Tembung Rahayu Tegese Tuladha Ukara

Share

Arti tembung rahayu tegese yaiku slamêt, bêgja, luput ing kacilakan utawa kasangsaran, artinyaadalah selamat, beruntung, lepas dari kecelakaan atau kesengsaraan. Tuladha ukara Bahasa jawa : Mugi pepanggihan dalu punika tansah pinanggih rahayu wilujeng nir ing sambekala.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, wilujeng enjang selamat pagi para pembaca internet khususnya pelajar SD SMP maupun SMA yang belajar mapel Bahasa Jawa.

Pagi ini kita akan membahas arti tembung rahayu tegese, tuladha ukara contoh kalimat lengkap dengan artinya dan terjemahnya kedalam Bahasa Indonesia.

Ungkapan tembung rahayu dalam Bahasa Jawa biasanya ada kata yang mendahului yaitu sugeng ataupun wilujeng.

Keduanya memiliki arti atau maknanya yaitu selamat (slamet;Jawa).

Jadi sugeng atau wilujeng rahayu maksudnya adalah memberikan ucapan selamat atau mendoakan semoga dalam keadaan sehat selamat aman sentausa luput dari celaka ataupun sengsara.

Apa bedanya sugeng dan wilujeng?

tegese tembung rahayu tuladha ukara

Melansir dari situs cinta-budayajawa menyebutkan bahwa kata sugeng penjelasannya dalam bahasa Jawa yaitu ; Basa krama inggil/aluse slamet, sing mengku surasa seger kuwarasan (bahasa halus selamat, yang mengandung makna segar bugar).

Adapun wilujeng tegese yaiku slamet, sing mengku surasa luput saka bebaya (artinya sama saja selamat yang mengandung arti lepas dari marabahaya).

Jadi perbedaan sugeng dan wilujeng adalah tembung wilujeng lebih kepada kesehatan yang berkaitan factor internal, adapun wilujeng lebih cenderung kepada jauh dari marabahaya maupun celaka.

Tembung Rahayu Tegese Tuladha Ukara

Dalam Bahasa Jawa, ada yang memberikan pengertian atau artinya yaitu ; Tegese ya slamet sing surasane luput ing kacilakan utawa kasengsaran (artinya ya selamat, yang maknanya lolos dari kecelakaan ataupun sengsara).

Gawea tuladha ukara nganggo tembung sing ana ing nduwur utawa ana nang ngisor iki!
Buatlah contoh kalimat menggunakan judul diatas atau dibawah ini!

Tentunya maksudnya yaitu contoh kalimat menggunakan kata rahayu dalam Bahasa Jawa.

Berikut contoh kalimatnya;

Pangajab, mugi Rahayu kalis ing rubeda artine slamet luput saka bebaya maksudnya yaitu harapannya semoga selamat dan luput dari celaka.

Mugi rahayu nir ing pringga bayaning marga tegese yaiku muga muga slamet ora ana bebaya babar blas bebaya nang ndalan.

Demikianlah informasi mengenai arti kata rahayu dalam Basa Jawa lengkap dengan contoh kalimat tuladha ukara beserta artinya kedalam Bahasa Indonesia.

Wilujeng siang, salam kenal dan wassalamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh.


Share

Oleh Mumtaz Hanif

salam blogger

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.