Tegese Aja Cedhak Kebo Gupak Tuladha Ukara Kalebu Jinise

Tegese aja cedhak kebo gupak yaiku ojo Cêdhak karo wong ålå bakal katut ålå artinya dekat dengan kerbau kena kotor maknanya yaitu berdekatan dengan orang tidak baik menjadi ikutan berperilaku buruk atau jahat (seperti temannya) gawea tuladha ukara kang kalebu jenise unen unen tembung saloka iki!

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, salah satu unen unen salokane basa Jawa kang ateges utawa nduweni teges cedhak karo wong ala bakal katut ala yaiku Cêdhak kêbo gupak.

Meskipun begitu masih ada ungkapan peribahasa Basa Jawa lainnya yang memiliki arti dan maknya yang sama yaitu cedhak celeng bolote.

Namun kita akan membahas tentang yang pertama yaitu hewan kerbau apabila kita dekat maka akan kena hal kotor.

Kerbau merupakan hewan yang suka berkubang di air ataupun tanah.

Cedhak Kebo Gupak

Tentunya perilaku berkubang ini membuat dirinya penuh dengan tanah bercampur air.

Singkatnya bermandikan hal yang tidak bersih.

Perilaku hewan kerbau (kebo – Basa Jawa) merupakan gambaran atau kiasan bagi orang – orang yang memiliki perilaku tidak baik, bisa berupa perkataan buruk (misuh, mencela sekenanya) perbuatan melanggar aturan Agama negara susila tata krama (mencuri, memalak, dll).

Karena banyaknya perbuatan yang menyalahi aturan ini menjadikan kerbau yang berkubang lumpur sebagai gambarannya.

Kemudian apabila ada orang atau apapun itu berdekatan dengan hewan berkaki empat dengan tanduk melengkung maka akan kena setidaknya cipratan lumpur atau tanah karena gerakan kerbau.

Apalagi jika sampai menempel, tentunya dia juga akan menerima tanah lumpur yang ada di badannya.

Tegese Cedhak Kebo Gupak Gawea Tuladha Ukara Contoh Kalimat dan artinya

Cedhak tegese yaiku kosok baline adoh, maknane ora adoh, memiliki arti dekat, akrab dan lain sebagainya.

Kebo yaiku kewan sikile papat panganane suket duwe sungu kaya banteng, biasane diingu bisa didol utawa dibeleh dipangan daginge.

Artinya adalah hewan berkaki empat, makanannya rumput, memiliki tanduk seperti banteng. Biasanya dipelihara untuk dijual atau disembelih untuk dikonsumsi dagingnya.

Gupak tegese yaiku kena regetan artinya adalah kena barang yang kotor.

Jadi sudah jelas maksudnya adalah dekat dengan kerbau maka akan kena kotor karena hewan ini menyukai berkubang pada lumpur yang bercampur air, baik saat berada di sawah ataupun tempat perkebunan persawahan dan hutan.

Akibatnya apabila ada orang yang dekat dengannya akan kena lumpur tanah yang ada di badan kerbau ataupun cipratan karena gerakannya.

Pemisalan atau kiasan orang yang buruk jahat perangai kejam akan memberikan dampak tidak baik bagi orang yang ada di dekatnya.

Gawea tuladha ukara contoh kalimat dan artinya dalam basa Jawa!

Aja runtang runtung karo Agustinus amarga nduwe wateg kaya Sengkuni, cedhak kebo gupak. Artinya yaitu jangan kesana kemari (akrab) dengan Agustinus, karena memiliki sifat seperti Patih Sangkuni, dekat dengan kerbau kena kotor.

Demikian informasi kali ini, kali saja bisa membantu para pelajar SD SMP SMA maupun siswa di Madrasah baik MI MTs maupun Aliyah pada mapel Bahasa Daerah.

Maturnuwun sudah mampir, salam kenal dan wassalaamu’alaikum.

Postingan baru : Kami usahakan Jadwal hari Senin dan Jumat akan ada tambahan postingan artikel baru.Terima kasih sudah menyimak. saran dan kritik serta sumbangan artikel kami tunggu.contact info : cspontren@yahoo.com twitter : PontrenDotCom FB : Gadung Giri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*