Wawancara dengan Podcast motivasi Terbaik Indonesia Berkembangbersama


Bagi penggemar audio internet via streaming ataupun yang lain, tentunya sudah mendengar apa itu yang disebut dengan podcast.

Podcast adalah siaran berupa audio yang terhampar pada web maupun platform lainnya. Atau setidaknya begitulah menurut Oberlo.

Istilah podcast diambil dari kata iPod dan broadcast, kata Pod diambilkan dari alat pemutar digital besutan perusahaan Apple yaitu iPod, sedangkan cast dicomot dari istilah radio yaitu broadcast.

Perkembangan Podcast

Podcast memang memiliki kekurangan yaitu tidak ada tampilan visual.

Akan tetapi dengan ketiadaan tampilan gambar bergerak maka podcast lebih fleksibel didengar dimana saja.

Bisa dinikmati di kantor, saat santai sambil ngantuk atau menunggu di dalam mobil yang antri untuk menembus kemacetan.

Berdasarkan penelitian dari Edison riset dan Triton Digital, melalui Oberlo, peminat podcast memiliki perkembangan setiap tahunnya.

Dalam penelitian disebutkan bahwa secara teratur orang menghabiskan waktu 5 jam untuk mendengar podcast setiap minggunya.

Nah saat ini saya berkesempatan untuk melakukan wawancara via whatsapp dengan pemilik podcast motivasi terbaik di Indonesia.

Bisa jadi label terbaik di Indonesia ini bersifat subyektif dan bias, akan tetapi jujur saja memang menurut saya begitulah adanya.

Anda bisa membantah pendapat saya, akan tetapi salah satu tolak ukur yang saya jadikan acuan bahwa pengelola podcast ini di undang oleh perusahaan.

menjadi-trainer-pada-acara-yang-diadakan-telkomsel
trainer pada acara yang diselenggarakan perusahaan berskala nasional

Tentunya sampean wis tau krungu yang namanya telkomsel, sebuah berskala nasional yaitu telkomsel untuk menjadi nara sumber pada acara yang dibuatnya.

Podcastnya fokus kepada menggali potensi pada diri sendiri untuk memaksimalkan apa yang ada dan menembus batasan yang selama ini dianggap ada.

Selain itu bagaimana melihat sesuatu yang dianggap negatif di konversi menjadi hal yang positif dan menjaga kondisi tubuh serta pikiran dalam keadaan yang fresh.

Wawancara dengan Rahmad Barus, MBA

Seperti apa wawancaranya? Silakan disimak sebagai berikut;

Kenapa memilih podcast (media audio) sebagai media untuk berbagi media utama untuk ilmu mengenai penggalian potensi diri, bukan media video (youtube, vidio, dll) ataupun model website?

  1. Pernah bekerja di radio dan senang dennen musik, membuat proses pengenalan dengan podcast tidak memakan waktu terlalu lama.
  2. Saya percaya, hal yang Kemudahan untuk berkarya, membuat kita konsisten. Podcast, menurut saya, sangat memudahkan.
  3. FUN! Ini adalah salah satu resep rahasia orang sukses di luar sana. Saat melakukan hal yang fun, membuat keberlimpahan lainnya berdatangan.

Menurut pengalaman anda, apakah mendapatkan pendengar podcast termasuk mudah, agak mudah, antara iya dan tidak, agak sulit, termasuk hal yang sulit?

Pertama, Terus terang saya tidak Perduli, hehe. Ini bisa para pembaca pertimbangkan juga. Saat anda membuat sebuah karya, tanyakan kepada diri anda sendiri “Kalau tidak ada yang mendengarkan, membeli, melihat karya anda, apakah anda ingin terus berkarya?”

Apabila jawaban yang anda dapatkan dari dalam diri “ya” . Teruskan, karena bisa jadi anda memang enjoy melakukan

Kedua, Setelah saya consisten berkarya, pendengar pun berdatangan. Jadi kuncinya adalah terus berkarya, fans akan mengikuti.

Seperti dalam instagram pribadi anda dan berkembang bersama, anda telah merilis buku dengan judul “4 langkah mudah HIDUP SEMAKIN BERLIMPAH“. Apa perbedaan antara membuat konten pada podcast dan membuat sebuah buku?

buku-hidup-semakin-berlimpah

Sebenarnya saling mendukung, yang saya tuliskan di buku sebagian besar abalan skrip podcast saya. Yang saya kumpulkan, menjadi sebuah buku

Salah satu hal yang anda kuasai adalah digital marketing, bagaimana pendapat anda prospek podcast bersaing dengan blog dan youtube (atau semacamnya) sebagai sarana digital marketing di tahun 2021?

Menurut saya pribadi, penikmat konten ada yang suka dengan gambar (visual), ada yang suka dengan suara (audio), Jadi ada penikmat masing masing.

Menurut anda, dengan membagi apa yang anda ketahui (ilmu), selain bermanfaat kepada orang lain, apakah bisa sebagai sarana hobi dan relaksasi setelah berpenat ria dengan pekerjaan pokok sehari hari?

Setuju, karena sebagian besar Hidup kita mengkonsumsi. Konten orang, makanan yang di produksi orang.

Saat kita berkarya, ada rasa pencapaian. Sehingga dapat membuat kita percaya diri.

Saat ini konten Podcast anda telah didengar lebih dari 10.000 orang, bisakah anda berbagi tips dan kiat bagi orang yang hendak membangun sebuah podcast yang di gandrungi pendengar?

sebaran-pendengar-berkembang-bersama
Sebaran Pendengar Podcst berkembangbersama

Terus berkarya, dan pastikan apakah podcast memang membuat anda bahagia. Kalau malah terpaksa, masih banyak cara lain untuk berkarya.

Yang paling penting adalah terus berkarya, bukan membuat podcastnya.

Untuk membuat podcast yang anda happy membuatnya serta orang setia mendengarkan, bisa anda dapatkan tips lengkapnya di www.berkembangbersama.com

Dengan pendengar yang sudah melewati 10 ribu orang, dari kelompok mana orang yang anda sasar sebagai pendengar konten anda?

Dari hasil statistik negara pendengar, estelas indonesia, yang mendengarkan berkembang bersama ada di amerika.

Tapi hati hati, saat anda bergantung kupada statistik, yang membuat anda malah malas berkarya, saran saya :

o Jangan perdulikan komentar orang
o Jangan membandingkan karya anda

Saya yakin konten yang anda buat tentu bermanfaat (kalau kaleng-kaleng tentu tidak meraup pendengar yang banyak).

Bisa anda gambarkan secara garis besar visi dan misi dari podcast anda, motivasi seperti tentang apa yang bisa didapat dari berbagai suara yang bisa didengarkan?

Terus terang nih, awal podcast saya di buat untuk memuaskan diri saya akan kesenangan saya akan bermain hal hal yang bersifat audio dan sound.

Melihat ada yang mendengarkan, saya kemudian mempunyai visi

Orang menyadari bahwa keputusan untuk berkembang ada di tangan mereka sendiri

Rahmad Barus

Dilengkapi dengang mini

Ketika ada tantangan, mindset orang tidak langsung kepada menyalahkan diri sendiri, namun mindset mengarah kepada peluang apa yang ada dari tantangan ini.

RB

Harapan anda di tahun 2021 tentang podcast yang anda kelola, dari segi jumlah pendengar, kira kira konten apa yang anda ingin buat, atau strategi dalam mengembangkan podcast supaya lebih bermanfaat dari saat ini.

rahmad-hidayat-barus

Podcast berkembang bersama adalah cerminan dari dalam diri saya kejadian maupun pengalaman.

Artinya di 2021 harapan saya adalah;

Saya semakin pensaran akan diri saya sendiri. Sehingga ada bahan untuk di buat episode podcast hahaha

Tamat wawancara kali ini.

Hal Unik

Ada hal yang menarik dibalik kisah wawancara ini yaitu saya menyusun pertanyaan melalui whatsapp, dan saya meminta beliau untuk menjawab menggunakan voice.

Akan tetapi ternyata yang diwawancara melakukan perbuatan baik seperti apa yang pernah saya dengar dari seorang mubalig.

Dalam penjelasannya, salah satu contoh berbuat baik yaitu memberikan lebih dari apa yang diminta.

Dalam kasus ini saat saya meminta jawaban dalam format voice, yang diberikan adalah satu file dalam format pdf yang diketik dengan rapi dan jelas. Terima kasih sangat kami ucapkan. Good luck untuk berkembangbersama.com. wassalam.

jika hendak mengunjungi instagramnya, silakan saja menengok dibawah ini

monggo silakan komen atau tanya

Silakan berkomentar

%d blogger menyukai ini: