Wujude Agal Glepung Tegese Tuladha Ukara

Share

wujude agal glepung tegese yaiku lembut banget, alus, kalebu unen unen basa Jawa jenise tembung sanepa. Tuladha ukara contoh kalimatnya yaitu : Jenange enak, lembut agal glepung.

pontren.com – assalamualaikum wa rahmatullah wa barakatuhu, wilujeng enjang selamat pagi para pelajar SD SMP SMA di sekolah maupun madrasah.

kali ini kita akan membahas ungkapan bahasa jawa yang berarti sangat lembut sekali, sanepa basa Jawa kang ateges lembut banget yaiku agal glepung.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwasanya sanepa merupakan ungkapan pemisalan Bahasa Jawa yang memiliki arti menyangatkan sesuatu.

namun dalam menyangatkan sesuatu menggunakan kata sebaliknya.

dalam hal ini menekankan kelembutan atau begitu lembutnya dalam bahasa Jawa memakai tembung agal.

dalam bahasa jawa agal yaiku ora lembut, kasar, wadhag, yang artinya yaitu kasar, tidak lembut.

kemudian kata yang mengikuti tembung agal yaitu glepung.

glepung yaiku bubukan gandum lan sak piturute sing lembut banget. ARtinya bubuk gamdum ataupun yang lainnya yang sangat lembut sekali.

dengan pemilihan kata yang berkebalikan ini (kasar bubuk gandum), maka ungkapan ini masuk dalam kategori jenis tembung sanepa.

Tuladha Ukara Agal Glepung

wujude agal glepung

semisal ada soal pertanyaan bahasa Jawa saat ulangan atau ujian semester meminta sampean memberikan contoh kalimat menggunakan tembung sanepa sebagaimana judul artikel.

Wenehana utawa gawea tuladha ukara nganggo tembung wujude agal glepung (sanepa).

maka carilah sesuatu hal yang sangat lembut sekali, contohnya jenang, gudir, dan lain sebagainya.

tentu bukan hanya makanan saja yang bisa anda jadikan sebagai contohnya dalam kalimat. Bisa juga hal lain yang begitu lembut atau halus semisal kapas, kasur kain dan lainnya.

namun saya kira yang paling pas ya sebagai pemisalan makanan.

berikut adalah contoh kalimat tembung saloka kang ateges lembut banget.

Simbah dhahar gudir kang wujude agal glepung. Arinya kakek atau nenek memakan agar-agar yang sangat lembut sekali (pake banget).

demikianlah tuladha ukara sanepa basa Jawa kang ateges lembut banget yaiku wujude agal glepung, lengkap dengan contoh kalimatnya serta arti kata dalam tembung sanepa ini.

terima kasih sudah mampir, salam kenal, semoga bisa membantu memudahkan mengerjakan soal ujian pertanyaan LKS maupun ulangan semeter untuk siswa SD SMP SMA maupun santri Madrasah MI MTs dan Aliyah. Wilujeng enjang, wassalamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *