Untune Gingsul Tegese

untune gingsul tegese

Tembung panyendhu untune gingsul tegese yaiku untu kang ora prenah thukule, artinya yaitu gigi yang tumbuh tidak pada tempatnya.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, dalam ungkapan bahasa Jawa ada yang namanya tembung panyendhu.

yaitu suatu istilah kata atau ungkapan untuk menunjukkan sesuatu yang buruk atau tidak baik dalam hal bagian tubuh (perangane awak) ataupun solah bawa (perilaku).

adapun tembung panyendhu kanggo untu utawa untune yaiku mrongos, gingsul, gugut, griwing, mringis dan lain sebagainya.

tegese mrongos yaiku untu sing maju mengarep, menawa tegese gugut yaiku (kalau ini belum ketemu maksudnya), griwing tegese yaiku gigis, padha gripis untune, menawa gingsul tegese yaiku thukule untu kang ora prenah panggonane.

Jadi ada beberapa ungkapan untuk menunjukkan gigi yang tidak bagus yaitu gingsul, yang artinya keadaan tidak teratur atau menonjol keluar dalam tumbuhnya gigi.

adapula berupa mrongos, tumbuhnya gigi maju kedepan, kemudian gugut yang belum saya ketahui artinya. Mungkin saja gigi yang banyak patah.

dan saunya lagi berupa gigi yang griwing. Dalam kamus online juga tidak menemukan maksud dan maknanya.

namun saya menduga artinya semisal gigis, yaitu keadaan gigi yang tergerus, biasanya pada anak kecil yang banyak makan permen sehingga terkikis emailnya dan hilang warna putih menjadi warna coklat atau hitam.

adapun kebalikan dari paendhu untune gingsul yaiku untune miji timun.

tegese untu miji timun yaiku untu kang putih sik – cilik-cilik lan resik rapi kadya wijine timun.

Tuladha Ukara Untune Gingsul lan Tegese

gawea tuladha ukara nganggo tembung panyendhu ana ing ndhuwur kang kagolong panyemon kanggo untu.

buatlah contoh kalimat panyendu dalam Bahasa Jawa untuk gigi atau untu.

Berikut ini kami ambilkan contohnya kaliatnya (tuadhane ukarane) dari karya sastra yang mungkin biasanya ki Dalang mengucapkan dalam pertunjukan.

ini dia contone;

Raden Janaka banjur malik rupa dadi buta bajang, arambut gimbal, bathuke nomong untune gingsul, lambe nggandhul, wetenge njendhil.

artinya kurang lebih sebagai berikut;

Raden Arjuna kemudian berubah wujud menjadi raksasa kerdil, rambutnya tidak teratur, jidatnya mantul, giginya tidak beraturan, bibirnya menggelambir, perutnya buncit.

demikianlah informasi tambahan tentang arti untu gingsul basa Jawa kang kalebu utawa kagolong unen unen tembung panyendu, tuladha ukara contoh kalimatnya.

maturnuwun sudah mampir ke blog sederhana ini, sukur – sukur mau komen meninggalan jejak pada kolom komentar. Akhirnya wilujeng siang dan wassalamu’alaikum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *