Parameter Ukuran Blogger disebut pemula dan Ahli alias mastah

blogger newbie mastah

pontren.com – assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, salam blogger saudara saudara se profesi penggemar menulis di kanvas hape atau komputer. Tentunya anda sudah mengenal istilah newbie dan mastah.

Newbie singkatnya sebutan untuk pemula sedangkan mastah adalah panggilan yang dinisbatkan kepada orang yang dianggap ahli pada bidangnya.

Kali ini saya akan mencoba memetakan seorang blogger masuk dalam kategori sebagai pemula atau dimasukkan dalam kelompok para ahli.

Tentunya pendapat ini sangat bisa diperdebatkan karena berdasarkan asumsi pribadi dan dengan tolak ukur tertentu menurut ego pikiran saya.

Untuk lebih memudahkan dalam menulis, saya akan memulai mengukur dari seseorang dapat disebut sebagai ahli atau mastah pada dunia website alias blog baik di wordpress atau penyedia layanan lainnya.

Ukuran saya menganggap seorang ahli di dunia website mengacu kepada 3 hal yaitu kehebatan mendatangkan pengunjung di websitenya, keahlian mendapatkan uang melalui blog dan kedalaman pengetahuan dalam dunia tulis menulis serta ilmu SEO.

Mari kita ulas satu persatu.

blog-dikunjungi-ribuan-visitor

Pertama adalah kehebatan dalam mendapatkan pengunjung yang bejibun pada website atau blog yang dikelola.

Tentunya akan sangat naif jika seorang blogger disebut mastah kalau website miliknya hanya mendapatkan pengunjung ratusan perhari.

Trus berapa batasan pageviews atau visitor seorang blogger disebut mastah? Saya pribadi menganggap seseorang adalah mastah dalam dunia blogger jika mampu meraih pageview setidaknya 20.000 (duapuluh ribu) tampilah perhari untuk blog yang dikelola.

Tidak peduli itu satu blog, atau dua atau berapapun yang jelas akumulasi dari website yang dikelola miliknya mencapai tampilan setidaknya dua puluh ribu perhari.

Kenapa batasannya 20 ribu? Tidak yang lain?

Asumsi yang saya pakai, dengan tampilan sejumlah dimaksud tadi, jika terpasang google adsense tentunya setiap bulan sudah bisa PO alias mendapat transfer apapun tema atau niche maupun blog gado gado.

Bagaimana jika masih dibawah jumlah ini?

Kemungkinan dengan jumlah kunjungan 10 ribu perhari juga bisa iya bisa tidak mendapatkan ambang batas penghasilan dari iklan, tergantung niche yang dipergunakan. Namanya juga mastah atau ahli, jadi harus pasti dalam standar pendapatan alias tiap bulan bisa gajian.

Memangnya ada blogger Indonesia yang mendapatkan kunjungan stabil diatas 20 ribu setiap harinya?

Entah relatif banyak atau sedikit, ada beberapa yang saya ketahui memiliki website ramai dikunjungi misalnya iwanbanaran, salamadian, ainamulyana.blogspot, maxmanroe, omkicau dan lain sebagainya.

Kedua, pengasilan memadai dari kegiatan ngeblog. Bisa jadi blog yang dikelola belum mencapai 20 ribu pagevies saban hari, akan tetapi mampu menghasilkan penghasilan yang baik.

penghasilan-blog-diatas-UMR

Ukuran penghasilan yang baik bagaimana? Apakah PO google adsense setiap bulan? Bisa iya bisa tidak.

Standar yang saya gunakan adalah pengasilan yang dapat menopang kehidupan pribadi atau keluarga.

Jadi setidaknya dari ngeblog ini mendapatkan penghasilan berdasarkan Upah Minimum Regional, sedangkan batasan minimal PO adsense di Indonesia adalah 1.300.000,- (sejuta tiga ratus).

Jadi menurut saya walau PO tiap bulan kalau belum mencapai penghasilan UMR belum dapat dikelompokkan pada kategori para mastah.

Emang ada blog yang dibawah 20 ribu tapi penghasilannya banyak?

Tentunya ada, yaitu blog yang mencari penghasilan melalui program selain iklan, misalnya jualan tema wordpress atau blogger, toko online, jual jasa internet (tulisan, optimasi SEO, jasa instalasi website, kursus online, dll).

Meskipun seandainya pengunjungnya hanya 5.000 perhari tapi jika dalam satu bulan dari blog yang dikelola mampu menghasilkan uang diatas UMR maka saya akan dengan senang hati memanggil beliau mastah karena keahlian dalam mencari uang melalui internet.

Ketiga, ahli bidang SEO dan internet, adakalanya tulisan yang sangat berkualitas dan bermanfaat tidak selalu memiliki pengunjung yang datang, hal ini karena sangat spesifik dan detil pembahasan yang diulas, tidak semua orang memahami.

mastah-seo-blog-website

Orang atau blogger seperti ini menurut saya masuk dalam kategori TOT alias Tutor of Tutor, yaitu orang yang mengajar para pengajar.

Dengan begitu meskipun blog yang dikelola tidak terlalu ramai akan tetapi menjadi rujukan para blogger ahli dalam mendapatkan informasi dan menyelesaikan problematika dalam kendala yang dihadapi saat merawat website.

Terus terang saya lupa apa nama blognya, kompiajaib, strukturkode.blogspot sepertinya termasuk dalam kategori ini.

Nah itulah parameter yang menurut saya menjadi ukuran seseorang disebut dengan blogger mastah.

Sekarang ngobrolin mengenai blogger pemula atau newbie,

Singkatnya bukan dari salah satu ketiga pengelola website diatas, dan jenjang tingkatan blogger newbie ini sangat beragam, ada yang baru mulai alias sama sekali blas belum mengenal blog, ada yang sudah aktif dalam menulis, juga sedang menjauh dari predikat blogger pemula.

Dari berbagai artikel tulisan para blogger yang membuat tutorial dan kiat dalam ngeblog, setidaknya terdapat ciri ciri seseorang masuk dalam kategori blogger newbie alias pemula.

Pertama, tentunya jumlah visitor dan pageview, untuk pemula tentunya belum banyak, masih kisaran ratusan atau bahkan puluhan perhari, itupun banyak pengunjung yang rekannya di grup whatsapp blog karena kearifan teman melakukan blogwalking alias bukan pengunjung organik.

pageview-blogger-ratusan

Kedua, suka copas alias copy paste, karena mentok bingung mikir posting apa maka mengambil jalan pintas dengan copy paste artikel atau tulisan dari apa saja yang dianggap dia menarik.

Ketiga, suka gonta ganti tampilan blog. Banyak blogger pemula yang sibuk dengan tampilan blognya, entah ganti tema, pasang widget, coba ubah warna, tambahin jam, bikin kelap kelip, bentuk tulisan dan lain lain.

Keempat, asal tulis. Yaitu membuat tulisan asal-asalan yang penting blog ada isinya. Meskipun asal tulis ini bukan hal yang terlalu buruk untuk pemula tapi juga bukan hal yang disarankan, namanya juga asal asalan khan.

Blogger terkenal sugeng sampai menyebut (saya lupa apa blogger pemula atau pemalas) bahwa 2 hal buruk yang dilakukan blogger yaitu kalau tidak copas ya asal nulis.

Kelima, terlalu banyak baca kiat ngeblog tapi minim praktek nulis. Bagi orang yang baru atau awal belajar menulis di internet tentunya akan berusaha belajar melalui blog blog terkenal yang memberikan cara supaya banyak mendapat pengunjung.

ciri-blogger-pemula

Akan tetapi hal ini juga menjadi preseden buruk disaat dia terlalu banyak membuka buka website tentang cara bikin blog atau tulisan tapi minim dalam melakukan praktek apa yang telah dibaca.

Kalau dalam pepatah arab yang artinya dalam bahasa Indonesia ilmu tanpa amal bagaikan pohon tanpa buah.

Jadi kebanyakan belajar tapi tidak pernah mempraktekkan atau minim segera mengamalkan apa yang telah dia baca.

Keenam, entah berapa kali buka halama visitor atau statistik dalam sehari, mungkin lebih banyak dari jumlah makan dalam satu hari, lebih parah bisa bisa setiap tiga jam buka statistik, apalagi kalau sehabis posting artikel dan beberapa menut habis blogwalking.

Bagaimana kalau ada blogger yang sudah memiliki pengunjung ribuan, misalnya kisaran 5.000 visitor atau pageview? Masuk dalam kategori mana?

Tentunya seorang blogger yang sudah mencapai tahap ini belum masuk dalam kategori mastah kecuali anda mendapatkan penghasilan diatas UMR, akan tetapi lumayan anda sedang proses meninggalkan dunia newbie alias pemula.

kebiasaan-blogger-newbie

Saya meyakini seorang blogger yang memiliki pengunjung ribuan sudah meninggalkan dunia asal nulis dan copas (minimal dia rewrite), tidak terlalu sering gonta ganti tema atau utak atik pasang copot widget, termasuk mulai menggunakan riset untuk membuat artikel.

Dan dia juga termasuk orang yang membaca cara ngeblog dan mempraktekkan ilmu yang diserapnya, kalau engga, kemungkinan visitornya relatif ratusan saja perhari.

Dan saya juga meyakini jika seorang blogger sampai pada taraf ini sudah memiliki konsistensi dalam menelurkan artikel, entah harian ataupun mingguan.

Bagaimana dengan sampean? Saya? Kalau saya sih termasuk blogger yang sudah lama malang melintang di dunia blog tapi masih newbie hehehe. Dimulai tahun 2017 awal, kisaran bulan januari sampai sekarang, ya 3 tahun lebih.

blogger-cantik

Lha saya masih newbie nih, bagaimana? Tenang saja, akeh kancane, tergantung apa tujuan anda ngeblog, hanya untuk menyalurkan hobi? Suka menulis? Suka berbagi? Sarana curhat? Pengganti diary? Yang jelas jika anda bukan pengejar traffic, anda tidak perlu mengkhawatirkan apapun.

Demikian pemetaan saya tentang penyebutan seseorang disebut sebagai ahli atau mastah dalam blog website atau wordpress dan kategori blogger dalam kelompok newbie atau pemula.

Sugeng dalu codao wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

loading...

22 Comments on “Parameter Ukuran Blogger disebut pemula dan Ahli alias mastah”

  1. kalo ngomongin adsense itu bisa tergantung sama bulan. pengunung biasa aja tapi bulannya desember pasti bagus-bagus aja penghasilannya.

    pengunjung banyak tapi dijanuari, waah agak seret itu.
    tapi 20k perhari bisa banget PO perbulan. tapi kalo bulan harga iklan nggak bagus agak tipis tuh. tapi disyukuri aja.

    waaahhh saya sih bloger amatir lah

    1. Baru tau kalau ada musim bayaran tinggi dan musim kering di adsense. Kirain stabil harga setiap bulannya.

      Amatir yang sudah pasang adsense sejak zaman dahulu kala???

    1. Bukan salah satu yang diatas? Salah tigakah? Heheheee…

      Capek mbak kalau mau ngejar rupiah lewat blog. Beraattt… Biar dilan sajaa…..

      Pengen beralih mengejarmu ajaaaaaah…..

  2. Baca ini saya jadi mikir nih Mas.
    Sudah lama saya ngeblog, tapi visitor gak sebanyak yang disebutkan diatas.
    Jadi saya masuk kelompok mana ya?
    Blogger tua yang tetap newbie kali…hehehe

    Kunjungan pertama nih Mas, sambil berkenalan dulu deh…

    Salam dari saya di Sukabumi

    1. salam kenal juga mas titik Asa. blogger senior tapi visitor belum sebanyak yang saya tulis? kalau 20 ribu perhari mah juga banyak yang belum mencapainya bahkan blogger yang termasuk aktif sekalipun. saya juga nyeri kalo lihat pengunjung di dasboard saya.

      mungkin masuk dalam kategori blogger bukan pengejar traffic saja mas, blogger yang menebar manfaat tidak fokus terhadap pengejaran kunjungan. hehehe…

      1. Mungkin tepatnya hanya blogger yang cuma menulis saja. Harapannya sih moga ada manfaatnya bagi pembaca, tapi sekadar menghiburpun itu sudah bagus.

        Apapun, mari tetap nulis dan berbagi dalam media blog.

        Salam,

Silakan berkomentar