Panyendhu Drijine Puthul Gandane Arum Jamban Irunge Gruwung

Tembung Panyendhu Drijine puthul Gandane arum jamban Irunge Gruwung
Share

Ngrakit Ukara nganggo Tembung Panyendhu Drijine puthul Gandane arum jamban Irunge gruwung tegese artine tuladha ukara Basa Jawa lengkap dengan arti dan terjemahnya dalam Bahasa Indonesia beserta penjelasan singkat arti perkata untuk memudahkan memahami maksud kata mencela dalam Bahasa Jawa.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, secara singkat, teges tembung panyendhu adalah kalimat atau kata dalam bahasa Jawa untuk mencela, menghina bagian tubuh atau perilaku. Bahasa Jawanya Tetembungan utawa ukara kang digunakake kanggo nyemoni/ nacad.

Dalam hal ini ada dua panyendhu yaitu bagian tubuh (perangane awak) Driji lan irung dan satunya lagi berupa aroma sesuatu.

Jadi secara ringkas panyendhune driji yaiku pruthul, kithing / mbuthel yang intinya mempunyai arti atau artine jari-jari yang jelek, cacat memiliki kekurangan.

Berikut adalah contoh kalimat tuladha ukara tembung panyendhu Drijine puthul Gandane arum jamban Irunge gruwung

Tembung Panyendhu Drijine puthul tegese, tuladha Ukara

Drijine asale saka tembung driji yaiku gêgêlitaning tangan utawasikil kang pucuk (bagian tangan atau kaki yang berada pada ujungnya).

Puthul tegese yaiku pruthul, ilang pucuke, artinya yaitu terpotong pada bagian ujungnya.

Jadi drijine puthul basa lugune yaiku driji kang ilang pucuke artinya jari jemari tangan atau kaki yang terpotong.

Contoh kalimat Tuladha ukara nganggo tembung panyendhu drijine puthul contone,” mesakne bocah kuwi, drijine puthul, artinya kasian anak itu, jari-jarinya terpotong atau putus.

Contoh lainnya misalnya yaitu “sanajan Agustinus drijine puthul nanging isih iso nulis kanthi cepet. Meskipun jari Agustinus putus namun masih bisa menulis dengan cepat.

Kira-kira seperti itulah contoh kalimatnya.

Panyendhu gandane arum jamban tuladha ukara

Yang kedua yaitu kata celaan dalam bahasa Jawa berkenaan dengan aroma.

Berikut arti terjemahan dalam Bahasa Jawa

Gandane asale saka tembung ganda yaiku ngambu, wewangi, artinya adalah bau, aroma yang bisa ditangkap oleh indra penciuman (hidung).

Arum tegese yaiku enak lan sedep ambune, artinya adalah aroma nyaman dan enak serta sedap pada panca indera pembau (hidung)

Jamban tegese yaiku jumbleng, wc artinya tempat melakukan MCK.

Dalam hal ini kata arum (harum) lazimnya pada belakangnya merupakan bau yang enak dan menyenangkan.

Namun dalam panyendhu ini merupakan kebalikan atau kosokwalike yaiku arum jamban tegese utawa artine ambune ora enak. Biasane amarga kringet kang mbethethek ambune.

Jadi dalam memisalkan aroma tubuh atau badan manusia ini sebagaimana harumnya wc, ora enaakkk!! Tidak enak baunya.

Gawea ukara tuladha nganggo tembung arum jamban! Anda mendapat perintah untuk menyusun kalimat (ngrakit ukara tembung panyendhu) berkenaan dengan bau yang tidak enak.

Berikut contohnya;

ayune kaya widodari, pikirane lantip, nanging embuh amarga apa gandane arum jamban. Artinya cantiknya bagaikan bidadari, otaknya encer, namun entah karena apa baunya tidak enak.

Sakbubare olahraga bocah bocah padha adus amarga wegah nek gandane arum jamban, artinya setelah selesai olahraga anak-anak kemudian mandi karena tidak mau apabila baunya tidak enak.

Tembung Panyendhu Irunge Gruwung

Kali ini adalah perangane awak pang panyendhune gruwung yaiku irung, salah satu kata mencela cacat tubuh bagian hidung adalah growong.

Artinya secara lebih lengkap adalah sebagai berikut;

Irunge asale saka tembung irung yaiku perangane awak kang ana rai bagian ngarep antarane mripat karo lambe, bagian tubuh manusia yang berada pada wajah antara mata dan bibir, fungsinya untuk keluar masuk udara dan indra penciuman.

Gruwung tegese yaiku growong, sumpung, ora ono irunge, artinya hidungnya berlobang atau bahkan nyaris tidak ada.

Gawea ukara tuladha nganggo tembung irunge gruwung, buatlah contoh kalimat dengan kata barusan tersebut.

Amarga perang ana prajurit kang irunge gruwung artinya karena perang ada prajurit yang hidungnya growong.

Arepa irunge gruwung, Agustinus tetep gelem sekolah lan sregep sinau, meskipun hidungnya growong, agustinus tetap mau bersekolah dan rajin belajar.

Demikianlah informasi mengenai tegese tembung panyendhu drijine puthul, gandane arum jamban, irunge gruwung, tuladha ukara contoh kalimat panyendhune lengkap dengan arti dan terjemah Bahasa Indonesia.

Wilujeng siang salam kenal dan wassalamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.