Bangkekane Nawon Kemit Tegese Panyandra

bangkekane nawon kemit tegese
Share

Bangkekane Nawon Kemit tegese yaiku bangkekane uwong iku apik nyenengke bentuke kaya tawon kemit, maksude cilik apik. Arti bangkekane nawon kemit adalah pinggangnya seperti tawon kemit yang bentuknya kecil.

Pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh, sebagaimana kita ketahui bahwasanya ukara unen unen bangkekane nawon kemit termasuk tembung panyandra candraning awak.

Jadi ungkapan bagian tubuh manusia berupa pinggang yang seperti lebah kemit ini masuk dalam kategori tembung panyandra candraning awak (ungkapan memisalkan pemisalan bagian tubuh manusia).

Apa sih pangertene panyandra?

Pangertene panyandra yaiku unen-unen utawa tetembungan saemper pepindhan kang surasane mawa tetandingan sing ngemu teges memper utawa mirip. Babagan kang dicandra yaiku babagan kabecikan lan kaendahan, kayata kahanane manungsa, kahanane mangsa, kahanane kewan, kahanane solah bawa, lan sapanunggalane.

Maksudnya panyandra adalah ungkapan yang semisal, serupa, mirip yang ungkapannya dengan mendampingkan hal yang mengandung arti mirip atau serupa, dengan hal yang di samakan yaitu bagian kebaikan dan keindahan seperti keadaan manusia, keadaan musim, hewan, keadaan tingkah laku dan lain sebagainya,

Jadi apabila ada pertanyaan bahasa Jawa yang berbunyi sing cinandra utawa candrane nawon kemit iku apane? wangsulane Yaiku bangkekane.

Bangkekane Nawon Kemit Tegese Panyandra Basa Jawa

Nawon kemit tegese yaiku kaya tawon kemit kang cilik lan apik.

Apa iku tawon kemit? Apakah itu lebah kemit?

Yaitu merupakan lebah dengan warna yang kentara jelas (bahasa kekiniannya ngejreng) dengan bentuk tubuh yang kecil pada bagian tengahnya (kalau manusia kita bisa mengatakan bagian badan berupa pinggang).

Jika anda memperhatikan tawon kemit ini maka bagian tengahnya begitu kecil, dengan atasnya dada keatas serta bawah pinggang kemudian menggelembung.

Penyerupaan atau panyandra nawon kemit selaras dengan keindahan tubuh manusia (utamanya wanita) yang menjadi impian yaitu kecil pada pinggangnya dan padat berisi diatas dan di bawah bagian pinggang.

Singkat kata penggambarannya adalah body sexy.

Makanya pemisalan untuk bentuk pinggang berupa lebah jenis kemit atau tawon kemit. Yang kemudian dalam bahasa Jawa menjadi nawon kemit (semisal dengan lebah kemit ini).

Sekedar tambahan informasi, bahwasanya Tawon kemit Ropalidia fasciata merupakan serangga.N amun memiliki siklus reproduksi yang berbeda dari serangga pada umumnya.

Demikianlah informasi mengenai arti candrane awak bangkekane nawon kemit tegese yaiku bangkekane cilik kaya tawon kemit. artinya adalah bagian pinggangnya kecil sehingga tampak menarik orang melihatnya.

Akhirnya wilujeng enjang, terima kasih sudah mampir, salam kenal dan wassalamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.