Gawea Ukara Tembung Panyendhu lan Tegese

gawea ukara nganggo tembung panyendhu

Gawea ukara tembung panyendhu lan tegese Contoh Kalimat dan artinya dalam Basa Jawa lengkap dengan terjemah kedalam Bahasa Indonesia untuk menjawab soal mapel muatan lokal Bahasa Daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, wilujeng sonten selamat sore para pelajar SD SMP SMA maupun murid pada MI MTs dan MA baik swasta maupun negeri.

Kali ini kita akan membahas atau lebih tepatnya membuat contoh kalimat tembung panyendhu dan artinya Basa Jawa kedalam Bahasa Indonesia.

sekedar tambahan info, untuk tembung panyendhune adalah yang bercetak tebal.

Tanggaku lambene guwing, nanging pinter lan akeh duwite, artinya tetangga saya bibirnya sumbing namun cerdas dan banyak uangnya.

Mbak Agpit Mujiyantari kae bokonge tepos amarga mangane sithik dadine awake kuru. Artinya mbak Agpit itu pantatnya tidak semok karena makannya sedikit sehingga badannya kurus.

Agustinus sikile dhingklang amarga polahe tiba saka motor. Artinya Agustinus kakinya pincang karena tingkah polahnya yang jatuh dari motor.

Tangane Agnes kae tangane cekot mulane ora jupuk buku ing rak buku. Artinya tanganya Agnes ceko, makanya tidak mengambil buku yang ada pada rak.

Gawea ukara tembung panyendhu Contoh Kalimat

udele bodong tegese

Wenehana tuladha tetembung utawa ukara panyendhu caca loro wae (berilah contoh ungkapan pencela dalam Bahasa Jawa dua saja contohnya!)

Wenehana tuladha ukarane nganggo ngrakit tembung panyendhu kang ana ing ngisor utawa ndhuwur iki. Buatlah contoh kalimat menggunakan tembung panyendhu (kata celaan atau pencela).

Bukan hanya dua, namun beberapa sebagai pertimbangan jawabannya.

Berikut contoh contoh lainnya sebagaimana segera kita tuliskan.

Amarga ora tau kramas Agustinus rambute gimbal, artinya karena tidak pernah keramas Agustinus rambutnya menjadi gimbal.

Akeh-akehe artis uwonge ayu, angel nggoleki sik irunge pesek, artinya kebanyakan artis orangnya cantik, susah mencari yang hidungnya pesek.

Maling sik nyolong motor kae ditembak nganti sikile petor. Artinya pencuri yang mencuri motor itu ditembak sampai kakinya menjadi petor.

Si Agnes kakean muni nganti lambene ndomble artinya si Agnes kebanyakan ngomong sehingga bibirnya panjang.

Boneng kuwi artis sik untune mrongos, artinya boneng adalah artis yang giginya tonggos

Anake kang Mitra bathuke nonong artinya anaknya kang Mitro jidatnya seperti ikan louhan.

Wong sik nganggo kacamata kae matane kera, artinya orang yang memakai kacamata itu matanya bermasalah.

Agustinus tiba nang aspal nganti drijine kithing artinya agustinus jatuh di aspal sampai jari-jarinya kithing.

Bocah kuwi ora klamben, ketok udele bodong, artinya anak itu tidak memakai baju, tampak pusarnya bodhong.

Kartolo kepanasen ngombe wedang, nganti lambene njedhir, tegese yaiku lambene maju dowo artinya Kartolo kepanasan meminum sehingga bibirnya monyong.

Benediktus mlaku adoh banget nganti sikile pengkor tegese yaiku Benediktus berjalan sangat jauh sekali sehingga kakinya melepuh.

Aku weruh ana bocah sing kupinge njepiping artinya saya melihat ada anak yang daun telinganya berbentuk tidak bagus.

Nah itulah jawaban untuk pertanyaan wenehana gawea ukara tembung panyendhu contoh kalimat dan artinya (tegese) basa Jawa kedalam bahasa indonesia, maturnuwun sudah mampir, salam kenal dan wassalamu’alaikum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *