Bedhekane Cangkriman Gitar Unine yaiku

cangkriman gitar ukarane
Share

Bedhekane Cangkriman Gitar Unine yaiku; pilihane jawaban a. Ditekak gulune diithik-ithik wetenge; b. Dipijet gulune dikebug wetenge; c. Dipijet wudele mendelik mripate; d. Ditarik tangane dijiwiti wetenge; jawabane yaiku huruf A. Dicekik lehernya dikelitiki perutnya.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh, wilujeng dalu para among sinau siswa siswi kelas VII smp maupun MTs yang baik hati tidak sombong rajin menabung dan semangat belajar.

Kali ini kita akan membahas teka teki bahasa Jawa tentang alat musik yang kita sebut dengan gitar, boso jowone ya gitar, podo wae.

Jadi, dalam pembelajaran basa Jawa, apa tegese cangkriman iku? Ditekak gulune diithik ithik wetengen batangane yaiku gitar.

Artinya dicekik lehernya, dikelitiki perutnya jawabannya adalah gitar.

Alat gitar memiliki banyak bagian apabila kita membahasnya secara detil, ada yang namanya headstock alias kepala, nut, alat pemutar setelan senar, frets, heel (penghubung) senar, saddle, retboardt dan lain sebagainya.

Untuk praktisnya dalam cangkriman ini kita bagi menjadi dua macam yaitu berupa body guitar yang berbentuk mengembung ada lobang dan jari memetik senar, serta leher gitar yang menjadi tempat menekan senar supaya menghasilkan nada tertentu.

Cangkriman Gitar

Dalam tebakan bahasa Jawa ini menurut saya masuk dalam kategori jinise cangkriman wantah (apa adanya), atau mungkin setidaknya masuk dalam kategori irib-iriban utawa pepindhan.

Tergantung bagaimana pak guru memberitahukan jenisnya atau jika lebih mudah isi jawaban pilihannya akan memudahkan anda memilih yang benar.

Kenapa masuk kategori wantah atau apa adanya?

Karena teka teki ini benar benar sebagaimana apa adanya keadaan gitar.

Yaitu situasi dimana gulune ditekak (lehernya dicekik) yaitu saat jemari memainkan nada dengan menekan senar pada leher gitar.

Dan yang kedua yaitu diithik ithik wetenge (perutnya dikelitiki) merupakan perilaku situasi tangan gitaris memetik gitar. Gerakannya persis menggelitiki.

Sebagaimana kita ketahui maksudnya perut disini adalah badan gitar dimaksud yang begitu bohay bagai biola.

Sehingga perilaku inilah yang menjadi cangkriman tebak tebakan bahasa Jawa yaitu lehernya dicekik perutnya dikelitiki yang dalam bahasa disebut dengan Ditekak gulune diithik-ithik wetenge bedhekane yaiku gitar.

Demikianlah tambahan informasi untuk para murid SMP kelas 7 atau MTs yang cantik jelita serta ganteng maksimal. Salam kenal, wilujeng dalu, selamat malam dan wassalamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *