Udele Bodong Tegese

udele bodong tegese

Udele bodong tegese yaiku bentuk udel sing mlentho, artinya adalah bentuk pusar yang menonjol keluar, kalebu utawa kagolong jenise tembung panyendhu Basa Jawa.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, dalam Bahasa Indonesia, kata bodong memiliki arti yang lumayan berbeda.

Lazimnya penggunaan kata ini merujuk kepada administrasi kelengkapan surat kendaraan bermotor ataupun mobil. misalnya motor bodong, maka maksudnya atau artinya adalah kendaraan roda empat atau lebih yang tidak memiliki surat resmi semisal STNK atau BPKB.

Namun dalam Bahasa Jawa, kata ini merujuk kepada bentuk pusar yang menonjol keluar. biasanya puser pada perut manusia akan tampak menjorok masuk. akan tetapi malah hal ini sebaliknya yaitu tampak keluar sehingga kurang bagus untuk pandangan mata.

Arti atau terjemah dalam Bahasa Jawa udele bodong yaiku mlentho wudele, ketok metu, ora mlebu kaya lumrahe puser.

Jadi ungkapan ini merupakan bentuk panyendhu, atau kata yang menunjukkan suatu hal buruk, tidak baik tentang bentuk dari pusar seseorang.

Apa iku udel? Udel yaiku wudel, tegese undêran ing wêtêng (tilasing usus kang gandhèng karo êmbing-êmbing). Artinya pusar adalah pusat dalam perut (bekasnya usus yang bersambung dengan ari-ari).

Tuladha ukara Udele Bodong Basa Jawa lan Tegese

Gawea ukara nganggo tembung panyendhu udele, wenehana tegese lan artine! buatlah contoh kalimat memakai kata pusar dalam Bahasa Jawa beserta berilah keterangan dan artinya.

Sebenarnya sederhana saja jika hendak membuat contoh kalimat atau tuladha ukara dalam Bahasa Jawa ini. Misalnya anda melihat teman yang bermain sepakbola kemudian tampak bagian pusarnya yang menonjol keluar.

misalnya dalam contoh kalimat bahasa Jawa seperti ini.

Agustinus nek balbalan senengane ngligo ora nganggo klambi, dadine ketok udele bodong. artinya si Agustinus jika bermain sepakbola sukanya telanjang dada tidak memakai kaos, sehingga tampaklah pusarnya yang menonjol keluar.

Demikian sekedar tambahan informasi tentang tembung panyendhu perangane awak udele utawa wudele beserta contoh kalimat tuladha ukarane Basa Jawa.

Maturnuwun sudah mampir ke blog yang sederhana ini, selamat membantu belajar ananda. Yaitu pada mapel Basa Jawa baik memakai buku tantri ataupun kirtya Basa.

akhirnya wilujeng sonten selamat sore, salam kenal dan wassalamu’alaikum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *