Keberhasilan Blog ditentukan Keseriusan Pengelolanya

rencana pembelajaran masa darurat

Kata kata inspiratif dari status facebook paman yang aslinya dalam unggahan fb berbunyi “Sebuah ungkapan Keberhasilan kita ditentukan oleh keseriusan kita”.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh. Wilujeng sonten pakde bude, bagaimana kabarnya? Semoga sehat selalu.

Setuju dengan ungkapan diatas bahwa kesuksesan kita berkaitan sangat erat atau bahkan ditentukan dengan keseriusan dalam melakukannya?

Saya pribadi sangat setuju dengan ungkapan diatas secara umum alias garis besarnya. Karena memang ada kasuistik ada yang coba coba tidak serius tapi sukses, harap dicatat… Cuma berapa persen yang seperti itu?

Blogger dan Keseriusan dalam Ngeblog

Sama halnya dengan kita ngeblog, ukuran sukses tentu macam macam ukurannya, ada yang menargetkan sebagai refreshing, maka dia disebut sukses jika blognya bisa benar benar menjadi sarana bersantai.

Adapula yang sersan, alias serius tapi santai, dengan menargetkan atau memiliki mimpi kedepan seperti apa blognya sukur sukur ada target rasional yang sekiranya tercapai.

Banyak juga blogger serius mengejar income dari website meskipun hanya sebagai pekerjaan paruh waktu atau sambilan saja.

Pada tingkatan S3 atau doktor professor untuk para blogger profesional yaitu mereka yang full time blogger atau pengelola blog maupun website purna waktu, alias fokus menghasilkan uang melalui ngeblog.

Setidaknya untuk yang para profesor alias S3 blogger ini tidak perlu di komentari mengenai keseriusan dalam ngeblog. Jika tidak serius, you’re done. Anda tamat dalam blog ini, bahkan dalam bisnis apapun.

Jika kategori pertama, ngeblog untuk refreshing, agak sulit untuk serius, namanya saja ajang refreshing, mengendorkan syaraf pikiran sebagai hiburan.

Kalau disuruh serius malah isoh pedhot syarafe heheee….

Jadi menurut saya, kalangan kedua dan ketiga lah yang cocok untuk mengukir kata keseriusan mengelola blog adalah kata kunci untuk keberhasilan website dalam bersaing di dunia maya.

Tindakan kongkrit Serius Ngeblog versi saya

Setelah saya merenung sejenak, ujung ujungnya dalam serius mengelola blog bisa dibagi menjadi 2.

Yang pertama adalah belajar ilmu SEO dan riset keyword.

Yang kedua yaitu balik lagi ke content is the king. Bolak balik sama juga khan akhirnya, bagaimana isi tulisan yang berkualitas adalah kata kunci.

Sekarang mari kita ulas satu persatu, diawali riset keyword dan ilmu SEO.

Dalam ilmu seo ini setidaknya seorang blogger harus (seharusnya) mengenal hal yang dasar, dan itupun cukup memadai jika anda mampu menulis secara konsisten.

Saya pribadi dalam ilmu SEO bisa dikatakan sangat dasar alias tipis tipis saja yang (saya kira) saya sedikit tahu.

Yang pertama adalah mencoba membuat gambar yang ringan dengan edit pada photoshop, tentunya anda fapat menggunakan aplikasi lain untuk kompres ukuran file.

Yang kedua yaitu fokus menguatkan satu tema yang diposting, misalnya arti kata buah buahan dalam bahasa arab, maka fokus pokoknya kesitu, artikel dibuat sebagai pelengkap ekosistem postingan.

Yang ketiga, bagaimana memposisikan atau menaruh berbagai macam sub pencarian baik di google maupun keyword reseach sebagai penambah kekayaan informasi atau konten yang dimuat.

Dalam seo sepertinya hanya itu saja yang saya pakai selama ini, urusan off page on page saya kurang paham. Prinsipnya yang penting bikin postingan.

Selanjutnya adalah perihal riset kata kunci alias keyword reseach.

Beberapa kali saat saya memiliki ide tulisan, ada 2 hal yang biasa saya lakukan. Pertama mengetikkannya pada mesin google, yang kedua membuka neilpatel untuk saran tema yang akan ditulis serta apa saja yang dapat dijadikan informasi tulisan pendukung kelengkapan konten.

Yang saya lakukan misalnya hendak menulis tentang assalaamu’alaikum.. Misalnya, saya ketikkan di kolom google, disitu akan muncul berbagai situs yang mengulasnya.

Kemudian menganalisa saran kata pencarian yang terletak kadang ditengah atau pada bagian bawah mesin google.

Dari situ kemudian saya merumuskan gambaran kasar bagaimana kira kira nanti urutan tulisan akan dibuat serta pemilihan judul yang dipergunakan.

Akan tetapi, bagi saya kombinasi riset dengan menggunakan neilpatel dan didukung saran pencarian dari google merupakan cara praktis bagi blogger yang masih sederhana dalam pengetahuan seo atau malas mikir seo dalam dalam.

Selanjutnya adalah content is the king atau kualitas postingan, menurut saya terbagi menjadi 2 model.

Yang pertama kualitas kecepatan informasi alias update info, yang kedua yaitu kualitas isi tulisan yang bermanfaat.

Apapun pilihan ngeblog entah update informasi terbaru atau konten yang bermanfaat, keduanya mensyaratkan keakuratan informasi dan data yang disajikan.

Apabila sering memberikan info yang meleset otomatis orang akan mengingat blog kita sering memberikan data yang menyesatkan.

Tapi jika sebaliknya, informasi dan data yang disajikan valid akan menjadi promo gratis di share dan diingat sebagai blog yang berkompeten.

Contoh blogger yang hebat dalam update milik iwan banaran, bisa dikatakan sebagai blogger terdepan dalam informasi kendaraan sepeda motor.

Untuk model blog kualitas konten, misalnya panduanIM yang fokus konten, meskipun hanya sesekali dalam sebulan posting, pengunjungnya tetap bejibun.

Jadi kesimpulan saya pribadi, bagi yang hendak memiliki blog yang sukses tergantung pada seberapa serius anda mengelolanya.

Bagi saya, sikap serius ngeblog itu terbukti dengan tindakan kongkrit berupa belajar SEO, mau bercapek ribet ria riset keyword dan menjaga kualiyas kontent yang dibuat. Bgtulah opini saya. Wilujeng dalu. Wassalaamu’

loading...

Silakan berkomentar