Irunge Pesek Tegese Tuladha Ukara (Tembung Panyendhu)

irunge pesek tegese
Share

Tembung panyendhu irunge pesek tegese yaiku bentuk irung kang ndhempok, ora mbangir, nyeprok kata mencela dalam bahasa Jawa untuk hidung pesek artinya bentuk hidung yang penyek, pipih, kebalikannya mancung. Contoh kalimat tuladha ukara ukarane yaiku Aira isih cilik ananging wis katon ayu, irunge mbangir ora pesek.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, kalau dalam pelajaran Bahasa Jawa untuk kelas 5 (lima) SD maupun MI ada bab yang membahas tentang tembung panyendhu, yaitu suatu kata untuk mencela atau mencacat bagian tubuh maupun perilaku gerak gerik seseorang.

Berikut ini kita akan membahas tentang contoh tembung panyendhu perangane awak irung kang pesek yang mempunyai arti hidungnya pipih, penyek.

Adapun kebalikan atau kosokbalene tembung panyendhu irunge pesek yaiku tembung panyandra irunge mbangir. Kebalikan kata celaan hidung pesek adalah kata memuji atau pujian bahasa Jawa yaitu hidungnya mbangir (mancung).

Untuk mendalami serta mengetahui artinya secara lebih mendalam baik maknanya secara lugu (harfiah) mari kita membahas artinya perkata

Tembung Panyendhu Irunge Pesek Tegese Tuladha Ukara

Yang menjadi rujukan pemberian arti dalam tembung panyendhu ini merujuk kepada Kamus Besar Bahasa Indonesia online serta situs jv wiktionary org.

Begini artinya ungkapan mencela panyendhune perangane awak irunge.

Irunge saka tembung irung tegese yaiku perangane awak kanggo mlebu oksigen lan metu karbon dioksida rikala manungsa napas artinya adalah bagian tubuh manusia untuk masuknya oksigen dan keluarnya karbondioksida pada saat manusia bernafas.

Pesek tegese yaiku bentuk irung kang ndhemplok, nyeprok ora mbangir, artinya pesek adalah bentuk hidung yang pipih penyet, kebalikan dari kata mancung.

Jadi kata ini merupakan suatu ungkapan yang sifatnya mencela, menghina, karena bentuk hidung yang secara estetika bisa mengganggu mata untuk melihatnya.

Tuladha ukara

Gawea ukara tembung panyendhu irunge pesek! Buatlah kalimat bahasa Jawa (yang mencela) hidungnya pesek!

Tuladhane ukarane tembung panyendhu irung kaya ngisor iki. Contoh kalimat mencelah bentuk hidung sebagaimana berikut ini.

Dasar Supriyati wonge nganyelne, wis senengane wadulan tumbak cucukan, ora ayu, irunge pesek! Artinya dasar si Supriyati orangnya menjengkelkan, senangnya melaporkan, tidak cantik, hidungnya pesek!

Aku pilih duwe bojo sing kalem ayu irunge mbangir tinimbang cah wedok sing seneng wadulan raine burik lan irunge pesek. Artinya saya lebih memilih memiliki istri yang kalem, cantik hidungnya mancung. Daripada perempuan yang wajahnya bersisik, suka melaporkan dan hidungnya pesek.

Demikianlah informasi mengenai tegese tembung panyendhu irunge pesek, tuladha ukara basa Jawa lengkap dengan arti dan terjemahnya dalam bahasa Indonesia. Terima kasih sudah mampir dan salam kenal.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.