Rambute Nyambel Wijen Tegese, Tuladha Ukara

Rambute Nyambel Wijen Tegese, Tuladha Ukara

Tembung panyendhu rambute nyambel wijen tegese yaiku rambut sing gimbal, brintik utawa kriting, ora lurus, artinya adalah rambutnya seperti sambal jenis wijen.

pontren.com – maknanya suatu ungkapan dalam bahasa Jawa menjelekkan untuk rambut.

Untuk pengertiannya, sambel yaiku bangsaning lêlawuhan sing digawe lombok dibumboni warna-warna. Artinya adalah sebangsa lauk pauk yang dibuat dari lombok dibumbui dengan aneka macam.

Sedangkan pengertian wijen yaiku araning têtuwuhan sing wijine digawe lênga lsp. Artinya adalah sebutan tumbuh-tumbuhan yang bijinya dibuat untuk minyak dan lain sebagainya.

Jadi dalam bahasa Jawa ini hendak menyamakan kondisi bentuk rambut dengan semisal sambal dari wijen yang bentuknya kruwel-kruwel keriting gimbal.

Gawea tuladha ukara nganggo tembung panyendhu rambute nyambel wijen! Buatlah contoh kalimat dalam bahasa Jawa yang mengandung kata sebagaimana judul tulisan ini.

Berikut contoh kalimatnya.

Mosok bocah rambute nyambel wijen koyo ngono wae kowe kok seneng banget? Yang artinya adalah,” Ah yang benar saja anak rambutnya gimbal keriting seperti itu saja kamu sangat menyukainya?

Tegese Rambute Nyambel Wijen

Jadi rambut kaya sambel wijen ini merupakan tembung panyendhu kanggo rambute.

Yaitu berupa bentuk rambut yang gimbal, brintik, ataupun keriting?

Dalam khazanah kamus bahasa Jawa berikut penjelasannya

Gimbal tegese yaiku gèmbèl lan bundhêt tumrap rambut, artinya adalah gembel, tidak bersih, kotor, dan juga rumit awut-awutan untuk rambut.

Tegese brintik yaiku pating prenthel, artinya adalah rambutnya sangat berlengkuk-lengkuk, bulat-bulat tidak karuan, kebalikan dari lurus.

Kriting tegese padha karo brintik, yaiku rambut sing pating prenthel, yang dalam bahasa Indonesia yaitu ikal kecil-kecil.

Dalam bahasa Jawa, pangertene tembung panyendhu yaiku tetembungan kang wis gumathok nelakake rasa ora seneng ing ati babagan perangane awak utawa solah bawa.

Artinya adalah ungkapan yang sudah tetap, mengungkapkan rasa tidak suka dalam hati berkenaan dengan bagian tubuh maupun perilaku.

Jadi intinya ungkapan untuk mencela suatu bentuk tubuh ataupun perilaku seseorang.

Namun era sekarang, rambut keriting tidaklah selalu identik dengan hal yang buruk. Malah ada jasa pengeritingan rambut.

Dan tentunya merawat rambut brintik atau keriting ini lebih ribet daripada menganu rambut yang lurus.

Walau begitu, umumnya orang akan menyukai rambut panjang lurus berkilau dan terawat.

Demikian informasi yang bisa kita tambahkan pada sore hari ini, akhirnya wilujeng sonten, salam kenal dan wassalamu’alaikum.

Tentang

salam blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*