Bangkekane Mbembeng Tegese (Tembung Panyendhu)

bangkekane mbembeng
Share

Bangkekane mbembeng tegese yaiku bangkekan kang gedhe, lemu, walikane nawon kemit kalebu tembung panyendhu Basa Jawa, artinya pinggangnya mbembeng maknanya tubuhnya besar gendut lebar, kebalikan dari bentuk badan seperti biola.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh. Apa tegese tembung panyendhu? Pangertene tembung panyendhu yaiku tembung utawa ukara kang digunakake kanggo nyemoni utawa nyacad perangane awak lan solah bawa.

Arti tembung panyendhu adalah kata atau kalimat yang dipergunakan untuk mencela bagian tubuh maupun perilaku.

jadi mbembeng merupakan kata untuk menunjukkan kondisi fisik yang kurang bagus atau tidak baik pada bagian tubuh manusia pada pinggangnya.

Kebalikan dari panyendhu adalah ukara tembung panyandra, yaitu kalimat atau kata yang menunjukkan keindahan atau keelokan bagian tubuh ataupun perilaku seseorang.

Tegese Tembung Panyendhu Bangkekane Mbembeng Tuladha ukara

Wenehana utawa Gawea ukara tuladha tembung panyendhu bangkekane mbembeng!

Misalnya ada soal yang memerintahkan untuk membuat contoh kalimat berupa pinggangnya besar.

Berikut contoh kalimat tuladhane ukarane Basa Jawa.

Bocah wedok bangkekane mbembeng kaya ngono jare ayu hah! Artinya anak perempuan dengan pinggang besar seperti itu katanya cantik, hah!!

Mangane wae imbung ping telu, ora kaget yen bangkekane mbembeng, artinya makannya saja tambah tiga kali, tidaklah mengherankan apabila pinggangnya besar.

Pinggang merupakan salah satu tolak ukur yang menjadikan seorang manusia (utamanya wanita atau perempuan) masuk dalam kategori menarik secara fisik.

Meski sebenarnya banyak yang mengatakan bahwa kecantikan sejati berasal dari inner beauty, bukan hanya sekedar tampilan wajah atau fisik semata.

Namun kebanyakan pria alias lelaki biasanya saat pandangan pertama apabila ada wanita yang lewat kedua matanya fokus pada area wajah, kemudian sedikit kebawah lehernya.

Apabila sudah lewat alias berada pada di belakang wanita tersebut akan mengomentari apakah body nya bagus atau mengerikan.

Apabila seperti biola maka akan memuji dan berkomentar neko neko mengomentari biola hidup yang lewat.

Namun apabila bentuknya malah membulat biasanya akan berkomentar sebaliknya yang apabila wanita tersebut mendengar tentu akan menimbulkan rasa sebal atau setidaknya jengkel pada hatinya.

Demikianlah analisa saya tentang arti kata tembung panyendhu bangkekane mbembeng tegese yaiku gede, kosokwalike cilik nawon kemit, kalau salah ya maaf karena saya mencari informasi kesana kemari tidak ketemu, akhirnya saya mencoba menganalisanya secara pribadi.

Demikianlah yang bisa saya ulas malam ini, terima kasih sudah mampir, wilujeng dalu, dan wassalamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.