Rindhik Asu Digitik Tegese, Kalebu Jenise Tembung, Tuladha Ukara

Rindhik asu digitik tegese yaiku dikongkon pagawean sing cocok karo kang dikarepake, utawa cepet banget banter, lan sakpiturute. Artinya pelan anjing dipukul, maksudnya adalah disuruh mengerjakan sesuatu yang sesuai dengan keinginannya, sangat cepat, kalebu jenise tembung saloka utawa tembung sanepa.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, wilujeng enjang, selamat pagi para pembaca internet, kali ini kita akan serikit mengulas ungkapan Jawa yang bisa masuk kedalam kategori tembung saloka maupun sanepa.

jadi apabila ada soal bahasa jawa yang menanyakan tembung sanepa kang ateges utawa tegese cepet banget yaiku rindhik asu digitik.

ungkapan ini masuk dalam kategori sanepa karena memiliki makn mbangetake (menyangatkan) namun menggunakan kata sebaliknya.

pada ungkapan Jawa ini memiliki arti sangat cepat, respon seketika, tidak pakai lama namun pada kata awalnya memakai kata pelan (rindhik). Jadi itulah sebagai titikane utawa ciri cirine tembung sanepa (mbangetake ananging nganggo tembung kosokbalene).

sedangkan dalam kategori jenise tembung saloka kang ateges utawa nduweni teges dikongkong pagawean sing cocok karo sing dikarepake yaiku rindhik asu rigitik, sama saja dengan ukara tembung sanepa tadi.

dalam ungkapan ini menggambarkan seseorang yang bergerak cepat, responsif, tidak menunggu lama karena disuruh melakukan sesuatu sesuai dengan keinginan dia.

misalnya ada seorang pemuda, dia disuruh Luna Maya untuk menggendongnya jarak 50 meter. Maka kalau pemuda itu sangat ingin melakukannya maka sanepa ini cocok dengan situasinya.

Gawea Tuladha Ukara Rindhik Asu digithik (tembung saloka utawa sanepa)

rindhik asu digitik

semisal ada soal ujian atau ulangan yang menyuruh untuk membuat contoh kalimat tembung sanep atau saloka dengan tema sebagaimana irah irahan (judul) artikel ini, berikut contoh kalimat tuladha ukarae.

Kang Parimin dikongkon juragane njupuk duit ana ing warung sebelah, banjur langsung mangkat lakune kaya rindhik asu digitik.

artinya, Mas Parimin disuruh bossnya mengambil uang di kios sebelah, selanjutnya segera berangkat, jalannya bagai pelan anjing dipukul.

anda bisa membuat contoh lainnya menyesuaikan dengan konteks kalimat.

Semisal si Hari suka sama Asti, kemudian bapaknya Asti menyuruh Hari mengantarkan anaknya kepasar dengan berboncengan menggunakan sepeda.

pastinya sangat happy karena mendapatkan perintah untuk mengantar sang pujaan hati.

kalau hendak menuangkan dalam ungkapan sanepa atau saloka maka keadaan diatas adalah;

Hari seneng banget dikongkon ngeterne Asti menyang pasar amarga Hari gandrung karo Asti, cepet banget anggone mangkat kaya rindhik asu digitik.

artinya si Hari sangat senang disuruh mengantarkan Asti ke pasar karena Hari jatuh cinta kepada Asti, berangkatnya sangat cepat, bagaikan anjing yang dipukul.

nah demikianlah contoh ungkapan sanepa kang nduweni tegese cepet banget lemgkap dengan arti dan terjemahnya dari Basa Jawa kedalam bahasa Indonesia.

maturnuwun sudah mampir, salam kenal dan wassalamu’alaikum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top