Contoh Kalimat Panyendhu (Tuladha Ukara Tembung) dan artinya

contoh kalimat panyendhu
Share

Contoh kalimat tembung panyendhu, tuladha ukara lengkap dengan arti dan terjemahnya dalam Basa Jawa ke Bahasa Indonesia semisal rambute gimbal tangane cekot lambene sumbing irunge pesek sikile petor.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, wilujeng sonten selamat sore para peminat sastra Jawa.

Secara pengertian dalam Bahasa Jawa Tembung Panyendhu tegese yaiku tetembungan kang wis gumathok nelakake rasa ora seneng ing ati babagan perangane awak utawa solah bawa.

Yang artinya kata panyendu adalah kata yang dipakai untuk menyampaikan hal yang tidak baik dalam hal bagian tubuh maupun perilaku.

Kali ini kami akan membuat contoh kalimat tembung panyendhu dalam Basa Jawa kemudian kami artikan dan terjemahkan kedalam Bahasa Indonesia.

Kami menulis ini dalam rangka menjawab soal ulangan ataupun ujian jika ada yang berbunyi sebagai berikut ini.

Gawea ukara nganggo tembung panyendhu! Buatlah kalimat menggunakan kata panyendu dalam Basa Jawa.

Langsung saja tanpa basa basi berikut contohnya yang bisa kami sampaikan.

Semoga bisa membantu.

Contoh Kalimat Panyendhu (Tuladha Ukara Tembung)

Oh iya, sebelum memasuki contohnya (tuladhane ukarane tembung panyenduh) perlu kami sampaikan bahwa kami mencetak dalam huruf tebal kata panyendhu dalam kalimat ini.

Silakan menyimak.

Agustinus ora tau kramas nganti rambute gimbal artinya adalah si Agustinus tidak pernah keramas sehingga rambutnya menjadi gimbal.

Salah sawijine ciri Gareng yaiku tangane cekot artinya salah satu ciri dari tokoh Gareng (punakawan) adalah tangannya ceko.

Omongane bocah kuwi ora pati cetha amarga lambene sumbing, omongan anak itu tidak begitu jelas karena bibirnya sumbing.

Arang artis kang asring mlebu tipi sik irunge pesek. Artinya adalah sangat jarang artis yang sering masuk televise yang mempunyai hidung pesek.

Jaman biyen ana pemain bal-balan kang kondang kaloka saka Perancis, sirahe buthak. Artinya pada zaman dahulu ada pemain sepak bola yang sangat terkenal dari Prancis yang kepalanya botak.

Amarga ora betah luwe, si Agustinus mangane akeh, nganti bangkekane mbembeng, artinya karena tidak tahan lapar si Agustinus makannya banyak sampai pinggangnya besar.

Akeh wong ora seneng karo Agustinus amarga watake brangasan. Artinya banyak orang yang tidak suka dengan agustinus karena wataknya yang tidak baik.

Nah begitulah contoh kalimat panyendhu dan artinya dalam Bahasa Indonesia, terima kasih sudah mampir ke blog yang sederhana ini, salam kenal dan wassalamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *