Kerata Basa Bapak Piring Dongeng Januari Tuladha Ukara Contoh

Kerata Basa Bapak Piring Dongeng Januari

Tegese tembung kerata Basa Bapak Piring Dongeng Januari tuladha ukara contone tuladhane contoh kalimat beserta artinya dalam Basa Jawa terjemah kedalam Bahasa Indonesia.

pontren.com – assalaam’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, dalam Bahasa Jawa tetembungan sing diudhari utawa dipirit, nanging dadi mathuk karo kekarepane diarani kerata Basa. Kerata basa uga diarani asal usul tegesing tembung.

Artinya adalah ungkapan yang dijabarkan sehingga menjadi sesuai dengan maksudnya. Kerata basa Juga disebut dengan asal usul arti makna kata.

Berikut ini adalah tuladha ukara contoh kalimat tembung kerata Basa dalam Bahasa Jawa

Kerata Basa Bapak

Kerata Basa Bapak yaiku bap apa-apa pepak (tegese akeh pengalamane).

Artinya dalam hal apa-apa lengkap. Jadi seorang bapak merupakan orang yang memiliki banyak pengalaman sehingga bisa mengatakan lengkap mengenai hal apapun.

Tentunya juga tidak lengkap menguasai semuanya, namun apabila berbanding dengan pengalaman anak-anak maupun yang lebih muda tentu lebih mumpuni pengetahuannya.

Dalam kamus bahasa Jawa tegese bapak yaiku rama, bapa, yang artinya adalah ayah.

Tuladha ukara, Bapak tindak peken sade topi, artinya adalah bapak pergi kepasar jual topi.

Kerata Basa Piring

Kerata basa piring yaiku sepi yen miring, artinya senyap apabila (posisinya) miring.

Artinya apabila posisi piring ini sedang miring pertanda berada pada tempat penyimpanan saat sedang tidak dipergunakan. Sehingga keadannya tidak bersuara karena tidak beradu dengan sendok.

Hal inilah yang membuat senyap tidak bersuara karena posisi piring yang miring berarti tidak sedang dipergunakan.

Piring yaiku piranti kanggo mangan kang bentuke roto rodo legok kanggo ndokok panganan. Biasane bahane saka kaca, rotan, porselen, watu, plastik lan bisa uga saka bahan liyane.

Sebagaimana kita tau piring merupakan alat makan yang berbentuk datar dengan ada cekungan tempat menyajikan makanan, lazimnya terbuat dari bahan kaca, rotan, porselen, plastik, batu, besi stainless dan lain sebagainya.

Tuladha ukara, aku njupuk piring kanggo sarapan, artinya adalah saya mengambil piring untuk makan pagi.

Kerata Basa Dongeng

Kerata Basa Dongeng yaiku dipaido ora mêngèng artinya adalah tidak percaya juga tidak dilarang.

Jadi kata paido artinya adalah ora ngandel, artinya tidak percaya, sedangkan mengeng asale saka tembung pengeng yang artinya adalah melarang, maksudnya apabila tidak percaya (dengan cerita dalam dongeng) maka juga tidak ada yang melarang.

Bahkan dalam Bahasa Jawa memberikan pengertian dongeng dengan crita karangan utawa ngayawara, yang artinya adalah kisah buatan atau sesuatu yang dibuat buat, maksudnya tidaklah nyata.

Tuladha ukara, aku ngrongokne dongeng kancil nyolong timun, artinya saya mendengarkan dongeng kancil mencuri mentimun.

Kerata Basa Januari

Kerata Basa Januari yaiku udan saben ari, utawa hujan saben hari, yang artinya adalah hujan sehari hari.

Sebagaimana lazimnya kita tau saat bulan pertama dalam kalender tahun Syamsiyah yaitu Januari lazimnya masuk dalam musim penghujan.

Menjadikan tanah jawa mendapatkan curah hujan yang banyak sehingga muncullak kerata Basa Januari udan saben ari utawa hujan saben hari.

Tuladha ukara, kancaku laire ana ing wulan Januari, artinya temanku lahir pada bulan Januari.

Demikianlah informasi tentang tegese tembung kerata Basa Bapak, piring, dongeng, lan Januari, beserta contoh kalimat, tuladhane ukarane dan arti Terjemahnya dari Basa Jawa kedalam Bahasa Indonesia.

Maturnuwun sudah mampir, salam kenal dan wassalamu’alaikum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *