Tebak tebakan siapa yang berpuisi

Bisa dipastikan saya bukan seorang yang ahli untuk membuat puisi, apalagi menyusun rangkaian kata indah menarik dan bernilai karya sastra yang tinggi, akan tetapi kalau hanya sekedar menyadur menuliskan sebuah puisi yang didengar dari rekaman ke blog merupakan hal yang tidak sulit bagi saya.

Ya setidaknya buat jaga – jaga kalau nanti hape error atau rusak, masih tersisa suatu tulisan untuk dapat dinikmati.

DoaQyu

Puisiku sudah tenggelam bersama tenggelamnya sang senja
Yang ada, hanya sebuah doa untuk seseorang yang saaangat aku kasihi
Betapa berartinya hidupku,
ada seseorang yang menyayangiku, menjagaku, melindungiku
memberiku rasa nyaman dan lain sebagainya.

Yang sangat aku hargai dan sangat aku nikmati
Terima kasih atas segalanya
Ya Allah, aku mohon, aku mohon kepada-Mu,
Berikanlah kami kebahagiaan, kedamaian, dan semuanya.

Langgengkanlah hubungan kami, berkatilah kami
Ya Allah, terima kasih dan puji syukur padamu
Telah memberiku seseorang yang saangat berarti
Membuat hidup ini terasa bermakna,

Aku mohon kepadamu sayang,
Jangan berhenti untuk mencintai aku,
Tolong jagalah aku selamanya
Aku butuh Kasih sayangmu.

Nah itulah salah satu puisi yang dapat pula menjadi doa serta harapan dan semoga dikabulkan bagi siapapun yang mengungkapkannya baik dalam puisi maupun direkam sebagai kenangan dan doa.

No Body Perfect

wakhidatu rokhimatun Solikah, SHI S.Pd.I

Dalam apapun itu baik relasi kawan teman ataupun hablum minan nas bertetangga berkeluarga ada salah maupun khilaf,

Dalam pepatah arab disebutkan bahwa siapapun yang mencari teman tanpa adanya aib cacat kesalahan maka dia selamanya tidak akan memiliki teman.

Mahfudat tersebut berbunyi” man thalaba aikhon bilaa aibin baqiya bilaa akhin.
Barang siapa yang mencari teman tanpa aib maka akan selamanya tidak memiliki kawan.

Tulisan arabnya begini;

مَنْ طَلَبَ أَخًا بِلَا عَيْبٍ بَقِيَ بِلَا أَخٍ

Begitulah teman, tentu tidak ada yang sempurna, setidaknya teman baik adalah siapa yang membawa aura positif dan memberikan situasi aman terkendali terhadap kawannya.

And the last. Happy birthday dan semakin solikah selalu. Sopo reti iso mampir Mardisari Kertosari.

Nasehat Gus Khoyin: Sampean Ngrasani, Wonge Bakal Krungu

Ungkapan ini tidak disampaikan saat sedang ceramah atau pengajian di masjid atau pondok pesantren tempat beliau termasuk jajaran yang mengelola yaitu PPTI Al Falah Salatiga.

Bermula dari obrolan ngalor ngidul berkait dengan mengurus administrasi di pesantren kemudian ada dua hal yang saya ingat dan saya usahakan untuk menjaga kedua hal ini

Lha judulnya koq cuma satu saja nasehatnya? Kalau keduanya ditulis nanti judul postingan ini jadi kedawan alias kepanjangan.

Yang pertama ya sebagaimana dalam judul yaitu jika anda membicarakan kejelekan seseorang, suatu saat entah kapan orang yang anda omongkan kejelekannya akan mendengar ucapan anda melalui orang lain.

Diluar fakta dan data (yuh gayane) bahwa banyak hadits maupun dalam ayat alquran yang berkaitan membicarakan kejelekan saudaranya (berupa larangan), disini akan dilihat dari sudut hubungan baik dengan sesama dan resiko ucapan buruk terhadap orang lain.

Gus Khoyin mengungkapkan hal ini sepertinya merupakan hasil investigasi serta pengamatan (atau bahkan pengalaman pribadi?) kenapa bisa terjadi sampai berita rasan rasan yang terlontar di telinga yang dirasani.

Namanya kalau kita ngobrol berujung bicara hal jelek orang lain tentu ada orang kedua yang diajak bicara. Tentunya rekan ngobrol tau bahwa yang dibicarakan merupakan hal rahasia jangan sampai yang dirasani krungu.

Akan tetapi namanya juga manusia dan ngrasani merupakan hal yang asyik dan menyenangkan. Mengorek kejelkan orang lain. Apalagi mbak mbak ibu ibu (maaf bukan rasis, hanya fakta).

Sampai sampai teman saya bikin status di facebook yang menunjukkan betapa menyenangkan kegiatan ngrasani di kalangan wanita. Begini kira kira statusnya,” Nyenengin wanita itu gampang, diajak ghibah aja happy, apalagi yang lain :D.”

Dengan begitu, saat kita bicara ghibah hanya kepada satu atau dua orang, suatu masa orang tersebut akan kewetu bicara jelek manungsa yang kita rasani saat menyangkut ybs atau perkara yang sama atau mirip.

Dari hobi manusia yang unik ini lama lama dari satu orang yang tau bertambah jadi 2 jadi 4 dan kelipatannya, apalagi kalau ngobrolnya berkumpul. Semakin banuak kelipatan orang yang tau dan ujungnya sampai ke telinga yang dirasani.

Efek Buruk Konangan Ngrasani

ghibah merusak persahabatan
Bekerja

Yang namanya dibicarakan keburukannya tentu bukan hal yang menyenangkan bagi objek penderita dighibah.

Akan ada perubahan sikap dengan konangannya omongan jelek yang sampai di telinga.

Perubahan sikap yang awalnya akrab menjadi lumayan jaga jarak, jadi tidak los kalau ngobrol dan yang parah adalah taraf melabrak memusuhi secara terang terangan.

Yang lebih horror lagi nampaknya baik tapi sebenarnya memusuhi diam diam dan melakukan aksi merugikan dan menjatuhkan saat mendapat kesempatan melakukan pembalasan.

Walaupun ada juga yang menjadi sarana muhasabah diri bagi orang yang sadar akan tetapi tetap ada perasaan sakit hati kenapa kejelekannya tidak disampaikan langsjng malah diumbar ke khalayak umum (walau awalnya hanya di kalangan terbatas).

Obrolan yang kedua mengenai dunia kerja, yaitu fokus pekerjaan dan siap dimana saja.

Bagi pegawai utamanya yang tidak punya bolo pejabat di tempat bekerja, tentunya akan banyak berada dalam posisi yang tidak mengenakkan. Salah sedkit kena damprat, di bruk i gawean sak bajek dan tempat yang kering.

Untuk kondisi seperti ini guna kelonggaran hati dan dijauhkan dari perasaan yang berat dalam bekerja yaitu melalui cara menikmati dan fokus dngan tugas yang dibebankan.

Juga kesiapan hati saat di pindah tempat tugas tanpa perlu memikirkan hal lain. Harap mafhum kalau ketiadaan bolo maka harapan mendapatkan posisi dan tempat strategis untuk dihilangkan dalam kamus ini.

Tips dan Kiat Menghindari Ghibah dan Taktik Memberitahu Hal Jelek Orang Lain

bahaya ghibah
Halo…..

Ada kiat praktis dalam menghindari ghibah. Sudah banyak diulas oleh berbagai tulisan. Intine yo ngerem diri sendiri membicarakan kejelekan orang lain seraya mengingat nanti yang dirasani akan mendengar dan utamanya adalah unsur memakan daging saudaranya (duso bro).

Yang lain tentunya membatasi obrolan dengan para biang gosip guna mitigasi bocornya obrolan rahasia yang nanti berdampak buruk terhadap kita sendiri.

Dalam mengatasi keburukan atau hal tidak baik orang lain bisa dengan mendiamkannya seraya berdoa supaya tidak seperti itu.

Atau dengan memberitahukan secara langsung yang bersangkutan dengan kata kata yang lembut dan baik secara privat tidak ada orang lain yang mendengar.

Alkisah dimana presensi pegawai yang telat saat melakukan absen finger maupun scan mata, dikumpulkan semua pegawai yang pernah telat walaupuj satu menit saja.

Kemudian dalam ruangan ini dikumpulkan para terdakwa telat maupun tidak absen dan di umumkan di tanya didepan umum berapa kali telat dan alasannya kenapa.

Hasilnya setelah bertahun tahun berlalu masih ada pegawai yang sakit hati diperlakukan seperti itu padahal hanya telat 1 kali dan terlambat 1 menit.

Padahal dia terlambat juga sekali saja dalm sebulan dan cuma semenit akan tetapi di woro woro sedemikian luas. Juga masih menambahkan, secara administrasi juga sudah dipotong uang tunjangannya.

Nah pejabat yang mengumumkan aib ini sudah pindah, tapi perasaan jengkel dan sakit hati senantiasa mengikutinya disaat pegawai ngobrol jumlah potongan karena terlambat absen.

Tips Sandiaga Uno Jadi Pengusaha Sukses yang Bisa dipakai Blogger, Jangan Suka Mager

pontren.com – Saat sedang baca baca sembarang berita dan artikel yang ada di internet, saya menemukan berita yang dimuat oleh situs berita tentang ekonomi.

Dalam situs berita detikfinace ini berjudul “Beberkan Tips Jadi Pengusaha Sukses, Sandiaga: Jangan Mager!”.

Dari penjelasan singkat Sandiaga Uno kiat dalam meraih mimpi menjadi usahawan atau pengusaha sukses ini adalah jangan suka mager.

Pengen Jadi Blogger Sukses ya Jangan suka Mager Melulu

Apa sih mager itu?

Seperti yang kita semua tau mager merupakan singkatan dari males gerak.

Jadi kalau punya keinginan untuk menjadi blogger yang sukses maka seorang blogger tidak boleh menyukai mager alias tenggelam dalam malas bergerak.

Apa itu tidak suka mager?

Lawan kata mager menurut Sandiaga Uno adalah Pro Aktif.

Pro aktif dalam dunia blogger maksudnya adalah adanya gerakan yang muaranya kepada penerbitan artikel atau postingan.

Apalah gunanya memandangi statistik blog saban hari tanpa adanya tambahan posting yang bermutu dan dicari banyak orang?

Sedangkan pemilik blog berharap naik traffic dari pengunjung secara signifikan.

Sukur sukur bagi yang memonetize blognya bisa PO setiap bulan secara rutin.

Boro boro mau dapat uang dari internet secara rutin, buat artikel saja jarang alias malas gerak. Kalau cuma mantengin statistik pengunjung malah adanya ngenes karena visitor tergerus artikel rival yang update.

Inovasi itu adalah doing things cheaperbetter, faster

Setelah menginformasikan menjauh dari mager dan bersikap proaktif, tips atau kiat selanjutnya adalah membuat inovasi.

Sandiaga mengatakan bahwa yang dimaksud dengan inovasi adalah;

Melakukan sesuatu dengan;

  • Lebih murah;
  • Lebih bagus; dan
  • Lebih cepat

Dari sini jika blogger menginginkan sukses sebagai publisher atau penulis di internet maka harusnya melakukan inovasi.

Apa saja berinovasi di blog?

Merujuk ketiga hal dimaksud maka yang perlu dipertimbangkan dalam membuat postingan adalah;

Lebih Murah

Saat ini urusan murah dalam membaca blog bisa dikatakan sudah maksimal alias tidak ada kendala dalam hal ini.

Maksudnya apa yang ditulis para blogger bisa dibaca gratis oleh para peminat peminatnya.

Lebih Bagus

Banyaknya hal yang telah di tulis pada blog di internet membuat blogger kadang bingung menulis apa.

Bisa jadi menulis ulang sesuatu hal yang telah ada.

Untuk memenangkan hati pembaca dan google perlu usaha supaya konten yang dibuat lebih bagus alias better and better.

Jangan sampai masuk dalam pusaran yang dicibir oleh blogger kondang Sugeng. Ada 2 ciri contoh blogger yang kurang serius dalam menulis.

Ciri dari tulisannya ada 2 yaitu kalau tidak kopas ya asal nulis.

Yang namanya kopas dan asal tulis tentunya bukan sesuatu yang better atau lebih baik. Jadi balik ke standar nulis di blog. Jamgan kopas dan jangan asal nulis.

Lebih Cepat

Dalam hal kecepatan ini untuk blogger bisa berarti 2 macam yaitu;

  1. Kecepatan loading situs; dan
  2. Kecepatan penyajian informasi.

Perlu belajar yang rajin bagi blogger otodidak untuk membuat situs webnya memiliki kecepatan yang mumpuni, karena menurut penelitian banyak pengunjung akan meninggalkan web yang lola alias loadingnya lama.

Yang kedua yaitu kecepatan penyajian informasi. Ini berkaitan dengan loyalitas dan nama baik blog sebagai rujukan dalam mendapatkan informasi.

Utamanya blog dengan model berita atau info terkini tentu kecepatan update sangat mempengaruhi popularitas dan pengunjung pada situs yang dikelolanya.

Berani risk taking alias berani ambil resiko

Yang terakhir disampaikan Sandiaga bahwa untuk menjadi pengusaha harus berani mengambil resiko.

Dia mencontohkan dirinya sendiri yang berani mengambil resiko dan ternyata gagal. Dicontohkan gagal total di bulan april (pemilu?) Dia bertanya,”apakah saya malu? apakah kemudian saya terpuruk?”

Dari sini seorang blogger juga perlu berani mengambil resiko mencoba memposting apa yang mungkin menurut dia ada yang baca atau tidak, atau mencoba menulis dengan gaya dia.

Jangan takut untuk posting apa yang anda tuliskan di laptop atau hape selama tidak melanggar undang undang.

Sebelum kita posting tulisan kita, siapa yang tau artikel ini laku atau tidak di kalangan pembaca?

Setelah berulang kali buat postingan tentu akan terbiasa dan menjadi kebiasaan menulis secara rutin yang lama kelamaan akan mendatangkan pengunjung dan jam terbang dalam menulis.

Tambahan pengalaman ini tentu meningkatkan intuisi artikel mana yang bisa mendatangkan pengunjung dan membuat feel menulis lebih enak dibaca.

Itulah kiat kiat pengusaha muda yang sangat sukses secara materi bila diukur jumlah kekayaannya yang memberikan tips dan kiat yang sebenarnya relatif standa saja.

Akan tetapi walau standar ternyata banyak orang yang kurang semangat atau tidak mampu mengejawantahkan dalam bidang uang digelutinya.

Sugeng dalu, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Sumber : https://m.detik.com/finance/berita-ekonomi-bisnis/d-4892130/beberkan-tips-jadi-pengusaha-sukses-sandiaga-jangan-mager?_ga=2.33872743.737584310.1581200745-1636653875.1580958837

Chairul Tanjung dalam buku si Anak Singkong sebuah resensi

Review pribadi atau resensi terhadap sebuah buku yang menceritakan kehidupan chairul tanjung dari awal sekolah dan keadaan keluarga serta perkembangan bisnis dan sedikit kehidupan keluarga.

Sebenarnya saya tidak paham apa itu seharusnya seperti apa resensi, karena biasanya review buku disebut resensi ya saya kasih judul saja resensi.

pontren.com – assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh – seperti kebanyakan buku biografi atau yang menceritakan perjalanan hidup seseorang, umumnya menyoroti kisah sukses dalam kehidupan entah dalam hal penemuan, materi, heroik dan hal lainnya.

Faktor utama tertulisnya buku chairul tanjung si anak singkong ini (menurut saya) karena kesuksesan sang tokoh utama dalam hal kepemilikan asset, kekayaan materi keuangan.

Sedangkan hal lain semisal kedermawanan maupun etos kerja merupakan faktor pendukung sebagai penyajian informasi.

Kenapa saya berkesimpulan begitu? Karena jika si anak singkong ini hanya seorang pekerja keras dan sangat dermawan tapi tidak mempunyai asset yang luar biasa dan kekayaan ekonomi yang melimpah saya meragukan akan terbit buku 50 th Chairul Tanjung.

Buku ini disusun oleh Tjahja Gunawan Diredja, seorang wartawan kompas yang ditunjuk oleh CT (Chairul Tanjung) untuk mewujudkan keberadaan buku biografinya.

Analisa Tentang Chairul Tanjung

Dari membaca buku setebal 384 halaman dengan kertas buram dan sampul agak tebal ini, saya menangkap Chairul Tanjung memiliki kelengkapan kemampuan diri yang banyak dan sarana pendukung yang baik menjadikan orang sukses secara perekonomian dan manajemen.

Termasuk mentalitas tidak meninggalkan pemikiran sosial dan eksekusi dari retorika dalam berbagi seiring sejalan dengan kehidupan berbisnis yang orientasi profit. Maksudnya ditengah orientasi keuntungan, tidak menafikan sisi berbagi dan nasionalisme sebagai orang Indonesia.

Setidaknya faktor pendukung internal pada dirinya sebagai senjata kesuksesan (menurut saya) adalah;

  • IQ yang tinggi (sekolah selalu ditempat favorit dan terkenal tempat orang pintar mencari ilmu bidang pendidikan)
  • EQ yang hebat (dengan kemampuan komunikasi, menjalin pertemanan dan koneksi yang hebat dari berbagai kalangan mulai bawah pejabat sampai presiden) keuletan berusaha, kegigihan, dan pantang menyerah.
  • SQ mantab (kesadaran berbagi dimana bisnis yang berjalan diimbangi dengan keberadaan yayasan dan program berbagi.

Yang jika disingkat maka menurut saya CT memiliki kecerdasan yang tinggi, pribadi supel mudah bergaul, koncoisme positif, daya juang tinggi, serta terdapat jiwa keberagamaan yang baik dalam dirinya.

Kemudian dari faktor orang lain yang membentuk kepribadian dan semangat yaitu berasal dari keluarga, pemilihan teman.

Dari keluarga, CT mendapat pendidikan karakter yang kuat dari ibu dan bapak dimana kedisiplinan dan perjuangan mewujudkan hal yang diraih dengan cara cara spartan yang ekstrim (misalnya kondisi keuangan seadanya tetap disekolahkan pada pendidikan kualitas terbaik).

Juga penjualan kain sang ibu sebagai awal biaya kuliah dimana merupakan inspirasi CT yang tidak dapat dikembalikan secara materi meskipun dengan beratus lipat kali uang untuk mengganti uang yang dikeluarkan dari penjualan kain ibunya.

Kemudian dalam pemilihan teman atau dapat pula pertemuan dengan beberapa kawan membuat bergaul dengan kalangan atas berduit yang memberikan inspirasi untuk hidup makmur, serta memiliki koneksi yang baik.

Pasangan hidup yang klop, yaitu mendapatkan pasangan yang secara global bisa menjadi supporter dan seiring sejalan dengan model gaya hidup CT sehingga semakin membuat usaha bisnisnya menggurita.

Kenapa urutannya keluarga, teman, istri? Bukan keluarga, istri, teman? Saya hanya mengurutkan secara historis karena menurut saya pengaruh kepribadian dia dalam berbisnis jika diurutkan secara masa maka istri berada diurutan ketiga, jika diurutkan secara besar pengaruh maka saya akan sangat kesulitan.

Dan yang terakhir menurut CT apapun itu semuanya juga tergantung yang diatas. Agak naif tapi menang begitulah kenyataannya. Habis deh tulisan kalau sudah diakhiri dengan tergantung yang diatas (Allah SWT).

Beberapa prinsip dan kutipan menarik dari Chairul Tanjung

pembatas-buku-chairul-tanjung-si-anak-singkong
pembatas buku

Dari buku ini akan didapati beberapa kutipan maupun prinsip hidup sebagai landasan dalam bergerak maupun memutuskan suatu hal.

Kalau mau menuliskannya sih sangat banyak juga, tapi saya tulis saja yang teringat dalam memori ini.

Menjadi nomor satu, kalau tidak bisa ya tinggalkan, itu salah satunya, utamanya terjun dalam menekuni suatu bidang bisnis, bisa dikatakan bahwa kalau menjadi nomor 2 maka dianggap gagal, dicontohkan jika ada gigi yang rusak maka dicabut saja dan meninggalkan kondisi gigi yang prima (dia juga seorang dokter yang masih legal untuk menuliskan resep).

Kesempatan bukan hanya diambil, tapi juga diciptakan. Ini termasuk naluri entrepreneur dimana dia bukan hanya dapat menangkap datangnya suatu kesempatan, tapi lebih dari itu yaitu mampu menciptakan adanya kesempatan.

Sering menemui perihnya kehidupan sehingga serius memandang segala sesuatu dan lebih peka daripada teman yang lain.

Pada tulisan buku pahit getir kehidupan keluarganya utamanya saat sekolah, misalnya hampir saja tidak bisa bayar zakat karena ketiadaan ekonomi menjadikan feeling lebih peka dan melihat segala sesuatu secara serius (tentunya baik untuk manager yang cek detail suatu perusahaan).

Kebiasaan kerja keras dan kehidupan dibawah tekanan merupakan hal biasa, rasa galau dan stress menjadi teman kehidupan keseharian, dijalani dengan tenang dan ringan. Point nya yaitu ulet bekerja, mentalitas tetap berkarya dibawah tekanan tetap berjalan dan dilaksanakan secara tenang. (kalau kita stress ngapain? Makan, lari, bengong, piknik?

Itu saja sebagian kutipan dari CT yang mampir di ingatan saya, mana yang lebih penting dan mana yang lebih dominan itu tidak penting, yang paling penting bagaimana kita dapat mengikuti etos kerjanya secara kongkrit.

Kebiasaan buku yang menuliskan kisah hidup seseorang

Kalau anda memperhatikan biografi yang ditulis kebanyakan akan mengulas masa kecil sampai terakhir yang bisa di deteksi, dimana faktor susah dan kesulitan hidup sebagai pijakan landasan untuk menjadi pribadi yang ulet kuat dan hebat berujung pada kesuksesan.

Kecenderungan memaparkan proses dan momen momen epic sang tokoh dalam melewati kesulitan hidup atau kejadian inspiratif yang menjadi bagian kehidupan tak terlupakan oleh sang tokoh.

Kejadian kejadian besar negatif yang dapat mencoreng sang tokoh tentunya tidak akan ditampilkan dibuku pengecualian tindakan umum yang dimaklumi dan dimaafkan, misalnya pada kasus CT yaitu semasa SMA Boedoet, tawuran, numpang Bus, nitip paraf absen.

Dan menjadi buku bacaan yang menyenangkan bagi para pemburu kisah inspiratif kesuksesan seseorang dengan kisah berliku dari awal. Istilahnya kaya berkat usaha diri sendiri bukan karena warisan.

Hal negatif dari buku kisah inspiratif

Lho memangnya ada hal yang negatif dari membaca buku inspiratif? Menurut saya ada, bukan karena membacanya sih, tapi ….. silakan disimak.

Ada banyak orang yang berkutat (termasuk saya) dengan mencari cari dan membaca berbagai buku tentang kesuksesan seseorang dimulai dari nol.

Banyak kejadian dan semangat yang membuat angkat topi bilang wow dari alam pikiran pembaca, tapii.. ada tapinya.

Sayangnya ada sebagian pembaca itu yang hanya berhenti pada taraf penikmat kisah sukses, tidak beranjak untuk segera beraksi bergerak mencontoh mentalitas dari tokoh buku yang ditulis dan dibacanya.

Sayang khan kalau hanya pada taraf pembaca, bukan taraf peniru yang baik? Jika kita meniru cara cara spartan dan semangat CT saya pribadi tidak mengatakan akan sesukses Chairul tanjung, tapi setidaknya tidak akan miskin, ya relatif makmurlah.

Ini seperti apa yang dikatakan oleh pemilik alibaba mengomentari semangat, dia tidak menjamin menjadi orang yang semangat pada batas tertentu akan menjadi orang paling kaya di negaranya, tapi minimal dia akan menjadi orang yang sukses.

Kalau hanya berhenti pada membaca buku orang orang sukses saja, maka ……..

Ah sudahlah, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Kyai Mojo

Kyai Mojo
Kyai Mojo (c) Wikipedia

pontren.com – Sejarah tentang Kyai Mojo atau bisa di tulis dengan Kyai Modjo atau Kyai Madja.
Nama Aslinya adalah Muslim Muhammad Halifah (sebagaimana tertera dalam makam), sedangkan menurut versi dari website resmi NU, beliau lahir dengan nama Bagus Khalifah. Beliau dilahirkan pada tahun 1792 masehi tanpa diketahui tanggal dan bulan.

Ayahnya bernama Iman Abdul Ngarip dan Ibu Raden Ajeng Mursilah. Iman Abdul Ngarip atau bapak dari Kyai Mojo merupakan ahli pandai agama pada daerah Baderan serta Mojo di Pajang (suatu Daerah yang dekat dengan wilayah Delanggu/sekarang di sebelah selatan Universitas Muhammadiyah Surakarta atau UMS). Menurut informasi dari wikipedia bahwasanya tanah wilayah tersebut merupakan pemberian dari raja Surakarta.

Baca;
Link1
Link2
Link3

Sedangkan Ibunya masih memiliki darah biru yang sangat kental, beliau (R.A. Mursilah) adalah saudara dari Raja Yogyakarta yaitu Sri Sultan Hamengkubuwono ke-3. Selain saudara dari seorang raja, beliau juga merupakan sepupu dari pahlawan nasional dan tokoh yang terkenal di masa itu sampai sekarang yaitu Pangeran Diponegoro.

Meskipun memiliki ibunda seorang ningrat serta paman seorang raja di Jogja, Kyai Mojo tumbuh kembang di luar Istana Keraton Kerajaan Ngayogyokarto.

Beliau tumbuh dalam lingkungan pesantren dan komunitas islami atau santri yang mana sangat disegani oleh Kraton Yogya maupun Solo (Surakarta).

Kyai Mojo memiliki istri yang bernama Raden Ayu Mangkubumi, janda dari Pangeran Mangkubumi yaitu paman kerabat dari Pangeran Diponegoro.

Pada Tahun 1828 Kiai Mojo ditangkap dan di asingkan ke

Dalam sejarah tercatat bahwasanya tepat pada tanggal 17 di bulan November Tahun 1828 Masehi, penjajah Licik Belanda yang non muslim melakukan penangkapan di wilayah desa Kembang Arum daerah Yogyakarta.

Dalam penangkapan ini kiai Mojo selanjutnya ditangkap dibawa serta diasingkan ke Batavia (saat ini bernama Jakarta). Selanjutnya pada masa awal tahun 1330 diasingkan ke Wilayah Sulawesi Utara di Minahasa tepatnya daerah Tondano.

Dengan diasingkannya Kyai Madja/Kyai Mojo ke Tondano menjadikan sejarah awal mula masuk agama Islam di Minahasa. Disini awal mula didirikan kampung jawa Tondano di Minahasa yang masih bertahan hingga saat ini dalam tradisi ahlus Sunnah wal Jamaah.

Kyai Ahli Strategi Perang

Disitir dari situs NU bahwasanya pada waktu terjadi perang Jawa, Kyai Mojo mendukung dengan total yang didalamnya juga menggerakkan sanak saudara serta sebagian besar pengikut dari Pajang.

Pengaruh Kyai Mojo dalam peperangan termasuk siginifikan, mata mata dengan perawakan jawa khusus disusupkan oleh penjahat Keji Belanda yang non muslim untuk menguak rahasia kesuksesan dari pasukan Pangeran Diponegoro dalam pertempuran yang telah terjadi.

Dari sini diungkap oleh teliksandi penjajah belanda Non muslim ini bahwasanya rahasia kekuatan Pangeran Diponegoro ada di Kyai Mojo, dengan definisi atau penggambaran sebagai jenderal perang pangeran Diponegoro. Pada tulisan yang disitir menyamakan kemampuannya setingkat dengan Napoleon, Mao Tse Tung dan Che Guevara.

Tahun Meninggal Kyai Madja

makam kyai mojo
Makam Pahlawan Kyai Mojo (c) Wikipedia

Pada tanggal 20 Desember Tahun 1849 beliau wafat di usia 57 dan dimakamkan di Minahasa, pada tahun ini tokoh yang terkenal di masa itu adalah Sri Susuhunan Pakubuwana VI atau raden Mas Sapardan alias Bangun Topo yang meninggal di Wilayah Ambon di Usia 42 tahun.
Pakubuwana ke-6 Merupakan raja kelima Kerajaan Surakarta dan diangkat sebagai Pahlawan Nasional.

Sumber :
Wikipedia
Ahmad Baso Nu or id

Alumni Assalaam diangkat jadi Duta Besar Indonesia di Turki

Lalu-Muhammad-Iqbal
Lalu Muhammad Iqbal

pontren.com – Lalu Muhammad Iqbal merupakan seorang putera Lombok (Nusa Tenggara Barat) yang pada bulan Oktober 2018 ditetapkan sebagai duta besar Negara Republik Indonesia di Turki. Penetapannya bersama dengan 21 nama (22 orang termasuk beliau) di sejumlah negara sebagai Dubes.

Dilansir dari media suara NTB, jabatan sebelumnya yang di emban oleh Lalu Muhammad Iqbal adalah direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia – Bantuan Hukum Indonesia (PWNI-BHI) di Kementerian Luar Negeri (Kemlu RI). Bukan hanya berkutat pada bidang pendampingan Warga Negara Indonesia yang memiliki kasus atau masalah di Negara Luar, dia juga termasuk jubir Kemlu.

Baca :

Kasus yang pernah ditangani

Pengalaman kasus yang pernah ditangani Lalu M. Iqbal diantaranya adalah kasus hukuman mati 100 Warga Indonesia di Arab Saudi, keselamatan orang Indonesia di Turki, penyanderaaan di perbatasan antara Indonesia Filipina.

Disitir dari kisah rekan bahwasanya berita pengangkatan alumni pondok ini dibagikan (dishare) pada grup suatu pesantren. Ada salah satu santri alumni assalaam yang bertanya,” Kenapa nama orang lombok banyak Lalu ya? Apa maknanya?

Kemudian dijawablah oleh alumni yang lain yang berasal dari wilayah yang sama dengan Lalu Muhammad Iqbal (daerah Lombok NTB) ,”Itu semacam gelar bagi turunan bangsawan di suku Sasak. Sama seperti raden kalau di Jawa.”

Pesantren Assalaam

pengurus OP3MIA PPMI Assalaam
pengurus OP3MIA PPMI Assalaam

Assalaam adalah salah satu pondok pesantren di Indonesia yang memiliki nama resmi Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam, atau biasa disingkat dengan PPMI Assalaam. Memiliki santri kisaran 2.000 anak didik.

Terletak di Kartasura Kabupaten Sukoharjo. Memiliki layanan pendidikan setingkat SLTP dalam bentuk Madrasah Tsanawiyah (MTs), kelas Persiapan (takhashush) dan pendidikan setingkat SLTA (SMU, Madrasah Aliyah dan SMK IT).

Selain layanan pendidikan, pesantren ini juga memiliki fasilitas kelengkapan lain mulai dari gedung olahraga, laboratorium Bahasa, IPA (Fisika, Biologi, Kimia) Observatorium Astronomi (teropong bintang) yang canggih semisal Bosscha Bandung.

alumni pondok pesantren modern islam assalaam angkatan 1999
alumni pondok pesantren modern islam assalaam angkatan 1999

Biaya Pendidikan pada SMAIT Ibnu Abbas Klaten

Biaya Uang masuk, daftar ulang SMA islam terpadu Ibnu Abbas Klaten. Uang syahriah atau SPP dan fasilitas yang di dapat bagi santri baru pondok pesantren Ibas. Serta beberapa informasi berkaitan dengan uang dan pembiayaan bagi siswa tahun 2018

Baca :

Pondok pesantren Tahfidzul Quran Ibnu Abbas merupakan salah satu pondok pesantren yang lumayan di perhitungkan di daerah solo raya atau eks karesidenan surakarta. Pondok pesantren ini memiliki program unggulan berupa kegiatan hafalan alquran yang terstruktur dan pola pembelajaran yang sistematis.biaya masuk SMAIT Ibnu Abbas Klaten
Karena jumlah pendaftar lebih banyak di bandingkan dengan kursi yang tersedia maka diadakan seleksi ujian masuk bagi para santri yang berminat melanjutkan pendidikan setingkat SLTA pada pondok pesantren ini atau biasa disebut dengan SMAIT Ibnu Abbas.

PPTQ Ibnu Abbas Menerima siswa putra dan putri

Pondok Pesantren Ibnu Abbas menerima pendaftaran bagi santri putra maupun putri. Walaupun menerima putera dan puteri akan tetapi secara pendidikan dan lokasi sekolah berada di tempat terpisah. Untuk kompleks anak putri berada di Klaten Utara dan santri putra berada di daerah Karanganom. Kedua lokasi ini terletak di Kabupaten Klaten.

Biaya Pendidikan SMAIT Ibnu Abbas Klaten

Berikut uang yang perlu dipersiapkan bagi wali murid pada pondok pesantren Ibnu Abbas tingkat SMA yang mana perincian dana adalah sebagai berikut :

Dana Penunjang Pendidikan Rp. 9.500.000,-
Dana Wakaf Tanah Rp. 7.000.000,-
Dana Rutin Bulanan (syahriah) Rp. 1.250.000,-
Jumlah Rp. 17.750.000,-

Adapun keterangan terkait uang dana penunjang dipergunakan sebagai :

  • Pembelian seragam
  • Perlengkapan/sarana prasarana asrama
  • Kasur, bantal, sprei
  • Alat makan
  • Biaya awal kegiatan pembelajaran (ta’aruf, MOS dll)
  • Biaya Laboratorium
  • Biaya Ekstrakurikuler
  • Biaya Kesantrian
  • Dllujian masuk SMAIT Ibnu Abbas Klaten (ilustrasi peserta)

Biaya Syahriah Bulanan SMAIT Ibnu Abbas Klaten

Setelah pembayaran uang masuk. Pengeluaran rutin yang diperlukan adalah uang bulanan atau biasa disebut dengan uang SPP/ uang syahriah bulanan. Seperti disampaikan diatas bahwa biaya bulanan pada SMIT Ibnu Abbas adalah sebesar
RP. 1.250.000,- (satu juta dua ratus lima puluh ribu rupiah)
Yang pada spp bulan juli telah dimasukkan dalam biaya daftar ulang bagi santri.
Uang SPP sebesar Rp. 1.250.000,- ini meliputi biaya pendidikan sekolah, makan 3 kali, fasilitas lab, asrama, biaya kesantrian, listrik, air dan yang lain.

Materi Ujian Masuk SMAIT Ibnu Abbas

Dari tahun ketahun ujian masuk pondok pesantren Ibnu Abbas memiliki pola yang sama yaitu dengan model tes tertulis dan tes wawancara. Adapun secara terperinci terkait tes ujian masuk SMAIT Ibnu Abbas Klaten adalah seperti dibawah ini :

Tes Lisan –   Tahsin

–   Tahfdz al Quran

Tes Tertulis –   Matematika

–   IPA

–   Bahasa Inggris

–   Bahasa Arab

Catatan Ujian : peralatan yang dipakai menulis adalah bollpoint atau pena, alias bukan pensil. Karena tidak menjawab pada kertas ujian LJK seperti pada saat Ujian Nasional.

Alamat dan Lokasi SMAIT Ibnu Abbas Klaten

Pondok pesantren ini memiliki dua lokasi bagi santri. Adapun kompleks Pondok Pesantren Tahfidzul Quran Ibnu Abbas Klaten adalah :

  1. Alamat Kampus Putra : PPTQ Ibnu Abbas 2, Troso, Karanganom, Kabupaten Klaten Jawa Tengah. Kodepos 57475
  2. Alamat Kampus Putri : Jalan Klaten – Solo Kilometer 04 Belangwetan Klaten Utara Kabupaten Klaten Provinsi Jawa Tengah. Kodepos 57438

Kontak informasi SMAIT Ibnu Abbas

Untuk mendapatkan informasi yang lebih terperinci dan detil langsung dari pondok pesantren ibnu abbas, bisa menghubungi nomor telfon dibawah ini :
Sekretariat PPTQ Ibnu Abbas 081231522225
Email ibnuabbasklaten@yahoo.com

Begitulah informasi singkat pondok pesantren ibnu abbas klaten khususnya biaya pendidikan pada SMAIT IBAS Klaten tahun ajaran 2018/2019.

sumber : ibnu-abbas.com