sedikit artikel ribuan visitor

Analisa Blog Jarang Posting dengan pengunjung ribuan banyak melimpah

Analisa pribadi berdasarkan pengamatan tentang blogger internet yang hanya melakukan posting sedikit (mungkin hanya beberapa postingan) dalam 1 bulan akan tetapi tetap ramai dikunjungi visitor dan biasanya para pengunjung website ini akan kembali lagi melihatnya dilain waktu.

Pontren.com – assalamualaikum, sugeng dalu sahabat dunia maya, jika anda seorang blogger, saya meyakini anda mengenal beberapa blog atau website yang adakalanya menjadi tempat rujukan anda dalam melakukan sesuatu, entah itu membuat artikel di internet atau yang berkaitan dengan pekerjaan di dunia nyata.

Saat ini setidaknya ada 2 blog atau website yang menurut pengamatan saya jarang menelurkan postingan yang baru alias bukan blog yang selalu update dengan artikel baru setiap harinya tapi jangan ditanya jumlah pageviews setiap harinya.

Meskipun begitu, jumlah visitor dari 2 blog ini bisa jadi jauh diatas blog atau wordpress yang anda kelola (dan tentunya punya saya) meskipun dalam kuantitas artikel yang dibuat tidak serajin atau sebanyak yang kita buat.

Kedua blog yang saya maksud yaitu blog sugeng dot id dan panduanim dot com, dimana bagi penggiat tulisan dunia internet jagad dunia maya bisa dikatakan selebritis karena artikel artikelnya banyak menjadi rujukan blogger yang lain dalam melangkah mengelola website yang dimilikinya.

Kenapa kedua blog ini ramai pengunjung meskipun hanyak sedikit membuat artikel baru dalam beberapa bulan? Koq bisa ya? Disinilah analisa yang akan saya utarakan, tentunya diluar konten yang bermanfaat dan mereka jago dalam SEO, blog dengan niche tertentu, saya yakin kedua hal ini pasti dimiliki keduanya.

Baiklah, berikut analisa pribadi saya tentang kedua website ini (maupun blog lain yang setipe).

Kehebatan blog sedikit posting dengan ribuan visitor

migrasi ke wordpress self hosting
apa hebatnya?

Pasti anda juga mau khan yang seperti ini, sedikit artikel tapi buanyak yang melihatnya, tapi nanti dulu, seperti apa artikelnya sehingga bisa mendatangkan pengunjung bejibun, ini beberapa alasannya.

Artikel yang diposting memiliki masa edar lama

Biasanya artikel yang dibuat adalah berupa tulisan yang bertahan lama dalam dicari, atau masa pajangnya lama di google. Maksudnya? Artikel yang dibuat merupakan tipe tulisan yang akan masih dicari selama bertahun tahun oleh pengguna internet, bukan tulisan yang akan basi dalam beberapa hari.

Contoh tulisan yang akan basi dalam beberapa hari misalnya, hasil pertandingan liverpool versus barcelona, maka artikel atau postingan ini dalam beberapa hari akan dirasa basi karena orang orang akan segera berganti informasi dengan pertandingan yang lain. Seminggu kemudian artikel semisal ini akan turun drastis pengunjungnya atau bahkan bisa dalam tingkat nol visitor.

susah-cari-tanggal-kadaluwarsa

Lha artikel yang lama bertahan bagaimana? Semisal informasi tentang top score liga champions sepanjang masa, maka setiap tahun akan ada saja orang yang mencarinya, atau doa bangun tidur, artikel semisal ini tidak akan lekang oleh zaman atau waktu.

Nah disinilah sugeng id dan panduanim com bermain dimana artikel yang dipublish oleh kedua blog atau website ini memiliki kadar kadaluwarsa yang lama sehingga meskipun artikel dibuat pada tahun 2017 tetap saja di tahun 2019 masih ada pengunjungnya, walau bisa jadi ada update informasi yang didalamnya, tapi tetap saja artikel ini diposting lama.

Model artikel berupa tutorial yang informatif mudah dipahami dan dipraktekkan

Jika anda pernah membaca salah satu atau malah kedua blog ini, anda akan mendapatkan tulisan berupa cara atau bagaimana melakukan sesuatu, dimana cara yang disampaikan dibuat sedemikian rupa sehingga mudah dimengerti oleh pembacanya.

Karena postingan berupa praktek, adakalanya saat mempraktekkan sesuatu agak lupa lupa lali, akhirnya dibuka lagi artikel pada blog ini, demikian kejadian berulang sehingga kebanyakan pembaca yang pernah mengunjungi blog ini saya yakini tidak hanya sekali mendatangi website dari sugeng atau panduamim.

Hal lain yang membuat pengunjung betah datang, selain pembahasan yang lugas dan mudah serta bahasa yang enak yaitu visitor bisa mempraktekkan secara langsung apa yang ada dalam artikel ini, dampaknya adalah bounce rate yang rendah serta durasi kunjungan di blog yang dideteksi lama oleh mesin pencari atau peralatan internet yang lainnya.

Dengan bounce rate yang rendah serta waktu dilihat yang lama membuat suatu website atau blog dipandang mesin pencari sebagai artikel yang bermanfaat, dengan begitu kans untuk menduduki pada mesin pencari baik pada yahoo google bing yandex dan lainnya menjadi terbuka lebar.

Membahas sesuatu dari A sampai Z

lengkap-dan-ada-contohnya-di-website
artikel yang lengkap

Maksudnya adalah dalam artikel atau postingan yang dibuat biasanya mengupas permasalahan atau tutorial secara lengkap dari awal mula sampai dengan akhir dari yang disampaikan.

Contoh misalnya sugeng id membahas cara membuat artikel pada blogspot akan dibahas awal mula sampai akhir dengan eksekusi postingan, dengan begitu orang orang dapat memahami bagaimana cara membuat artikel pada blogspot dari awal pembuatan judul, menambahkan gambar, tag, link dan lain lain sekaligus langsung praktek.

Ada juga contoh tips dan kiat mencari keyword supaya mendatangkan pengunjung bejibun, mulai dari menemukan ide, kemudian pilihan type artikel, taktik cara mencari artikel yang banyak dicari, analisa pesaing membuat para pembaca betah berlama lama membaca yang disampaikan.

Efek samping dari pembahasan dari awal sampai akhir salah satunya adalah banyaknya kata yang ada dalam postingan dan kepadatan kata yang ada, hal ini juga berdampak baik (katanya) bahwa artikel yang panjang (dalam batas normal) tentunya akan lebih bagus dimata mesin pencari dibandingkan dengan artikel dengan sedikit jumlah kata (300 kata misalnya).

Memang berapa sih panjangnya artikel koq dianggap banyak memuat kata? Kalau anda perhatikan, saya rasa kebanyakan artikel yang diposting bisa mencapai diatas 1000 kata untuk setiap artikel yang dibuat, selanjutnya ya itu lagi, balik kepada memiliki posisi yang kuat di mesin pencari.

Ada contoh kongkrit sehingga artikel mudah dipahami dan bisa eksekusi yang ditulis

Salah satu bentuk tutorial dalam ngeblog yaitu ada ilustrasi contoh jika diperlukan, pada kedua blog ini saya menyadari pemilihan kata yang bagus sehingga pembaca tidak sadar membaca sampai selesai artikel yang dibuat, ya itu karena bagusnya dalam membuat artikel.

Diluar kehebatan olah kata, ada titik poin yaitu contoh kongkrit dalam tutorial yang dibuat, misalnya sugeng id memberikan contoh keyword yang abadi, semisal obat sakit kepala, dari kata kunci ini tidak terbatas dengan waktu dimana sakit kepala bisa terjadi setiap tahun bagi manusia, tidak terbatas tahun ganjil atau genap.

Selanjutnya dalam memilih keyword disarankan dengan menggunakan tools yang dapat mengetahui peringkat kesulitan dalam persaingan, ketahui musuhmu untuk memenangkan peperangan, kira kira begitu yang ada dalam dialog film atau pada buku primbon tsun zhu atau siapalah saya lupa.

Terlanjur memiliki nama di dunia blog sehingga menjadi referensi atau saran untuk dikunjungi

Ini hanya dampak dari kualitas blog yang diapresiasi oleh pembacanya, dimana jika seseorang mendapatkan manfaat yang bagus dari apapun akan memiliki kecenderungan untuk memberitahu atau merekomendasikan kepada yang lain.

Contohnya jika saya bertemu dengan teman yang sedang membangun situs baru dan ditanya bagaimana ini itu, bisa jadi saya akan menunjuk ke salah satu blog atau website untuk belajar dari awal cara mengelola wordpress.

Kenapa saya menunjukkan suatu blog atau merekomendasikannya? Karena saya merasakan bahwa tulisan yang ada di dalamnya sangat membantu dan mempermudah dalam mengelola blog atau website.

Kesimpulan blog jarang posting tapi banyak pengunjung

artikel-lengkap-ada-contoh-mudah-di-praktekkan
jarang posting tapi ribuan pageviews

Dari ngoceh panjang lebar diatas, saya berkesimpulan umum bahwa kedua pemilik blog ini memiliki kemampuan yang hebat dalam SEO dan keahlian merangkai kata supaya enak dibaca dan perlu (emang majalah tempo).

Sedangkan kesimpulan khusus berdasarkan artikel yang pernah diterbitkan yaitu;

Artikel yang dibuat memiliki masa kadaluwarsa yang lama atau bertahun tahun tetap dicari orang.
Model artikel dengan pembahasan yang detil disertai dengan contoh serta mudah diaplikasikan dan bisa jadi banyak yang sambil baca dan mempraktekkannya saat itu juga.

Artikel yang lengkap dengan contoh dan detil serta pembahasan dari a sampai z membuat tulisan memiliki kepadatan tulisan dan panjang artikel yang mencapai ribuan kata, para jagoan SEO bilang ini adalah hal yang baik di mesin pencari.

Adanya rekomendasi dari pembaca yang terpuaskan dengan artikel membuat pengunjung tidak segan menyarankan teman atau kenalan untuk mengunjunginya karena sudah memahami kualitas artikel yang dibuat yang memudahkan pembaca dan semakin menggurita, seperti MLM dimana ada banyak anak buah dibawahnya. Hehee emab tianshi.

Itu saja tulisan analisa pribadi mengenai blog dengan postingan yang tidak banyak tapi mampu mendatangkan jumlah pengunjung ribuan dalam sehari atau satu hari.

Jika anda ingin menirunya, saya menyarankan anda untuk menguasai suatu bidang dengan mumpuni sehingga anda dapat menuangkan kemampuan anda dalam tulisan semisal informasi atau tutorial yang lengkap dari a sampai z yang mampu bertahan lama di halaman muka google selama bertahun tahun.

Atau bahkan menjadi blog yang memiliki pengunjung setia karena merasakan manfaat dari artikel yang anda buat. Sulit? Bisa iya bisa tidak. Hehehe… selamat malam. Wassalamu’alaikum.

loading...

Silakan berkomentar