Tegese Entheng Tangane Tuladha Ukara Kalebu Tembung Entar

Tegese Entheng Tangane Tuladha Ukara Kalebu Tembung Entar

Tegese entheng tangane yaiku cengkiling, seneng milara, mara tangan, seneng nglarani artinya ringan tangan, suka memukul, senang menyakiti, untuk tuladhane ukarane contoh kalimat dalam Bahasa Jawa sebagaimana berikut ini, kalebu jenise tembung entar.

pontren.com – assalaamu’alaikum, bisa juga mempunyai arti atau ateges seneng tetulung, suka menolong, namun dalam Bahasa Jawa lebih cenderung kepada arti yang pertama yaitu mudah menyakiti secara fisik.

Wilujeng dalu selamat malam para pembaca internet khususnya pelajar pada Sekolah Dasar maupun Madrasah Ibtidaiyah serta SMP dan MTs.

Kali ini kita akan membahas tembung entar bahasa Jawa kang ateges wong seneng mara tangan, nglarani, cengkiling yang artinya yaitu suka memukul, menyakiti. Dalam Bahasa Indonesia padanan ungkapan yang pas artinya yaitu ringan tangan.

Untuk arti cengkiling tegese yaiku sênêng mara-tangan (nabok, ngantêm lan sak piturute). Adapun arti cengkiling adalah suka ringan tangan (menampar, memukul dan lain sebagainya).

Secara terjemah harfiah, entheng tegese yaiku mayar, ora rêkasa, ora bangêt (tumrap lara). Maknanya yaitu mudah, tidak sulit, tidak sangat (dalam hal sakit).

Sedangkan tangane tegese yaiku perangane awak kang gunane kanggo nyekel, artinya adalah bagian tubuh manusia yang fungsinya untuk memegang.

Dalam bahasa Indonesia ringan tangan mempunyai dua arti. Yang pertama makna secara positif yaitu suka menolong, mudah membantu orang lain. Sedangkan makna satunya lagi yaitu arti yang negatif artinya yaitu sebagaimana dalam Bahasa Jawa mudah memukul, suka menyakiti secara fisik.

Tuladha Ukara Entheng Tangane contoh Kalimat dalam Bahasa Jawa

Gawea tuladha ukara tembung entar kang ateges cengkiling, seneng mara tangan, seneng nglarani!
Buatlah contoh kalimat tembung entar yang mempunyai arti suka memukul dan menyakiti secara fisik!

Dasar Parmin lan Agustinus bocah entheng tangane, ditakoni ngono war langsung njambak. Artinya yaitu dasar si Parmin dan Agustinus anak yang ringan tangan, ditanya begitu langsung menjambak rambut.

Contoh lainnya tuladha ukara tembung entar wong gampang mara tangan yaitu sebagai berikut ini.

Agustinus senengane mara tangan, nek ora ngantem yo nabok, artinya agustinus suka ringan tangan, kalau tidak menghantam (memukul) ya menampar.

Demikianlah informasi tentang tegese tembung entar entheng tangane. Yang artinya yaitu ringan tangan lengkap dengan contoh tuladha ukara beserta arti dan terjemahnya kedalam Bahasa Indonesia.

Terima kasih sudah mampir, salam kenal dan wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top