Mripate Liyep Lindri Tegese, Tuladha Ukara

Candraning manungsa mripate bathuke lakune irunge

Mripate liyep lindri tegese yaiku mripat kang ciyut radha merem ananing katon manis endah nengsemake, artinya mata yang sipit seperti agak merem namun tampak manis, menarik dan membuat senang yang memandangnya.

pontren.com – assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, wilujeng sonten selamat sore para pembaca interenet, kali ini kita akan membahas ungkapan pujian untuk bagian tubuh manusia yaitu mata dalam bahasa Jawa.

ungkapan dalam judul ini masuk dalam kategori jenis tembung panyandra perangane awak, yaitu ungkapan pujian untuk bagian tubuh yang menarik.

dalam khazanah bahasa Jawa ada beberapa ungkapan pujian untuk alat penglihatan atau mata ini semisal ndamar kanginan, seperti thinthir yang kena angin, apinya kesana kemari.

Ada juga pujian yang berbunyi blalak blalak, mata belok yang bergerak kesana kemari.

dan uniknya untuk ungkapan kali ini malah ngalem atau memuji mata yang bentuknya berlawanan dengan mata lebar.

Dalam bahasa Jawa tegese liyep yaiku ciyut rada mêrêm tumrap mata (nanging katon manis). Artinya adalah sempit atau sipit agak merem untuk indera penglihatan namun nampak manis.

adapun tembung lindri juga mempunyai arti yang sama, tegese lindri yaiku ciyut nanging endah nêngsêmake tmr. mata, pamandêng.

Jadi kata liyep dan lindri memiliki makna sama yaitu mata yang ciut nyaris seperti merem, namun tampak manis elok menyenangkan yang melihatnya.

Mungkin bayangan saya mata model seperti ini sebagaimana miliknya Hana Pertiwi yang menjadi pemeran suara sandiwara radio jaman dahulu dan pernah menyanyikan lagi “mana kupercaya”.

Tegese mripate liyep lindri tuladha ukara contoh kalimat (tembung panyandra)

Tentunya contohnya dalam kalimat atau tuladha ukara dalam bahasa Jawa ini berupa ngalem atau pujian keindahan mata.

mungkin saja karena pemilik mata model beginian adalah para ras kuning alias bangsa Mandarin korea ataupun Jepang yang memiliki kulit yang putih mulus.

karena terbawa dengan suasana kulit yang putih ini membuat tampilan mata sipit (namun manis) menjadi bentuk mata yang bagus menurut orang Jawa.

Oh iya, contoh kalimat tuladha ukara sebagai berikut ini.

Aku seneng nyawang wongJepang amarga mripate liyep lindri. Artinya adalah saya suka memperhatikan orang jepang karena matanya yang sipit namun tampak manis.

demikianlah sekedar pembahasan tentang tembung panyandra mripate basa jawa beserta arti dan terjemahnya, lengkap contoh kalimat tuladha ukara.

maturnuwun sudah mampir, wilujeng sonten dan wassalamu’alaikum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *