Blogger medioker biasa latah bikin tips ngeblog SEO dapatkan pengunjung organik


Kemudahan dalam menulis di internet memunculkan banyak orang yang menuangkan ide dalam bentuk tulisan pada blog maupun website.

pontren.com – assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, pengamatan dan intuisi perilaku para blogger yang mulai meninggalkan predikat newbie alias pemula yang mempunyai kecenderungan untuk membuat tulisan tentang kiat menulis di blog.

Siapakah Blogger Medioker?

Memangnya siapa sih blogger medioker? Seperti sekilas tadi yaitu (menurut pendapat saya pribadi) blogger yang mulai menampakkan pertumbuhan pengunjung organik pada website yang dikelolanya.

Tidak ada batasan yang pasti tentang jumlah visitor maupun pageview yang diraih oleh blogger medioker ini.

Tapi menurut saya yaitu yang telah beranjak mendapatkan pengunjung kisaran 500 sampai menjelang ribuan pageviews.

Dari hasil blogwalking maupun buka buka berbagai blog yang dikelola oleh perseorangan dengan capaian diatas, setidaknya ada yang membagikan pengalaman atau membuat artikel tentang tips dan kiat untuk ngeblog.

Kenapa Latah Bikin artikel SEO dan riset Keyword?

Tips dan kiat ini merupakan pengalaman pribadi yang dipraktekkan oleh para medioker.

Kiat yang dibagikan berdasarkan pengalaman umumnya berkisar tentang teknik SEO baik on page ataupun off page serta keyword dan riset kata kunci.

Termasuk pula konsistensi menulis dan pemilihan niche, dan kebanyakan diakhiri dengan tulisan berupa content is the king. Alias isi tulisan adalah raja.

Apakah ini pertanda buruk orang sombong yang sok tau tentang ilmu SEO maupun riset kata kunci padahal mereka baru beranjak sedikit pengetahuan?

Menurut saya sih bukan sombong atau sok tau, lebih tepatnya kepada berbagi ilmu yang ikhlas serta kiat membuat tulisan atau ngeblog berdasarkan pengalaman pribadi yang dialami sendiri.

Tentunya blogger medioker berani membuat postingan tentang kiat ngeblog baik di wordpress atau blogger karena memang sudah merasakan dampak ilmu yang di praktekkannya.

Apa dampak dari ilmu yang di praktekkannya? Yaitu pertumbuhan pengunjung yang signifikan dari puluhan menjadi ratusan bahkan ribuan.

migrasi ke wordpress self hosting
migrasi ke wordpress self hosting

Bukan hanya kuantitas saja yang didapat berupa banyak visitor, tapi sumber pembaca atau pengunjung dari mesin pencari alias visitor organik.

Jadi apa penyebab blogger medioker ini latah membuat content tentang seo atau keyword reseach? Padahal mereka bukan masuk kategori ahli ahli amat? Atau kalau mau jujur adapula yang baru mulai meninggalkan status blogger pemula?

Ini tidak lain dari kebanyakan sifat blogger yang baik hati yaitu berbagi ilmu dan informasi yang dimilikinya, sehingga mereka menyampaikan ilmu walaupun sedikit.

Apalagi pede yang dimiliki karena memang ilmu yang dibagi berdasarkan pengalaman selama perjalanan mengelola blog yang adakalanya telah dilakukan dalam jangka waktu berbulan bulan atau bahkan tahunan.

Dari pengalaman pengelolaan website dalam jangka waktu yang tidak sedikit ini didapat asam garam dalam membuat tulisan atau konten (content).

Dari situ orang orang yang mulai menulis di dunia maya baik pada blogspot maupun wordpress bisa mengambil intisari cara mendatangkan pengunjung organik melalui teknik riset kata kunci maupun optimasi SEO on page maupun offpage.

Yang jelas kiat kiat yang ditulis para blogger ini hampir semua sama alias berkutat pada itu itu saja.

Kami rangkumkan kiat yang biasa dibuat oleh para blogger medioker (yang biasanya dalam membuat konten tentang keyword reseach dan seo onpage offpage berdasarkan blogger atau penulis ahli).

Melakukan optimasi seo dan kecepatan website

blogger-medioker-kiat-menulis-blog

Ilmu meraih pengunjung organik tentunya akan lebih maksimal jika ada pengetahuan tentang SEO walaupun sedikit, misalnya tulisan jangan hanya pendek saja semisal dibawah 200 kata untuk setiap posting, pemilihan judul yang baik dan isi tulisan yang nyambung dengan judul (bukan klik bait) dan lain sebagainya.

Salah satu parameter dari banyak acuan google menentukan posisi artikel adalah kecepatan website diakses melalui mobile ataupun desktop / komputer.

Seyogyanya blogger memikirkan tema yang ringan, pasang gambar yang telah di reduksi ukurannya guna mempercepat kecepatan loading.

Melakukan riset kata kunci alias keyword reseach

Bagaimana blog akan dikunjungi jika mengulas hal yang tidak dicari oleh pemakai internet?

Itulah pertanyaan kenapa perlu riset kata kunci.

Dari riset kata kunci ini akan mendapatkan informasi dan ide menulis serta pengetahuan seberapa banyak orang yang mencari tema tulisan, termasuk peta persaingan dengan score yang dapat dilihat.

Contoh tools atau alat di website yang gratis dipergunakan untuk melakukan riset kata kunci seperti neilpatel, ubersuggest io dan masih ada beberapa lagi, akan banyak blogger yang mengulas tools untuk keyword ini.

Konsisten dalam menulis

Ada ahli yang mengatakan bahwa blog yang terjadwal melakukan update postingan baru akan lebih memiliki kans atau kesempatan mendapatkan pengunjung lama untuk balik melihat informasi yang baru.

Apalagi jika anda dapat secara konsisten menerbitkan tulisan setiap hari, sehingga orang bukan hanya mencari apa yang dibutuhkan olehnya tapi ingin mengetahui apa yang anda tulis.

Kendala klasik dalam konsisten one day one post ada banyak, malas, tidak punya ide, capek, lagi enggak mood, banyak pekerjaan yang lain, lagi mager dan seabreg lagi alasan yang dapat dijadikan pencegah anda membuat postingan.

Bikin artikel dengan bahasa sendiri tidak copas

Blogger medioker (dan mastah) biasa memberi warning kepada para penulis di internet untuk menghindari tulisan copy paste alias mengambil mentah mentah tulisan kemudian menerbitkan di website nya tanpa edit.

Hal ini banyak diulas oleh para blogger, umumnya mereka menyarankan untuk membuat tulisan dengan gaya sendiri, minimal kalau copas telah dilakukan modifikasi dan rewrite dengan bahasa yang berbeda.

Blogwalking

Beberapa website terkenal masih menyarankan untuk melakukan blogwalking ke tetangga tetangga website untuk mendapatkan tambahan pengunjung receh, kenapa receh? Receh identik dengan uang kecil.

Maksudnya jumlah pengunjung dari hasil anda melakukan blogwalking memang ada akan tetapi tidak signifikan, estimasi saya tidak mencapai lebih dari 100 hasil pengunjung yang terdampak dari blogwalking yang anda lakukan.

Apa anda kuat mengunjungi 200 website dan meninggalkan jejak serta komentar dalam satu hari? Kalo iya dan kuat, salut dengan endurance anda dalam menjadi blogwalker.

Menentukan niche Blog

Niche merupakan salah satu kata yang banyak diumbar oleh blogger yang menulis tentang kiat untuk membuat blog. Niche merupakan kebalikan dari gado gado (dalam istilah blogger).

Jika blog gado gado mengulas berbagai macam tema mulai kuliner, blog, otomotif, burung, cinta, berita, property, kesehatan, maka blog niche adalah spesifikasi pemilihan tema untuk website yang dikelola.

Misalnya khusus membahas tentang rajut, atau hanya membatasi tulisan tentang sepeda motor, contoh kondang blog terkenal khusus motor yaitu iwanbanaran, tmcblog, warungasep dan lain sebagainya.

Mempraktekkan ilmu yang didapat dengan menuangkan dalam tulisan

ciri-blogger-pemula

Hal ini pernah saya ulas sedikit yaitu semangat blogger dalam belajar bagaimana caranya membuat website jadi seo offpage, kiat membuat tulisan yang kuat di seo onpage, atau membuat konten dengan riset keyword.

Akan tetapi semua hal diatas hampir tidak ada gunanya kalau hanya dibaca saja tanpa pernah dilakukan praktek penulisan.

Tentunya maksud praktek penulisan disini yaitu mempraktekkan ilmu yang didapat dari membaca di website terkenal dan kemudian mengaplikasikannya pada website maupun postingan yang dibuat.

Content is the king

Nah ini dia puncak dari kiat dalam membuat artikel, yaitu tulisan adalah raja atau yang terkenal dengan ungkapan content is the king.

Saat ini para pakar menempatkan kata user experience atau pengalaman pengguna dalam berinternet.

Dengan istilah ini banyak merusak teknik SEO onpage atau offpage dan juga membuat blogger berlomba untuk membuat tulisan yang lengkap serta informatif.

Bagaimana sih maksud content is the king?

Yaitu suatu postingan yang dapat memuaskan pembacanya.

Bagaimana bisa puas? Mestinya pembaca tidak tertipu dengan tulisan anda (klikbait misalnya, judul berbeda dengan isi).

Contoh artikel diberi judul “Heboh ditemukan Ular terbesar di Dunia di Kalimantan” ternyata isian dalam tulisan ini hanya ular biasa saja.

Selanjutnya konten yang baik yaitu pembaca menikmati informasi yang disampaikan dan membaca dengan seksama alias tidak skimming, hal ini terjadi karena keahlian penyusunan bahasa yang enak, informasi yang sangat berguna serta pemilihan gambar ilustrasi yang baik.

Ada yang mengatakan kalau panjang tulisan berpengaruh terhadap tangkapan google di page one atau halaman muka sukur peringkat satu dan dua serta tiga.

Tapi saya pribadi relatif tidak setuju dengan artikel yang dibuat panjang karena maksa. Sehingga kesannya malah banyak kata kata tambahan yang seharusnya tidak perlu dimuat.

Kalau memang sudah habis informasi yang disampaikan ya sudah tidak perlu maksain, kecuali anda ahli mengolah kata yang dapat membuat tersenyum manis pembacanya.

Secara umum itulah kiat yang biasa disampaikan atau ditulis oleh para blogger medioker, yaitu cara cara yang umum standar untuk meningkatkan jumlah traffic pengunjung dari mesin pencari atau organic visitors.

Ya memang itulah caranya, jadi kalau anda pengen meningkatkan jumlah visitor pada blog anda, silakan di praktekkan.

Itu saja ulasan saya tentang alasan blogger medioker kebanyakan membuat tulisan tentang tips ngeblog yang dapat dianggap sebagai sedekah informasi berdasarkan pengalaman. Pepatah Jawa mengatakan experience is the best teacher.

Salam blogger, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

monggo silakan komen atau tanya

Silakan berkomentar

%d blogger menyukai ini: