8 hal yang dihilangkan dari Website untuk mendapatkan ranking di google


Ada berbagai hal yang menjadi penghalang situs dan konten anda mendapatkan pengunjung lebih banyak serta halaman lebih tinggi pada mesin pencari google ataupun yang lainnya.

Untuk meraih tingkat penelusuran yang lebih baik pada mesin pencari utamanya google, penghalang tersebut perlu anda atasi segera.

Entah seberapa anda mengoptimalkan konten anda dengan cara SEO, membangun backlink, tulisan anda akan tetap mengalami penurunan.

Untuk itulah konten ini ditulis mengenai hal yang perlu anda hapus dari situs anda segera supaya mendapatkan peringkat yang bagus di google.

Konten yang kadaluwarsa out of date

Neilpatel telah mempelajari dan melakukan riset terhadap ilmu seo dan teknik meraih visitor.

Mungkin anda sudah mendengar atau membaca dari berbagai tips dan kiat ahli seo.

Apa itu? Google menyukai konten yang fresh, atau tepatnya artikel segar atau baru.

Menurut informasi dari hostingtribunal, bahwasanya lebih dari 1,7 miliar situs internet yang ada di dunia.

Ada lebih 2 juta blog yang mempublish artikel konten setiap harinya.

Dari situ ada 33 miliar halaman yang di indeks oleh google mengacu kepada data hostingtribunal.

Anda boleh berpikir, hai, saya tidak membuat postingan setiap hari…. terlepas dari itu, silakan anda melihat ke google search console anda.

hal yang perlu dihapus dari blog

Kemudian lihatlah konten yang anda buat, kemudian bandingkan antara jumlah pengunjung saat ini dengan komparasi di tahun sebelumnya, termasuk peringkatnya.

Bisa jadi anda akan mendapatkan pengunjung lebih banyak, bisa juga lebih sedikit, yang jelas anda akan mendapatkan halaman yang bekerja dengan baik dan yang lainnya memble.

Nah pada konten yang tidak bekerja dengan baik (mengalami penurunan peringkat dan pengunjung) maka refreshlah konten lama anda.

Buat lebih baik dan berkualitas, maka anda akan mendapatkan peringkat yang lebih baik dibandingkan jika anda hanya membiarkan konten lama anda tanpa perubahan dan seperti itu adanya.

Google dan mesin pencari menginginkan konten yang hebat dan up to date (baru), karena ini bukan hanya soal sebuah halaman, akan tetapi melihat website secara menyeluruh dengan informasi yang fresh.

Halaman Post dengan konten yang sedikit

Yang kedua adalah tentang halaman yang hanya memiliki sedikit konten tulisan.

3 tahun yang lalu, bisa dikatakan asal memiliki tulisan yang panjang maka akan lebih baik untuk mesin pencari.

Akan tetapi, saat ini konten yang tidak membahas secara mendalam dan komplet maka (secara umum) akan kesulitan mendapatkan peringkat di google.

Apalagi jika model artikel dengan sedikit informasi. (misalnya hanya terdiri dari 250 kata saja).

Itulah menurut ahli SEO dimana google tidak berminat memberi peringkat yang bagus untuk postingan dengan jumlah tulisan yang irit.

Jika anda bisa menjawab pertanyaan orang atau yang dicari orang dengan 200 atau 300 kata maka itu termasuk hebat.

mendatangkan vistitor untuk website yang baru

Akan tetapi kebanyakan orang tidak bisa melakukannya. Model halaman ini menawarkan terlalu sedikit informasi yang berharga sehingga tidak berhasil dengan baik (memberi pengalaman bagus pembaca) terlalu sebentar berada di halaman.

Sehingga hal yang perlu anda lakukan adalah melakukan pengecekan terhadap berbagai halaman konten anda yang hanya memuat sedikit informasi dan konten.

Lihatlah postingan anda, jika anda merasa ini memberikan informasi ataupun value yang berlebih, maka okelah, dengan konten anda tersebut.

Apabila menurut anda terlalu sedikit informasi maka sebaiknya perbaruilah artikel anda atau gabunglah dengan artikel anda sehingga lebih informatif dan memberikan pengalaman yang bagus bagi pembaca.

Lakukan hal ini pada semua postingan anda yang minim atau sedikit jumlah kata dalam satu post nya.

baca : saingan blogger menulis konten di website

Selanjutnya amatilah perubahan pengunjung situs anda, sebelum anda melakukan perubahan dan setelahnya.

Lihatlah pada bounce rate atau pentalan pengunjung, lihatlah pada berapa lama pengunjung berada di halaman website anda.

Dengan melihat perubahan jumlah pengunjung, bounce rate, lama berada di halaman menjadi indikasi apakah perubahan yang anda lakukan berdampak bagus atau buruk atau membutuhkan update.

elemen tambahan dan iklan yang tidak relevan dan berlebihan

Baiklah, apapun itu tambahan pada website anda membuat beban lebih banyak untuk membuka situs anda.

Dengan banyaknya sumber dan elemen (termasuk iklan) yang ada pada website anda akan dibutuhkan sumber yang banyak pula untuk membuka situs anda.

Hal ini berdampak pada lamban nya halaman diakses dan berdampak kepada SEO untuk blog anda.

Meskipun situs anda tetap dapat load secara cepat setidaknya banyaknya tambahan elemen akan mempengaruhi pengalaman pembaca anda.

santri manis dan ramel

Sebenarnya menambahkan iklan di website anda bukanlah hal yang buruk, bahkan google sendiri pun memiliki iklan.

Akan tetapi perlu anda perhatikan keseimbangan antara jumlah iklan yang tampil, kecepatan akses di website anda. bijaklah dalam menambahkan iklan pada halaman konten anda.

Iklan membuat website menjadi hidup dan juga memberikan pengalaman yang kurang bagus bagi pembacanya, pandai pandailah dalam menyeimbangkan keduanya.

Pastikan iklan pada website anda menyatu dengan manis dalam halaman, tidak norak, mengganggu dan kecepatan loading tetap dalam kondisi yang masuk akal bagi pembaca.

Otomatis Generate Konten

Biasa disebut dengan agc atau apalah, dengan konten yang dibuat oleh tools atau alat pembuat konten tidaklah memberikan pengalaman yang bagus bagi pengunjung website anda.

Walaupun memang tools ini dibuat lebih mendekati natural dengan berbagai costumize, nampak pribadi dalam pembuatannya, tetaplah tidak akan bisa seperti tulisan tangan.

Yang anda butuhkan adalah membuat tulisan yang konten yang menyediakan pengalaman dasar bagi orang diluar sana yang membaca postingan anda.

Bukan hanya membuat tulisan saja, anda perlu membandingkan dengan konten yang lain dan anda percaya.. hmmmm konten saya memiliki nilai yang lebih baik dalam informasi dibanding tulisan yang lain, maka siap siaplah untuk bersaing di peringkat google.

Jika anda belum yakin dengan tulisan anda, yang sepantasnya anda lakukan yaitu melakukan riset keyword, melengkapi konten anda dengan berbagai variable tema yang ditemukan pada tools yang anda pakai, misalnya ubbersuggest.

baca : cara menurunkan bounce rate website

Dengan melakukan riset kata kunci, anda akan menemukan apa yang orang orang cari di internet sekitar tema yang anda tuliskan.

Bukan hanya masalah nomor 1 di google, akan tetapi dengan tools yang baik, anda akan menemukan konten seperti apa yang disukai melalui banyaknya konten dibagikan pada media sosial (facebook twitter linkedl, pinterest, dll).

Dengan begitu sampean bisa memiliki gambaran tulisan tema serta isinya nanti yang akan anda masukkan kedalam postingan anda.

Pop Up yang mengganggu

Dalam halaman resminya google menyebutkan bahwa halaman yang memakai intrusif interstitials akan membawa pengalaman yang buruk untuk para pengunjung website.

Hal ini menjadi permasalahan pada telepon genggam yang memiliki layar yang lebih kecil.

Bukan berarti anda tidak boleh menggunakan pop up, bahkan neilpatel ahli seo pun memakainya.

Akan tetapi biasanya pop up yang dipakai adalah exit pop up.

migrasi ke wordpress self hosting
migrasi ke wordpress self hosting

Yang jelas, pop up yang mengganggu dan tomblol close tidak jelas dan mengganggu akan menurunkan peringkat situs anda dan berpotensi pengunjung tidak mau kembali ke blog anda karena ingat banyaknya pop up yang mengganggu.

Anda dapat menambahkan opsi kotak baik dibawah diatas bar sehingga pembaca masih bisa menikmati konten anda tanpa harus melakukan penambahan iklan pop up yang menggila pada website.

Internal link yang tidak relevan

Sudah banyak orang membahas bahwa internal link adalah hal yang bagus untuk menurunkan bounce rate.

Akan tetapi membuat internal link yang asal – asalan makan juga kurang bagus untuk website anda.

Untuk itulah anda perlu membuat internal link yang relevan dengan postingan anda.

Misalnya anda membahas tentang mobil sedan latio bekas taksi, maka anda dapat membuat artikel terkait semisal pajak mobil latio atau keiritan konsumsi BBM nissan latio.

Jangan artikel tentang mobil sedan bekas latio kemudian anda memberikan tautan cara membuat sate ayam, tentu kurang diminati untuk ditelusuri pembaca anda.

Ingat ya, relevan dan terkait. Maka berhati-hatilah dalam memilih internal link, pastikan ada kaitan dengan post yang anda buat. Jangan hanya sekedar menambahkan internal link.

Tulisan copas hasil menjiplak

Saat ini perlu menghindari penalti dari google, maka perlu membuat tulisan yang bukan hasil copas.

Dalam hal ini bukan hanya sekedar memberitahukan sumber yang anda kutip, tautan kepada statistik informasi anda ataupun quotes dari orang terkenal.

Akan tetapi merupakan konten yang unik.

Maksudnya juga bukan konten yang orisinil kesemuanya.

Maksudnya artikel unik adalah artikel yang baru dan segar.

Pada saat dikatakan oleh neilpatel bahwasanya duplikat konten bukan hanya kata perkata yang persis saja, akan tetapi juga berupa isi dari konten secara global.

Yaitu artikel yang isinya sama yang dibuat oleh berbagai blog lainnya dengan tema dan isi yang sama, jadi tidak ada hal yang baru pada tulisan anda.

baca : mengintip penghasilan freelance content writer di internet

Ada berapa banyak tulisan tentang tips SEO yang isinya sama secara tips yang dipergunakan? Dan berapa banyak tips yang anda praktekkan? Itu adalah persoalan yang berbeda.

Jadi, hal unik tersebut memang sesuatu yang baru, menurut neilpatel plagiat atau duplicate content bukan hanya masalah kata perkata yang persis saja, akan tetapi juga isi dan inti konten yang kloning dan ubah bahasa.

Backlink spam situs dan saling tukar tautan

Apabila anda membuat janjian, hai.. mari kita tukar link, maka hal tersebut akan membuat situs anda menjadi terdampak kurang bagus.

Bahasa inggrisnya its hurts your site.

Jadi jika anda hendak membuat tautan ke situs lain, anda harus memiliki alasan yang masuk akal, bukan asal taut.

Apabila anda berpikir, apakah saya harus mengaktifkan do follow atau no follow pada tautan? Saya hanya ingin menjaga peringkat situs saya sendiri, kurang berminat membaginya dengan orang lain.

Maka kondisi ini tidak akan menyediakan pengalaman terbaik bagi pengunjung pembaca blog anda.

Nasehat neilpatel, apabila anda melihat tautan ini berguna bagi pembaca, maka tautkanlah saja tanpa perlu berpikir untung rugi SEO.

Atau hei… menurut saya tautan ini tidak terlalu bagus buat pembaca saya, akan tetapi dia memberikan uang kepadaku, maka sebaiknya hal seperti ini tidak perlu ditautkan.

Jika anda hendak meraih uang yang ditawarkan, maka sebaiknya memang isi tulisan dalam postingan yang anda buat memiliki relevansi yang rasional.

Begitulah hal hal yang perlu dihilangkan untuk mendapatkan peringkat lebih baik pada mesin pencari google.

Kesimpulan

Setidaknya ada 8 hal yang perlu anda hilangkan pada website anda guna meraih peringkat dan pengunjung yang lebih baik yaitu;

  1. Konten lama yang tidak pernah dilakukan penyegaran
  2. Postingan dengan isi konten dan informasi yang terlalu sedikit isinya
  3. Memakai pesin pembuat tulisan secara otomatis
  4. Penambahan plug in tidak perlu, pemasangan iklan yang berlebihan dan mengganggu
  5. Pop up pada website
  6. Tautan internal yang tidak nyambung dengan judul post
  7. Bikin artikel copas plagiat persis maupun secara inti tulisan
  8. Tautan keluar (external link) yang tidak relevan dengan artikel

Salam kenal, sebenarnya artikel ini bisa disebut juga model copas, akan tetapi mengingat ini sebagai catatan pribadi dari video yang saya lihat maka ya sudahlah saya publishkan saja.

Sumber : youtube neilpatel

monggo silakan komen atau tanya

2 comments on “8 hal yang dihilangkan dari Website untuk mendapatkan ranking di google

Sangat menarik, walaupun secara pribadi aku tidak memerlukan ini utk blogku.

Reply

siapa tau lain waktu blognya perlu di optimalkan, who knows

Reply

Silakan berkomentar

%d blogger menyukai ini: