Ikut Program Sosiago selama bertahun tahun segini penghasilannya

cari uang lewat sosiago

Pengalaman pribadi mengikuti program di platform sosiago selama bertahun tahun alias tahunan tanpa mendapatkan duit alias tangan hampa.

pontren.com – assalamu’alaikum gaes, anda seorang content writer di blog pribadi anda? Atau anda seorang instagram influencer atau pemilik twitter dengan ribuan followers? Pernah dengar sosiago? Saya kira pernah makanya tersesat di tulisan ini.

Saya pribadi telah mendaftarkan di platform atau aplikasi di situs sosiago entah berapa lama sampai lupa, saya simpulkan lebih dari setahun.

Blog yang saya ikutkan dimasukkan ke dalam kategori keluarga, dengan jumlah pengunjung ya kira kira diatas 1000 orang setiap harinya.

Logikanya pageview lebih banyak daripada visitor, bener gak?

Dengan modal blog tersebut saya mencoba untuk mendaftar menjadi publisher di sosiago.

Ada banyak blogger ataupun pemilik instagram serta twitter yang ikut afiliasi atau apalah namanya untuk sosiago ini demi mendapatkan uang tambahan.

Ternyata sosiago bukanlah cocok untuk blog saya, karena selama mengikuti program ini saya tidak pernah mendapatkan order untuk mempublikasikan content yang ada pada sosiago.

Jangan – jangan elu yang enggak aktif di sosiago?

Ah tidak juga koq, hampir setiap konten yang memenuhi syarat untuk saya bid atau saya tawar di terbitkan pada blog yang saya daftarkan, saya (sepertinya) selalu melakukan bid atau penawaran.

Jadi bukan karena saya tidak memantau sosiago yang saya daftarkan.

Bisa jadi karena model website atau blog yang saya daftarkan mengikuti program sosiago ini tidak menarik bagi para mengiklannya.

Secara, blog yang aye daftarkan lebih banyak berupa petunjuk teknis dan ulasan pembelajaran untuk anak sekolah baik dibawah kemendikbud ataupun Kementerian Agama.

Dan akhirnya blog saya masih suci dari penghasilan sosiago, virgin dari transferan dana karena menerbitkan tulisan berbayar. Menyebalkan hahahaa.

Sebenarnya tidak semua blogger mengalami nasib serupa dengan saya, seperti blognya ainur irawan dengan penadiri nya ternyata relatif sering menerima order yang menghasilkan uang karena menerbitkan konten yang telah ditentukan.

penghasilan-dari-sosiago
penghasilan saya dari ikutan sosiago

Pada sosiago, ada model dimana satu blog akan mendapatkan tulisan yang siap publish, jadi tinggal copas saja pada postingan.

Ada juga yang model berupa tugas untuk mereview produk atau membuat tulisan dengan tema yang sudah digariskan dan tentunya akan di review oleh yang melakukan order.
Yang jelas di setiap tayangan dari sosiago yang mengandung bayaran, anda akan diminta link atau tautan aktif menuju ke situs atau website yang melakukan order.

Ada juga one post for all, nah ini yang relatif saya hindari atau saya tidak menyukainya, karena satu tulisan dipakai oleh banyak blog, bisa duplicate content alias duplikasi tulisan.

Untuk model yang instagram dan twitter saya tidak tahu karena twitter milik saya hanya memiliki tidak lebih dari 30 followers, sedangkan instagam saya buat tertutup, jadi ya saya yakin tidak lolos verifikasi.

Jika saya perhatikan, model blog yang disukai oleh pemakai sosiago yaitu model blog yang story telling, seperti penadiri yang relatif lancar dalam mendapatkan orderan menurunkan tulisan berbayar ini.

Bisa dua atau tiga kali dalam sebulan (kalau gak salah), ya lumayanlah biasanya bayarannya sekitar seratus ribuan naik turunnya, jarang diatas 200 ribu dan jarang kurang dari 70 ribu untuk sekali posting.

Apakah saya merekomendasikan untuk ikut program ini bagi para blogger? Atau malah saya menyarankan untuk menjauhinya?

Saya pribadi netral saja meskipun seumur hidup saya sampai saat ini belum pernah mendapatkan order dari sosiago, karena saya menyadari model blog saya yang kurang menarik bagi para pengiklan.

Jika anda hendak mencoba untuk terjun dan mendaftarkan ke sosiago juga bukanlah hal yang merugikan, anggap saja iseng iseng berhadiah, akan tetapi jangan terlalu banyak berharap. Itu saja sih pesan saya hehehe..

Kesimpulannya bagaimana?

Ya saya pribadi menyimpulkan bahwa setiap blog memiliki karakteristik tersendiri untuk melakukan monetize mendapatkan uang darinya.

Perlu eksplorasi dan beberapa kali percobaan guna mendapatkan formula terbaik dalam rangka menghasilkan uang melalui situs yang anda kelola. Dan pengalaman saya, sosiago tidak cocok untuk blog saya.

Meskipun begitu, belum tentu tidak cocok bagi blog anda.

Tapi lumayan juga sih seandainya dalam sebulan anda bisa memenangkan orderan 10 kali, setidaknya anda akan meraup penghasilan sekitar Rp. 1.000.000,- (satu juta rupiah).

Akan tetapi saya juga agak menyangsikannya karena dari pengalaman, jumlah orang yang hendak mengiklan dalam satu bulan tidak sebanyak itu juga sih.

Apapun keputusan anda, selamat berkarya.
Wilujeng dalu, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

loading...

Silakan berkomentar