Nggulawentah Tegese Tuladha Ukara Contoh kalimat

Share

Tegese tembung nggulawentah yaiku ngopeni, tuladhane ukara conto kalimat ukarane Basa Jawa artinya dalam Bahasa Indonesia yaitu memelihara, merawat, menjaga, dan lain sebagainya. Contoh kalimat bisa anda baca pada paragraf selanjutnya.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, wilujeng enjang para sederek kang nyinaoni pelajaran Basa Jawa.

Setelah mengetahui arti nggulawentah yang artinya memelihara, maka selanjutnya adalah membuat contoh kalimat yang sesuai dengan maknanya.

Misalnya ada soal pertanyaan, gawea tuladha conto ukara nganggo tembung nggulawentah. Atau pada pitakon lain yang lebih ringkas berbunyai gawea ukara.

Nggulawentah tegese tuladhane ukara tembung

Maka anda bisa membuat contohnya seperti yang ada pada kalimat sebagaimana berikut ini.

Bapak ibu guru nggulawentah murid murid supaya bisa dadi wong urip kang utama tegese artinya dalam bahasa Indonesia yaitu bapak dan ibu guru merawat, memelihara, mengajari para muridnya supaya menjadi manusia yang sukses dan unggul.

Tuladha liyane misale yaiku,” Dewi kunthi nggulawentah putra putrane” tegese Dewi Kunthi ngopeni, memelhara anak-anaknya.

Lha nek panggulawantah tegese apa? Artine tembung yaiku piwulang, pendidikan, pamulangan. Dalam arti Bahasa Indonesia artinya adalah pengolahan.

Maknane yaiku ngolah, ngarahake, ngubah watak bocah kawit cilik kanthi cara ngolah kejiwaan, ngubah watak, matengake rasa, ngubah kapribaden lan sak piturute kawit cilik marang kabecikan.

Makna kata panggulawentah adalah mengubah watak semenjak dini dengan cara mengolah kejiwaan, merubah perwatakan, mematangkan rasa, mengubah kepribadian dan yang lain lain sedini mungkin.

Yang intinya yaitu momong, among maupun ngemong, yang bermuara pada tata tentrem.

Dengan begitu kata nggulawentah dengan panggulawantahan memiliki akar kata yang sama, yaitu berkenaan dengan memelihara, mengawasi, mendidik dan lain sebagainya, intinya yaitu ngopeni lan cara ngopenine.

menurut Zumrotul Ulwiyah UIN Sunan Ampel, panggulawentah meliputi;

  • mengolah;
  • mengubah kejiwaan;
  • mematangkan perasaan, pikiran, kemauan, dan wata; dan
  • mengubah kepribadian.

Demikian informasi tambahan mengenai arti kata beserta maknanya lengkap dengan tuladha ukarane tembung untuk melengkapi khazanah bausastra Bahasa Jawa.

Akhirnya wilujeng siang, selamat beristirahat dan wassalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh.


Share

Mumtaz Hanif

salam blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *