Mengenal Cloud Hosting: Pengertian dan Cara Kerjanya

Mengenal Cloud Hosting: Pengertian dan Cara Kerjanya

Anda sedang ingin membuat website dengan sumber daya besar dan server tinggi? Jika iya, maka sudah saatnya Anda menggunakan Cloud Hosting.

Istilah cloud hosting ini mungkin masih belum familiar di kalangan umum. Hal ini karena masih terbatasnya informasi terkait layanan hosting yang satu ini. Padahal cloud hosting ini merupakan jenis hosting yang dapat membantu mengelola website dengan mudah dan cepat. Ingin tahu lebih detail terkait apa itu cloud hosting dan bagaimana cara kerjanya? Simak penjelasan berikut ini ya!

Apa Itu Cloud Hosting?

Cloud hosting adalah jenis layanan hosting yang dalam menggunakan beberapa server untuk menjalankan website. Dengan adanya hal ini, beban server menjadi lebih seimbang dan dapat memaksimalkan waktu serta kecepatan performa.

Cloud hosting menggunakan teknologi cluster untuk menyimpan seluruh data-data website. Teknologi cloud hosting memungkinkan website tetap berjalan meskipun terdapat kendala pada salah satu server. Resource milik cloud hosting juga tidak dibagi dengan pengguna lain, sehingga aktivitas yang dilakukan pengguna lain tidak akan mempengaruhi performa website milik kita.

Siapa yang Cocok Menggunakan Cloud Hosting?

Cloud hosting cocok digunakan oleh para pengembang website profesional seperti toko online, portofolio bisnis, hingga website milik instansi pemerintah. Hal ini karena kapasitas cloud hosting yang mampu menampung lebih banyak trafik.

Pemilik beberapa jenis website yang membutuhkan keamanan lebih ketat untuk menangani data sensitif juga sangat cocok menggunakan layanan cloud hosting.

Fungsi Cloud Hosting

Terdapat beberapa fungsi cloud hosting yang perlu diketahui, di antaranya:

  1. Mampu Menampung Banyak Pengunjung

Seperti yang telah disebutkan bahwa cloud hosting menggunakan teknologi cluster yang mampu menghindari lonjakan pengguna. Hal ini menjadikan kita penggunanya tidak perlu khawatir server akan mengalami trafik berlebihan dan menyebabkan down. Teknologi cluster justru sangat memungkinkan website mampu menampung banyak pengunjung.

  1. Menjaga Performa Website Tetap Cepat, Aman, dan Stabil

Fitur-fitur yang terdapat dalam layanan cloud hosting mampu memberikan keuntungan bagi penggunanya, salah satunya adalah dapat mengontrol atau menjaga performa website dengan baik. Cloud hosting juga akan memberikan perlindungan dari pencurian data, membatasi kontrol akses, menjaga kerahasiaan data, dan lain sebagainya.

  1. Mudah Dikelola

Pengaturan cloud hosting dapat dilakukan dengan mudah melalui control panel. Caranya tidak jauh berbeda dengan pengelolaan pada layanan shared hosting. Salah satu fitur yang terdapat di cloud hosting adalah WordPress Management yang berguna untuk mengkonfigurasi update otomatis. Selain itu, terdapat juga fitur preview web yang berguna untuk melihat apakah website tersebut sudah siap untuk di-publish atau belum.

Kapan Waktu yang Tepat Menggunakan Cloud Hosting

Layanan cloud hosting dapat digunakan pada kondisi-kondisi berikut:

  • Saat website mulai memiliki trafik yang tinggi.
  • Saat website membutuhkan kecepatan akses yang tinggi.
  • Mengharuskan website online selama 24 jam.
  • Ketika website membutuhkan sumber daya yang terakreditasi.
  • Website memiliki banyak konten visual.

Cara Kerja Cloud Hosting

Layanan cloud hosting bekerja dengan sistem cluster, artinya terdapat beberapa server terpisah yang kemudian digabungkan untuk bekerja di server virtual terpusat (cloud), untuk meng-host situs web.

Dengan dukungan server yang banyak dalam waktu yang bersamaan maka kinerja website menjadi lebih cepat. Jika salah satu server cloud mengalami kendala, maka server lain akan segera menggantikannya mengisi kembali sumber daya yang diperlukan. Cara kerja yang seperti ini memungkinkan cloud hosting untuk terus menjalankan fungsinya bahkan jika salah satu serve mati.

Cloud juga dapat mencegah kegagalan server suatu situs website yang mengalami kelebihan beban. Beban setiap server akan dibagi secara rata sehingga tidak terdapat istilah hanya satu server saja yang kelebihan beban.

Sumber daya pada layanan cloud hosting juga tidak terpengaruh oleh pengguna lain. Setiap pengguna tidak perlu berbagi sumber daya server yang dimiliki. Hal ini memungkinkan pengguna cloud hosting lebih fleksibel.

Kelebihan dan Kekurangan Cloud Hosting

Setiap layanan hosting tentulah memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, termasuk pada layanan cloud hosting. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan cloud hosting yang perlu diketahui.

  1. Kelebihan Cloud Hosting
  • Website memerlukan waktu loading yang cepat karena menggunakan teknologi yang berfungsi untuk menyeimbangkan beban.
  • Lebih mudah dalam memulihkan data sebab sebagian besar penyedia cloud hosting melindungi data pengguna dengan menyimpan dan mencadangkan data pada lokasi yang berbeda.
  • Biaya yang lebih fleksibel sebab pengguna layanan cloud hosting memiliki kendali penuh atas berapa banyak yang akan dibayarkan pada setiap bulan.
  • Skalabilitas yang mudah karena situs website dilengkapi dengan banyak server virtual yang siap memenuhi permintaan trafik yang terus meningkat.
  • Uptime lebih stabil karena menggunakan sumber daya dari beberapa server cloud yang terletak di cluster cloud.
  • Layanan bantuan yang membantu menangani masalah yang terjadi pada hosting sutus website.
  1. Kekurangan Cloud Hosting
  • Rentan terkena serangan cyber jika koneksi internet tidak aman.
  • Kecepatan server bergantung pada seberapa cepat internet yang digunakan.
  • Jika kurang berhati-hati dalam mengelola server resources, maka biaya hosting bisa menjadi sangat mahal.

Itulah tadi informasi terkait cloud hosting yang bisa dibagikan, semoga bermanfaat.

Jika Anda sedang mencari layanan cloud hosting, pastikan Anda menggunakan layanan dari Jetorbit. Jetorbit sebagai provider web hosting yang aman menawarkan layanan cloud hosting dan layanan hosting lainnya seperti WordPress hosting, email hosting, unlimited hosting, hingga pembuatan website dengan harga terjangkau. Jadi tertarik menggunakannya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top