Cahyane Abang Dluwang Tegese, Tuladha Ukara, Kalebu Jenise

Share

Cahyane abang dluwang tegese yaiku cahyane putih banget, kalebu jenise tembung sanepa basa Jawa, artinya yaitu wajahnya merah kertas artinya wajah yang berwarna putih, maknanya yaitu pucat pasi.

Pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, wilujeng sonten selamat sore para pelajar pada sekolah dasar maupun menengah pertama dan atas.

Kali ini kita akan membahas tentang sanepa bahasa Jawa yaitu cahya (apa ya bahasa Indonesianya, agak susah menggambarkan).

Dalam Bahasa Jawa, sanepa merupakan gambaran keadaan yang menggambarkan kondisi menekankan (sangat) dengan menggunakan ungkapan sebaliknya dengan yang dikehendaki.

Dalam Basa Jawa, Tembung sanepa yaiku yaiku unen-unen bangsane pepindhan lan ajeg panggonane ngemu surasa mbangetake nanging nganggo tembung sing artine kosok balen karo karepe.

Cahyane Abang Dluwang Kalebu Jenise Tembung Sanepa, Tuladha Ukara

cahyane abang dluwang tegese

Semisal ada pertanyaan dalam soal atau ulangan ujian dalam bahasa Jawa yang berbunyi sebagai berikut ini;

Golekana tegese sanepa ing ngisor iki, banjur gawenen ukara! Cahyane abang dluwang. Wangsulan: Tegese : Cahyane putih banget.

Artinya, carilah artinya sanepa dibawah ini, kemudian buatlah kalimat! Cahaya merah kertas, jawabannya yaitu cahayanya sangat putih (pucat pasi).

Adapun contoh kalimatnya adalah sebagai berikut;

Bocah sing lagi teka kae cahyane abang dluwang. Artinya anak yang baru saja datang, cahayanya (wajahnya) sangat putih sekali (pucat pasi).

Jadi, dalam sanepa kali ini memberikan gambaran mengenai kondisi seseorang yang dalam Bahasa Indonesia biasa dengan sebutan “seputih kapas” dalam Bahasa Jawa. Yang artinya yaitu sangat pucat sekali.

Menggunakan ungkapan sanepa, yaitu ungkapan yang menyangatkan kondisi namun dengan memakai kata sebaliknya.

Adapun kata yang dipakai yaitu abang dluwang, merahnya kertas.

Padahal lazimnya kertas adalah berwarna putih memplak (sangat putih sekali).

Dengan begitu maka tepatlah atau benar apabila ungkapan abang dluang ini masuk dalam kategori jenise tembung sanepa ana ing basa Jawa.

Demikianlah informasi mengenai ungkapan bahasa Jawa yang menggambarkan keadaan seseorang dengan kondisi pucat pasi seputih kapas yang dalam bahasa Jawa sanepane yaiku abang dluwang (putih banget).

Terima kasih sudah mampir, salam kenal dan wassalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *