Adhang-adhang Tetese Embun Tegese, Kalebu Tembun

adhang-adhang tetese embun tegese
Share

Adhang-adhang tetese embun Tegese yaiku nJagakake barang mung sakoleh-olehe. Menghadang tetesan embun maksudnya adalah mengharapkan barang atau sesuatu sedapatnya, sekenanya, apa saja yang masih tersisa. Kalebu jinise saloka Basa Jawa.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakaatuh, wilujeng siang, kali ini kita akan membahas adhang adhang tetese embun ukara kang kalebu tembun saloka dalam Bahasa Jawa.

Apa sih saloka itu? Pengertiannya secara bahasa Indonesia adalah ungkapan yang mempunyai arti kiasan, sifatnya tetap, dan mengandung ungkapan pengandaian.

Pangertene saloka basa jawa yaiku unen unen kang nduweni tegese irib-irib, memper, sipate ajeg, tetep utawa ora owah, lan ngemu surasa pepindhan iku wonge. Lan iso anggo pepindhan barang utawa kewan.

Adhang-adhang tetese embun Tegese Unen unen tembun Saloka

Untuk lebih jelas mengenai tembun kang kalebu jinise saloka ini maka ada baiknya kita perlu mengetahui arti perkata atau tegese tembun pada unen unen pengandaian ini.

Semisal ada pertanyaan yang berbunyi “Golekana tegese paribasan ing ngisor iki! “ kemudian selanjutnya menyebutkan tembung saloka diatas. Mestinya lebih afdhal jika sampean mengetahui arti setiap kata pada paribasan jenis saloka berikut.

Langsung saja ini dia arti perkata dan terjemahnya dalam Bahasa Indonesia

Adhang adhang tegese yaiku ngadhang, nyegat, kalau dalam bahasa Indonesia sama saja artinya yaitu menghadang, mencegat.

Tetese tegese yaiku saka tembung tetes, yaiku barang arupa cairan (banyu lan sak piturute) kang tiba amarga abot. Maksudnya dalam bahasa Indonesia adalah benda cair (air dan sebagainya) yang jatuh menitik karena berat.

Embun tegese yaiku mbun, yaiku titik-titik banyu kang tiba saka langit, utamane ing wektu bengi utawa wengi. Dalam bahasa Indonesia maksudnya embun adalah titik-titik air yang jatuh dari udara (terutama pada malam hari).

Jadi apabila kita menerjemahkan secara harfiah paribasan tembung saloka ini yaitu mencegat jatuhnya embun (titik titik air yang jatuh dari langit yang biasanya pada waktu malam).

Makna dari saloka ini yaitu mengharapkan sesuatu sedapatnya saja yang dalam saloka ukara unen unene tembung yaiku Adhang-adhang tetese embun Tegese yaiku nJagakake barang mung sakoleh-olehe.

Terima kasih sudah mampir, akhirnya selamat siang, salam kenal dan wassalamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.