Cukat Trengginas Tegese Tuladha Ukara Basa Jawa

arti cukat trengginas tegese
Share

Cukat Trengginas Tegese Tuladha Ukara Basa Jawa tantri Boso kelas 2 SD MI artinya dan contoh kalimat Bahasa dengan terjemah Indonesia.

Pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, tegese cukat trengginas yaiku tandange rikat artinya cara bekerjanya cepat dan tangkas.

Cukat tegese nduweni arti cepet, rikat, cekatan, tembung trengginas tegese artine yaiku trampil, yang bahasa Indonesianya memiliki arti terampil.

Adapun kata lain yang sering berada di belakang kedua kata ini yaitu mitayani.

Artinya mitayani tegese basa Jawa yaiku iso di andelne, dapat diandalkan, terpercaya untuk melakukan sesuatu pekerjaan.

Jadi ungkapan cukat trengginas lan mitayani mempunyai arti atau makna dalam mengerjakan sesuatu cepat tangkas serta terampil dan dapat diandalkan untuk menyelesaikan gawean utawa pekerjaan.

Tuladha Ukara Cukat Trengginas lan Tegese Basa Jawa ke Bahasa Indonesia

Gawea tuladha ukara nganggo tembung cukat trengginas!

Buatlah contoh kalimat menggunakan istilah kata tersebut dalam Bahasa Jawa, misalnya ada soal pertanyaan seperti itu untuk ujian kelas 2.

karena untuk anak sekolah SD dan MI, sewajarnya saja contohnya, tidak terlalu panjang yang penting sesuai dengan kemampuan anak.

lha wong orang tua yang sudah senior saja banyak yang belum tentu mengerti dan paham maksut kata ini, apalagi yang hidup dikota besar dengan menggunakan bahasa Indonesia untuk komunikasi sehari hari.

Berikut contohnya.

Arepo olehe tumandang gawe disambi guyon supaya ora gampang kesel, Para warga anggone kerja bakti katon cukat trengginas.

Artinya, meski cara bekerjanya dengan bercanda supaya tidak mudah capek, para warga dalam bekerja bakti nampak cepat dan tangkas.

tuladha ukara cukat trengginas

Contoh lainnya misalnya ukarane basa Jawa yaiku; Bengkel sepeda nang ngarep omahku anggone ngganti ban katon cukat trengginas lan mitayani.

Artinya, bengkel sepeda di depan rumah saya dalam mengganti ban tampak cepat dan tangkas serta bisa diandalkan.

Tuladha sanesipun inggih punika;

Dadi wong enom kudu cukat trengginas ing tumandang gawean, aja klemar-klemer.

Artinya yaitu sebagai orang muda harus cepat dan tangkas dalam bekerja, jangan malas-malasan.

Sangga Uwang artinya

Adapun kebalikannya bekerja dengan cepat dan terampil yaitu kata Sangga uwang.

Ukara tembung sangga uwang tegese yaiku meneng wae artinya diam saja tidak mengerjakan sesuatu.

Tuladhane ukara sangga uwang conto ukarane yaiku ora ana sik sangga uwang wayahe kerja bakti resik resik masjid. Artinya tidak ada yang diam saja saat kerja bakti membersihkan masjid.

Demikianlah informasi mengenai tegese cukat trengginas artinya cepat dan tangkas beserta contoh kalimatnya ukara tuladha basa Jawa.

Kami tambahkan bonus artinya tembung sangga uwang tegese meneng wae ora melu nyambut gawe beserta tuladhane ing Boso Jowo.

rangkaian kata ini ada dalam bacaan buku tantri basa Jawa kelas 2 Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah.

harapannya memudahkan orang tua untuk mendampingi putra putrinya dalam belajar dan menjawab soal LKS ulangan maupun ujian semester.

Apalagi masa situasi pembelajaran daring. tentu kebanyakan lebih banyak membuka hape daripada membuka buku teks pembelajaran.

Akhirnya wilujeng siang, salam kenal dan wassalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *