Susunan Acara RT arisan pertemuan rutin


Contoh susunan acara dalam kegiatan pertemuan rapat RT maupun arisan rutin Rukun tetangga di lingkungan paling lazim lumrah dilaksanakan.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh, berdasarkan pengalaman membuat tulisan Contoh Kata Sambutan Tuan Rumah Rapat Kumpulan RT Bahasa Jawa Indonesia, ternyata kebanyakan orang Indonesia mengadakan kegiatan rutin ini di minggu pertama awal bulan.

Paling banyak diadakan pada waktu setelah salat isya sekitar jam setengah delapan hari sabtu malam minggu atau di malam senin.

Dan yang uniknya lagi, apabila disebut kumpulan erte, maka maksudnya adalah pertemuan bapak-bapak, meskipun ibu-ibu juga memiliki acara yang sama. Tapi bagi kaum hawa lebih condong disebut dengan arisan.

susunan acara pertemuan RT

Bagi anda pembawa acara dalam pertemuan rapat RT di kompleks anda tinggal, contoh dibawah ini bisa dijadikan sebagai acuan apa saja yang ada dalam susunan acara kegiatan rutin Rukun Tetangga.

Langsung saja, Berikut adalah susunan acaranya.

  • Pembukaan
  • Sambutan tuan rumah
  • Laporan laporan (keuangan) dll
  • Pengumuman dan pengarahan dari ketua rt
  • Saran dan usul
  • penutup

sekilas penjelasan susunan acara pertemuan rapat RT.

Pembukaan

Pada ghalibnya, acara pembukaan paling awal dilakukan, dimulai dengan pembukaan dengan berdoa sesuai kepercayaan masing masing, bagi yang beragama Islam dengan membaca basmalah atau al Fatihah.

Acara ini singkat saja tidak bertele tele, hanya memakan waktu antara 1-2 menit sudah cukup.

Sambutan tuan rumah

Biasanya rapat atau acara pertemuan rt dilakukan bergiliran, keliling dari rumah, ataupun meskipun berada menetap 1 tempat tetaplah ada yang menjamu sebagai tuan rumah.

Pembawa acara mempersilakan tuan rumah untuk memberikan sambutan.

Lazimnya tidak terlalu panjang, biasanya berupa ucapan selamat datang dan terima kasih atas kehadiran para tamu tetangga rt, kemudian permohonan maaf apabila dalam menyediakan tempat, gelaran tikar serta suguhan ada yang kurang berkenan dihati para hadirin.

Laporan keuangan

Acara rutin rukun tetangga termasuk waktu dan sarana mengumpulkan iuran bagi warganya.

Dari iuran rutin ini dipergunakan untuk biaya kebersihan lingkungan, pembiayaan pembangunan fasilitas rt, kegiatan sosial dan lain sebagainya.

Keuangan rt umumnya dipegang beberapa orang sesuai dengan pos pengeluaran dan pemasukan yang telah disepakati oleh warga RT.

Adapula acara pelaporan keuangan ini ditaruh setelah acara saran dan usul alias sesaat sebelum acara penutupan.

Pengumuman dan pengarahan dari bapak ketua RT

Selesai acara administrasi keuangan pembayaran iuran warga dan juga pelaporan pemasukan dan pengeluaran anggaran RT, kemudian adalah sambutan dari RT sekaligus arahan dan pengumuman dari bapak RT.

Percaya atau tidak, biasanya bapak rt mengarahkan hal berkaitan dengan keamanan, kebersihan, dan kesehatan lingkungan. Untuk hal bersifat kedinasan berkait dengan KTP maupun KK warga.

tuan rumah rapat RT istri

Pengumuman ini bisa berasal dari perintah RW, kepala Desa, Camat, Bupati, Gubernur, Presiden atau hal hal yang menyangkut informasi apapun yang menyangkut warganya.

Atau juga membahas tentang usulan warga pada pertemuan sebelumnya yang belum memiliki titik temu kejelasan.

Ya kira kira hanya seputar itulah yang disampaikan dalam arahan dari Bapak Erte.

Saran dan Usul

Setelah bapak erte memberikan pengarahan dan menyampaikan pengumuman, dilanjut dengan acara berupa saran dan usul dari warga.

Disini semua warga negara lingkungan erte yang memiliki ide ataupun usul bisa menyampaikan unek-unek didalam hatinya.

Biasanya acara berlangsung dipandu oleh pembawa acara, kemudian saran dan usul ditulis oleh notulen sekretaris RT.

Apabila dimungkinkan, saran dan usul dari warga dibahas sekaligus dan diputuskan saat itu juga.

Jika masih memerlukan pertimbangan lebih mendalam akan dibahas pada pertemuan rt diwaktu yang akan datang.

Penutup

Setelah seluruh acara terlewati maka paling akhir adalah acara penutupan.

Biasanya ditutup dengan mengucapkan syukur kepada Allah dengan menggunakan kalimat hamdalah, atau menyesuaikan untuk yang lainnya.

Rampung penutupan biasanya bapak-bapak santai sejenak ngobrol ngalor ngidul membahas apapun yang lewat didunia ini, seperti sepakbola, politik, mengomentari tetangga, membahas usulan tadi yang belum kelar, apapun itu yang jelas acara setelahnya adalah santai nonformal.

Begitulah susunan acara kegiatan rutin pertemuan rapat RT yang paling jamak dibacakan oleh pembawa acara (yang biasanya adalah sekretaris RT).

Bagaimana dengan tempat anda? Apakah seperti ini juga atau mempunyai urutan acara pertemuan yang berbeda?

Selamat mbayar urunan RT, terima kasih, wassalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh.

monggo silakan komen atau tanya

Silakan berkomentar

%d blogger menyukai ini: