Waktu Tepat Posting Artikel Blog Share Tulisan ke Media Sosial

Share

Analisa mengenai Waktu yang tepat untuk posting artikel Blog share tulisan media Sosial baik facebook twitter maupun instagram berdasarkan perilaku pengunjung pada situs ini dengan asumsi banyak sedikitnya visitor.

pontren.com – assalaamu’alaikum, jika sampean menautkan blog anda pada google analytics, anda bisa melihat jumlah pengunjung secara detil. Mengamati berapa lama mereka berada pada situs anda, juga bounce rate pentalan sekian persen dan informasi lainnya.

Informasi menarik lainnya yaitu adanya informasi jumlah pengunjung berdasarkan waktu yang pembagiannya berdasarkan jam mengunjunginya.

Selanjutnya ada bentuk grafik yang memberikan sampean keterangan bagaimana perilaku orang-orang dalam mengunjungi situs dengan parameter waktu alias jam bezuk pada blog atau situs internet.

Setelah saya mengamati, kemudian kita bisa membagi kategori jumlah pengunjung pada blog kita menjadi 3 kelompok yaitu;

  • Pengunjung sedikit (sangat)
  • Visitor jumlah sedang
  • Pengunjung dalam tahap maksimal/banyak

Mari kita bahas satu persatu.

Pengunjung Sedikit

grafik pengunjung blog waktu tepat post artikel
grafik jumlah pengunjung dalam pengelompokan jam

Untuk pengunjung dengan jumlah sedikit, memiliki sebuah spot atau waktu mulai mengalami krisis pengunjung pada jam 23.00 (jam 11 malam).

Tentu rasional, pada waktu ini pengunjung sudah banyak yang lelap dalam tidurnya.

Sampai jam berapa kondisi ini?

Berdasarkan pengalaman ngeblog, situasi pengunjung minimalis sampai dengan jam 04.00 (jam empat pagi).

Selanjutnya mulai jam empat pagi perlahan visitor mulai merangkak naik. Mencapai kategori pengunjung dengan jumlah sedang.

Pengunjung dengan jumlah sedang

Sebagaimana barusan kami tuturkan, pengunjung mulai bertambah perlahan sejak jam 4 pagi, kemudian hal ini (jumlah sedang) berjalan sampai dengan jam 07.00 (tujuh pagi).

Jadi secara umum antara jam 04.00 sampai dengan jam 07.00, jumlah kunjungan masuk dalam kategori sedang.

Pada titik visitor dengan jumlah sedang bukan hanya pada waktu ini, pada jam 01.00 sampai dengan jam 17.00 (5 sore), jumlah pengunjungnya memiliki kesamaan kuantitas dengan visitor jam 4-7 pagi.

Pola yang sama secara kuantitas, pengunjung sedang ini juga mulai jam 9 malam kesana sampai dengan jam 23.00 (sebelas malam).

Jadi ada 2 waktu jumlah pengunjung sedang yaitu;

  • Jam 4 – 7 pagi; dan
  • Jam 1 siang – 5 sore
  • Setelah jam 21.00 – 11 malam

Pengunjung sedang tinggi-tingginya (waktu tepat posting artikel)

Ternyata, berdasarkan analisa google analytics, jam 7 pagi kesana sampai dengan jam 12 merupakan puncak pengunjung yang datang ke blog kita.

Mulai lewat jam tujuh pengunjung naik secara signifikan, kemudian pada jam 8 pagi sampai dengan jam 12 siang visitor stabil secara jumlah, baru kemudian lewat jam 12 sampai jam satu mengalami penurunan.

Adapun puncak kunjungan pada waktu pagi pada saat sekitar jam 9 sampai dengan jam 10.

Apakah hanya waktu itu saja pengunjung sedang tinggi-tingginya?

Ternyata ada satu waktu lagi situs kita banyak mendapat kunjungan.

Yaitu mulai jam 5 sore sampai dengan jam 9 malam.

Mulai pukul 17.00 wib pengunjung merangkak naik, dan mengalami puncak kunjungan kisaran jam 7-8 malam. Selanjutnya mulai menurun sampai dengan jam sembilan, akhirnya turun lagi sampai dengan jam sebelas malam.

Untuk gambar grafiknya sebagaimana berikut ini;

Korelasi waktu tepat posting artikel dan share pada media sosial

waktu tepat posting artikel. Apa korelasinya dengan waktu untuk publish post pada blog dan ngeshare di facebook maupun twitter?

Secara logika, apabila kita membagikan tulisan pada saat pengunjung sedang tinggi, maka secara teori tulisan ini akan memiliki kans untuk lebih banyak mendapatkan perhatian dari sekian miliar penduduk bumi.

Dengan opini seperti ini, maka ada 2 lokasi waktu yang tepat untuk share artikel pada facebook maupun twitter, yaitu saat menjelang jam sembilan pagi dan sekitar jam 7 malam.

Kenapa begitu?

Karena pada jam ini menurut analisa google analitics pada situs saya pengunjung sedang tinggi-tingginya mengunjungi situs internet.

Berita buruknya, setelah mengamati pengunjung media sosial, ternyata visitor yang hadir lewat tautan facebook, twitter, instagram, dan medsos lainnya hanya mendapat porsi kurang dari 1% dari jumlah keseluruhan pengunjung.

grafik prosentase pengunjung blog dari media sosial
prosentase pengunjung blog dari media sosial sangat sedikit sekali, dibawah 1 persen

Sampai dalam bagan grafik lingkaran dalam analytics tidak nampak warnanya.

Akhirnya berdasarkan prosentase dari media sosial yang datang berkunjung pada blog ini membuat saya tidak terlalu memikirkan secara njlimet untuk mendatangkan pengunjung lewat facebook.

Karena jumlah share belum tentu berdampak signifikan dengan yang mengunjungi.

Maksudnya bagaimana?

Sepertinya banyak orang yang hanya membagikan informasi pada facebook, ya sekedar membagikannya saja, tidak membaca tautan yang ada didalamnya.

Dampaknya adalah bisa saja jumlah share facebooknya lebih banyak jika dibandingkan dengan pengunjung yang melihat artikel yang dibagikan.

Meski begitu, angka satu persen merupakan jumlah yang besar jika blog sampean pengunjungnya mencapai jutaan. Tentu perlu juga untuk mempelajarinya secara lebih mumpuni.

Kalau blog saya sih ya sekedar saja sehingga saya agak skeptis juga untuk menaikkan traffic pengunjung secara mewah melalui facebook twitter instagram maupun media sosial lainnya.

Asal Visitor pengunjung situs dari Medsos

Secara peringkat jumlah pengunjung melalui medsos dan prosentase nya kami cuplikkan dari blog ini dalam rentang waktu tanggal 2 – 25 Juli.

No Medsos pengunjung (Prosentase)

  1. Facebook 350 (68,76%)
  2. YouTube 92 (18,07%)
  3. Twitter 34 (6,68%)
  4. Blogger 12 (2,36%)
  5. Pinterest 8 (1,57%)
  6. Quora 8 (1,57%)
  7. WordPress 4 (0,79%)
  8. Instagram 1 (0,17%)

Nah itulah analisa pribadi mengenai waktu yang cocok untuk ngeshare status facebook, baik dodolan jualan maupun artikel pada blog sampean.

Anda hendak menyanggah opini ini atau menambahkan informasi?

Silakan sampean tuliskan apa yang ada pada benak anda pada kolom komentar.

Makan ketan pake baju putih, cukup sekian dan terima kasih, wassalaamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *