Tembung Panyandra Eseme Pait Madu Tegese, Tuladha Ukara

tembung panyandra eseme pait madu
Share

Tembung Panyandra Eseme Pait Madu Tegese yaiku mesemane uwong kang manis banget nengsemake sing nyawang artinya senyumannya sepahit madu maksudnya senyuman yang begitu manis dan menyenangkan bagi yang melihatnya, Tuladha Ukara ukarane contoh kalimat Basa Jawa eseme Asti Setyorini pait madu.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, wilujeng enjang selamat pagi pembaca internet yang semoga saja sehat selalu dan mendapatkan berkah serta inayahnya. Khususnya para pelajar sekolah dasar, SMP SMA maupun murid pada Madrasah MI MTs dan Aliyah.

Kali ini kita akan membahas mengenai tembung panyandra eseme yaiku pait madu tegese yaiku banget manise, puol manisnya , artinya senyumannya sepahit madu yang artinya sangat manis sekali.

Sebagaimana kita ketahui, bahawasanya tembung panyandra adalah kata untuk melontarkan pujian pada bagian tubuh manusia maupun gerakan perilaku seseorang.

Kalau saya mengkategorikan eseme ini masuk dalam jenis tembung panyandra solah bawa atau perilaku. Karena eseman atau senyuman merupakan suatu gerakan, bukan perangane awak atau bagian tubuh manusia.

Tegese Eseme Pait Madu (Tembung Panyandra)

Jadi kalau ada soal pertanyaan yang berbunya, apa kang cinandra pait madu? Maka jawabannya yaiku eseme, candrane solah bawa meseme uwong (biasane kenyo kang ayu, nganggo banget).

Untuk lebih mendalam mengetahui arti kata pada ungkapan ini mari kita bahas satu persatu kata dalam panyandarane solah bawa ini.

Eseme asale saka tembung esem, yaiku ngguyu kang ora kawedhar, utawa guyu mung katon ing semu, artinya senyumannya berasal dari kata senyum yang artinya yaitu tertawa namun tanpa ada suaranya, atau tawa tapi semu saja tanpa mengeluarkan bunyi.

Pait tegese yaiku rasa kang pahit, rasane jamu godhong kates, rasanya jamu daun pepaya.

Madu tegese yaiku cairan kang ngemu zat gula ana glodhogan (omahe tawon) utawa kembang, artinya yaitu cairan yang banyak mengandung gula pada sarang lebah maupun pada bunga.

Jadi secara harfiah atau basa lugu tegese eseman kang pait madu yaiku banget manise, sepahit-pahitnya madu yang murni pastilah sangat manis rasanya karena mengandung begitu banyak zat gula.

Contoh Kalimat Tuladha Ukara

Wenehana utawa gawea ukara tuladha nganggo tembung panyandra eseme pait madu! Buatlah contoh kalimat menggunakan kata pait madu dalam Bahasa Jawa.

Aku duwe konco, wonge apikan, ayu, kalem, nek mesem marai seneng ati, amarga eseme pait madu. Artinya saya memiliki teman, orangnya baik hati, cantik, kalem, kalau senyum membuat hati senang, karena senyumannya manis sekali.

Aku meh takon marang Asti Setyorini kepriye carane supaya eseme pait madu kaya dheweke nek mesem, sarapane kudu jam pira? Saya hendak bertanya kepada Asti Setyorini bagaimana caranya senyuman yang sangat manis. Sebagaimana dia kalau tersenyum, kalau sarapan harus jam berapa?

Demikianlah informasi mengenai candrane solah bawane eseman yang memiliki arti seperti pahitnya madu. Terima kasih sudah mampir, wassalaamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.