Cara Optimasi gambar blog untuk menaikkan ranking dan menurunkan bounce rate


Gambar bisa memberikan beribu dan berjuta makna bagi konten yang anda buat jika relevan dengan post anda.

Pertanyaannya, bagaimana caranya suaya gambar ini bukan hanya sebagai pemanis dan pelengkap informasi saja.

Juga bisa menjadikan situs anda naik secara peringkat pada mesin penelusur baik yahoo bing yandex maupun yang paling populer yaitu google.

Berikut tips sederhana dan ringan serta praktis dan mudah dipraktekkan pada situs anda.

Menambahkan alt pada gambar

Memanglah google dan mesin pencari lainnya adalah mesin yang cerdas dan pintar dalam menganalisa.

Akan tetapi itulah tetap berupa mesin, bukan manusia, jadi anda perlu menambahkan keterangan gambar yang anda unggah.

Baca : cara mendapatkan pengunjung secara cepat untuk blog yang masih baru

Yang paling utama anda lakukan yaitu memberi keterangan pada alt di gambar yang anda unggah supaya google bisa memahami maksud secara tepat gambar apa yang anda ingin sampaikan melalui image tersebut.

Penempatan gambar diatas judul konten

Neilpatel telah melakukan percobaan dan penelitian tentang penempatan gambar di atas atau awal postingan.

Dari riset yang telah dilakukan ternyata ada perbedaan penempatan di awal post apakah itu berupa artikel ataupun gambar.

Perbedaan tersebut terletak pada model konten yang anda buat.

menurunkan bounce rate website

Apabila tulisan atau konten yang anda buat berupa produk yang hendak dijual maka gambar perlu dimuat pada awal atau diatas sebelum tulisan.

Ini karena seseorang yang ingin suatu produk memerlukan informasi grafis tentang barang yang hendak dia ketahui.

Baca : cara menurunkan bounce rate website

Sehingga keberadaan gambar di awal atau  ditempatkan sebelum atau setelah judul konten diperlukan kehadirannya.

Jika konten anda berupa informasi, kiat, tips, maka jangan letakkan gambar muncul pertama kali saat konten dibuka.

Berbeda tipe dengan konten yang memuat produk, orang yang mencari informasi perlu disajikan terlebih dahulu keterangan yang diinginkan (teks/tulisan).

Kondisi ini membuat penempatan gambar di tengah atau bukan pada awal post merupakan cara yang bijak untuk memberikan pengalaman terbaik orang membaca konten anda.

Dan di keterangan neilpatel bahwasanya berbagai konten informasi yang dia buat mengalami penurunan bounce rate karena pengubahan letak gambar yang semula diatas menjadi pada tengah post.

Karena artikel yang dia buat berbentuk kiat tips dan informasi.

Gambar sebagai pelengkap informasi

Adakalanya orang hanya sekedar memberi gambar asal sebagai pemanis pada tampilan website (seperti blog saya yang mendapat beberapa komentar tentang model yang dipakai).

Gambar yang menunjang konten dibuat adalah memberikan informasi yang praktis dan singkat serta padat hanya dengan melihat image yang terpasang

Baca : Saingan blogger dalam menulis konten di internet

Contoh gambar yang melengkapi teks seperti grafik, komparasi tampilan, sebelum sesudah, maupun ilustrasi langkah melakukan sesuatu.

Gambar yang original dan asli

Seorang ahli seo dari Amerika bernama Brian Dean pendiri backlinko memberikan tips bahwa gambar yang original akan lebih berdampak baik pada website anda.

Memang banyak situs penyedia gratis yang memberikan gambar menarik untuk dipasang pada blog anda.

Contohnya seperti pixabay, pexels, wikipedia maupun freestocks.

Meskipun begitu, berdasarkan asumsi bahwa google menyukai sesuatu yang original, asli alias tiada duanya pada dunia maya, maka Brian Dean memberikan saran kepada anda untuk memakai gambar anda sendiri.

gambar orisinil lebih bagus untuk SEO Blog

Gambar original saat ini mudah didapat dengan cara foto melalui hape anda, membuat gambar dengan corel draw ataupun photoshop.

Dengan keberadaan gambar yang original maka situs anda akan lebih spesial karena tidak ada blog lain yang mengunggah gambar seperti milik anda (kecuali dia ngembat pic anda dari website).

Nah itulah saran sederhana dan bisa dipraktekkan dalam optimasi gambar dalam rangka menaikkan situs website anda pada peringkat google dan bersaing dengan ribuan dan jutaan artikel yang dipublish setiap hari.

Kesimpulan

Untuk mengoptimalkan gambar dalam rangka menaikkan peringkat di google dan menurunkan bounce rate maka berikut diantaranya yang perlu anda lakukan.

Jangan pernah lupa untuk memberikan keterangan pada alt gambar dengan informasi yang berkaitan dengan judul konten  yang anda buat.

Penempatan berbeda untuk judul post berupa produk dan berisi informasi tutorial ataupun tips dan kiat dapat menurunkan tingkat pentalan pembaca.

Gambar yang menambah kemudahan memahami teks akan semakin membuat pembaca bertahan lama di situs anda, dan dampaknya adalah penurunan bounce rate serta semakin bagus konten anda di mata google.

Ahli seo dari Amerika menyarankan untuk memakai gambar yang original asli guna lebih memaksimalkan potensi situs anda dalam persaingan di mesin penelusuran.

Tetap semangat dan rajin menulis. Salam blogger.

monggo silakan komen atau tanya

2 comments on “Cara Optimasi gambar blog untuk menaikkan ranking dan menurunkan bounce rate

Pantas akun ini selalu pakai gambar sendiri, bukan artis. walaupun nggak tau wanita cantik mana yg jadi modelnya tapi yg pasti original.

Reply

Modelnya ya dp temen temen ama poto poto yang di upload lewat grup wa.. Kadangkala hasil jeprat jepret hape kesana kesini sedapetnya.

Resikonya kadang ada yang nggedumel.. Minta kompensasi… Kirim kaos dah 😀

Reply

Silakan berkomentar

%d blogger menyukai ini: