Bathok Bolu Isi Madu Tegese, Maksudnya, Aksara Jawa

bathok bolu isi madu
Share

bathok bolu isi madu Tegese yaiku Wong asor nanging sugih kepinteran artinya adalah tempurung kelapa berlobang tiga isinya madu, maksudnya yaitu orang yang kecil atau rendahan namun kaya kepintaran atau keahlian.

Pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, wilujeng sonten selamat sore para pembaca. Kali ini kita akan membahas tentang istilah Basa Jawa Bathok bolu isi madu, unen unen iku kagolong basa rinengga saloka.

Gambaran kahanan uwong kang ora duwe drajat pangkat lan rajabrana (kekayaan) lamun nduweni kapinteran kang akeh saha keahlian.

Jadi dalam ungkapan ini memberikan gambaran yang maksudnya adalah seseorang yang meski dia bukanlah siapa siapa karena tidak berpangkat derajat tinggi maupun harta kekayaan yang banyak namun dia kaya akan kecerdasan dan kedalaman ilmu yang mumpuni.

Kenapa bisa seperti itu ungkapannya atau unen unen dalam Basa Jawa ini?

Untuk mengetahui lebih detil kenapa bisa seperti itu, ada baiknya mengetahui arti dalam ungkapan ini secara kata perkata atau tembung kang ana sajroning bebasan ini.

Tegese saloka Arti Bathok Bolu Isi Madu

Bathok yaiku cangkoking krambil (sok dianggo siwur, takêran lan sak piturute. Artinya bathok adalah tempurung, cangkangnya kelapa, biasa untuk dibuat gayung, alat takar, irus dan lain sebagainya.

Bolu tegese yaiku bolong telu, artinya adalah berlobang tiga. Apanya yang berlubang? Ya itu tadi bathoknya atau tempurung kelapa. Jadi jangan anda mengira maksudnya bolu adalah jenis roti, namun berupa singkatan (cekakan) dari bolong telu (lobang tiga).

Isi madu tegese yaiku ana sakjeroning bathok bolong telu mau yaiku cairan kang ngemu zat gula saka omah tawon utawa kembang, yaitu cairan yang mengandung banyak zat gula dari sarang lebah atau bunga.

Jadi maksudnya adalah yang namanya bathok bolong telu (tempurung kelapa yang berlobang tiga) merupakan sesuatu yang remeh, nyaris tidak begitu berarti harganya. Menjadi simbol atau lambang dari orang biasa, manusia awam, rakyat jelata yang tanpa derajat pangkat maupun harta kekayaan.

Namun meski begitu (hal yang tidak begitu berarti ataupun berharga) didalamnya berisi madu.

Apa itu madu?

Anda tahu sendiri itu apa, yang jelas merupakan sesuatu yang mahal harganya, cairan mengandung banyak gula yang dihasilkan oleh lebah pada sarangnya.

Isi madu ini merupakan gambaran dari kepintaran, kecerdasan, keahlian.

Jadi meskipun wadahnya adalah “hanya tempurung” yang bahkan berlobang tiga (biasanya berlubang karena menjadi mata pada tempurung kelapa ini, sifatnya alami saja) namun didalamnya mengandung barang yang bernilai tinggi.

Dengan begitu, tempurung kelapa merupakan perumpaan orang tersebut yang hanya biasa saja. dan madu adalah lambang gambaran keadaan kepintarannya.

gawenen ukara bebasan iki bathok bolu isi madu (contoh kalimat), aksara Jawa

Terangna paribasan ana ing ndhuwur banjur gawenen ukara!

Langsung saja berikut contoh kalimatnya beserta artinya dalam Bahasa Indonesia.

Wiro Sableng anake tukang becak, ananging pinter banget gawe program android, persis kaya bebasan bathok bolu isi madu. Artinya Wiro adalah anak dari tukang becak, namun dia sangat pandai membuat program android, seperti dalam peribahasa bahasa Jawa tempurung berlubang tiga berisi madu.

bathok bolu isi madu aksara jawa menggunakan huruf hanacaraka sebagaimana penampakan teks sebagaimana berikut ini.

꧋ꦧꦛꦺꦴꦏ꧀ꦧꦺꦴꦭꦸꦲꦶꦱꦶꦩꦢꦸ꧉

Demikian informasi yang bisa kami bagikan pada malam hari atau sore kali ini. Terima kasih sudah mampir, salam kenal dan wassalamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *