Beri Bintang dan Komen Singkat belum tentu tidak Baca Kata Sondang Saragih & Simomotaro

Kemaren saya membuat postingan tentang pemetaan perilaku teman kita ngeblog sesama blogger terhadap konten yang kita buat pada wordpress atau di blog.

Atau bisa dikatakan memetakan diri kita sendiri dalam berperilaku terhadap postingan rekan yang update status pada wordpress.

Salah satu yang mempengaruhi pemetaan ini adalah seorang blogger dari Pasuruan yang memiliki jumlah followers diatas seribu pada blog yang dikelolanya.

Dari situ saya ber wa ria dan saling tukar informasi, ngobrol kesana kemari termasuk tentang like atau tombol bintang dengan jumlah wow yang diberikan oleh para pengikutnya.

Ternyata review jumlah bintang yang dia dapat bukan merupakan kabar gembira untuknya. Kenapa begitu?

Dia mengulas bahwa banyak bintang yang didapat malah bisa menjadi bumerang bagi blog yang dimilikinya.

Pemilik situs ini beranggapan bahwa ada banyak yang ngelike saja tanpa membaca postingan artikel yang dibuat.

Dampaknya dengan waktu pencet tombol like hanya memerlukan waktu sepersekian detik kemudian pengunjung pergi meninggalkan blog.

Perilaku seperti ini secara ilmu seo kurang baik untuk kesehatan blog ditinjau dari tingkat bounce rate atau pantulan visitor.

Tapi perilaku bintang dan komentar singkat adakalanya seperti basa basi tidak menunjukkan bahwa pengunjung mengabaikan artikel atau tidak membaca konten.

Bintang dan Komen Singkat Bukan Berarti Tidak Membaca Konten

Hal ini saya ketahui melalui kolom komentar yang diberikan oleh Sondang Saragih dan simomotaro, salah dua orang dari jutaan blogger yang menghiasi dunia maya.

Siapa sih Sondang Saragih?

Sondang Saragih adalah seorang blogger yang rajin membaca postingan konten rekan blogger yang secara reguler memberikan bintang dan komentar pada kolom yang disediakan.

Seorang blogger yang imut imut baik hati dan tidak sombong dan mendapat pujian sebagai wanita paling cantik di Sumatera Utara.

Usut punya usut ternyata pujian ini tulus datang dari salah satu blogger yang pernah mengunjungi blog dan melihat fotonya.

Ah emang sih sangat cantik dan imut, tapi masak iya paling cantik di seantero Sumatera Utara?

Kalau itu sih subyektif memang, silakan disimpan dalam hati masing masing untuk penilaiannya.

Silakan saja cek dan kunjungi situs yang di kelola dengan nama persis miliknya yaitu sondangsaragih.com

Lha simomotaro siapa? Salah satu blogger yang menurut saya lihai mengolah kata sehingga nyaman dibaca, tak terasa tau tau selesai tulisan yang dipampang pada wordpress miliknya.

Biasa dipanggil momo, tentunya momotaro bukanlah nama yang tercantum di ktp.

Kalau hendak tau siapa nama aslinya anda dapat mengontaknya sekaligus menikmati sajian tulisannya yang unik di simomotaro.com

Berbagai tulisan tentang pengalaman pencopotan gigi bungsu, review film yang menarik, kadang kisah sedih yang disampaikan dengan bahasa kocak membuat tertawa ditengah keharuan.

Dari kedua blogger ini saya mendapatkan informasi yang sangat berharga tentang perilaku rekan dalam hal tanggapan postingan yaitu like serta komen singkat.

Begini inti pemberitahuan Sondang Saragih mengenai peninggalan jejak bintang maupun komentar singkat.

Aku berada di posisi mana ya?

Tapi jangan salah lho, aku juga sering memberi komentar “nice info’ bukan berarti aku tidak membacanya. Aku membaca tapi rasanya memang hanya komentar itu yang bisa aku berikan karena sudah jelas. Aku jarang basa basi kalau memang tidak baca. Termasuk bintang, kalau memang tidak baca lebih bagus aku tidak memberi bintang.

sondangsaragih.wordpress.com

Nah dari situ saya menyadari, tidak semua perilaku hanya bintang atau komentar singkat merupakan tanda blogger malas membaca.

Hal ini juga dikuatkan oleh momo (simomotaro) yang memberikan tanggapan seperti ini:

“saya suka meninggalkan bintang. sebagai tanda tulisannya sudah saya baca. terlepas suka atau tidak.v

“pernah juga saya kasih komentar “terima kasih” karena emang nggak ada kata yang pas mewakili saya selain kata terima kasih. klise memang, tapi jujur apa adanya.”

“beberapa alasan tidak meninggalkan komentar juga kadang tulisannya agak susah buat dikomentari.”

“ada juga yang saya pengen komentar banget di salah satu blog tapi saya urungkan. lebih suka jadi pembaca diam-diam (kadang)”

Begitulah komentar lengkap pemilik website simomotaro.com

Kesimpulan hanya Like dan Komentar Singkat pada Blog

Mengacu informasi kedua lady blogger ini ada juga penulis pada wordpress yang memberikan tanda like atau komentar seadanya sebagai penanda bahwa dia telah membaca artikel.

Bukan seperti lagunya Iwan Fals yang berjudul “Pesawat Tempur”.

Jadi tidak semua pengelike atau pengkomen basa basi adalah para yang hanya ngelike dan komen saja.

Ada juga yang membaca artikel secara sopan (maksudnya tidak skimming) dan memberikan apresiasi Kepada penulis melalui peninggalan bintang dan komentar singkat.

Selamat malam.

loading...

9 Comments on “Beri Bintang dan Komen Singkat belum tentu tidak Baca Kata Sondang Saragih & Simomotaro”

  1. Wah, asli kaget. Begitu buka WP langsung muncul namaku di judul konten ini. Scroll ke bawah, plus komentku juga muncul.
    Wah, bilang apa ya? 🤔🤔🤔
    Thanks deh,,,, kalo bisa sering² ya. Ha ha ha

        1. Jangan shock…. Penjual berasnya belum kebayar untuk acara sunatan. Jangan sampai potong burung berimbas kepada potong rejeki bandar beras kalau jumlah amplopnya tidak sesuai harapan (semoga segera terbayar lunas berasnya dan yang hajatan juga bisa happy ending atas modal nekadnya).

  2. Jadi kesimpulannya terhadap komentar pendek yang tampaknya seperti basa-basi kita tidak harus memandang sebelah mata ya Mas. Rupanya memang hanya kalimat tersebut yang terlintas dari rekan yang membaca postingan kita.
    Btw, tapi tetap enak membaca komentar yang rada panjang dikit deh…hehehe

    Saya nanti kunjungi deh kedua blog diatas. Penasaran. Postingan mereka menarik juga rupanya ya Mas?

    Salam,

    1. Iya benar kata anda Aa Titik Asa. tidak semua komentar singkat dan seperti basa basi untuk dipandang sebelah mata.

      Ada banyak yang komentar sedikit setelah menyelesaikan baca postingan sebagai penanda telah mengunjungi artikel yang diunggah.

      Monggo silakan berkunjung ke blog keduanya. Setiap blog tentunya memiliki cerita menarik tersendiri.

Silakan berkomentar