3 Kerugian menambahkan jam pada blog dan website


Sebuah analisa tentang efek negatif menambahkan tampilan jam pada website baik model analog atau digital dengan widget html maupun plug in ditinjau dari segi kecepatan blog dan manfaat untuk para pembaca.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh, wilujen enjang para blogger di seluruh jagad raya, utamanya yang masih pemula seperti saya, salam kenal sebelumnya.

Ada beberapa pengelola website yang menyukai tampilan di display tulisannya memunculkan penunjuk waktu ini, dengan memasang widget yang disediakan oleh penyedia tampilan jam.

Dan bahkan saya sendiri pernah membuat sebuah postingan berupa tutorial cara menambahkan jam di website dan blog dengan menambahkan script pada wordpress.

Tetapi kenapa saya malah membuat tulisan mengenai efek tidak baik dari menambahkan widget jam pada blog anda?

Begini analisanya.

Memperberat loading blog

Dengan adanya tambahan plug in atau website, maka akan menambah beban loading saat blog anda dibuka. Otomatis score kecepatan blog anda mengalami penurunan.

Salah satu parameter google dalam menelusuri website atau blog serta pemberian peringkat suatu situs salah satunya (ingat ya, hanya salah satunya) yaitu kecepatan loading website atau blog.

Dengan blog yang cepat diakses maka akan memberikan pengalaman yang bagus untuk para pembacanya.

Dengan berkurangnya kecepatan mengakses blog anda karena penambahan widget jam entah model analog atau digital tentu sedikit banyak ada pengaruhnya meskipun hanya 0,001 detik saja di google.

Sudah tersedia jam pada laptop dan hape

Saat ini orang lebih banyak mengakses internet melalui smpartphone, dan sebagian masih setia menggunakan komputer (utamanya yang berada di tempat kerja).

Saya yakin sampean mengetahui bahwa pada gadget yang dipergunakan untuk mengakses internet ini sudah ada tampilan jam yang menunjukkan waktu.

humor jam tangan

Dengan keberadaan jam pada laptop dan hape, menurut saya hanya memberikan nuansa mubadzir saja di blog anda karena penunjuk waktu sudah melekat pada gawai yang dipergunakan pembaca.

Tampilan blog menjadi ramai, kurang bagus untuk pembaca

Orang datang ke blog anda untuk membaca tulisan anda atau hanya melihat tampilan jam berapa?

Saya yakin jika pengunjung berasal dari mesin pencari seperti google yahoo yandex duckduckgo, maka yang dia inginkan adalah menikmati hasil karya maupun informasi melalui untaian kata yang anda berikan.

Jika begitu (bukan karena melihat jam) maka fitur jam pada blog anda hanya akan menyesaki tampilan di website yang anda kelola.

Dampaknya orang-orang melihat yang dia tidak inginkan serta memperbanyak kuota yang dipergunakan untuk mengakses situs anda.

Dengan tampilan blog yang sederhana akan membuat fokus pembaca website anda kepada tulisan anda, ini akan memberikan pengalaman yang menyenangkan saat berkunjung ke blog yang sampean buat.

Keuntungan memasang jam pada wordpress blogspot

memasang jam di website

Pastinya bukan hanya dampak negatif saja yang ada dalam memasang tampilan jam di blog, pastinya ada dampak positif, yang pertama merasa informasi yang lengkap dalam jam dan tanggal yang selalu muncul pada website anda.

Yang kedua, anda memiliki tambahan pengalaman dalam ilmu kode script widget yang tentu bermanfaat kedepan dalam pengelolaan website.

Ketiga, anda bisa menyalurkan kesenangan anda, maksudnya?

Maksudnya adalah apabila anda menyukai blog dengan adanya penampakan jam analog atau digital beserta tanggalnya, maka hasrat anda terpuaskan dengan terpasangnya script widget jam pada website.

Bisa ditambahkan pada Postingan

pada suatu keadaan, akan praktis membuat postingan yang menunjukkan waktu dengan menggunakan widget, seperti suatu saat saya sedang mencoba menggoyahkan tulisan jam berapa sekarang (dan akhirnya malah sekarang sudah dibuat praktis google).

maksudnya bagaimana? maksudnya widget atau script memasang jam di blog akan sangat berguna apabila anda menuliskan perbandingan waktu suatu wilayah dibandingkan dengan jam saat ini di Indonesia.

dengan adanya widget ini maka tampilan komparasi akan dilakukan secara real time alias saat ini yang sedang berlaku.

saya pernah mencoba widget ini dengan membuat tulisan berjudul jam berapa sekarang, suatu artikel untuk mengetahui waktu jam WIB WITA WIT dalam satu halaman.

Kesimpulan

Secara ilmu seo, pemasangan jam pada blog akan mengurangi kecepatan loading website dan membuat tambahan beban situs saat dibuka.

Keberadaan jam pada laptop jam dan komputer membuat pemasangan penunjuk waktu pada site menjadi mubazir alias (bisa dikatakan) tidak berguna.

Penambahan blog membuat suatu situs menjadi tampak ramai tampilannya apabila kurang lihai dalam penempatan yang menarik, hal ini (ramai pernak pernik) banyak membuat pembaca tidak menyukainya.

Dampak baiknya dalam pemasangan jam adalah anda bertambah ilmu tentang script dalam dunia internet, bisa memuaskan diri anda, dan dianggap menambah kecantikan tampilan website.

Nah, itulah analisa kenapa suatu blog tidak perlu ditambahkan jam maupun tanggal baik melalui script widget maupun kode, wilujeng enjang, wassalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh.

monggo silakan komen atau tanya

Silakan berkomentar

%d blogger menyukai ini: