Cobain Review Rasa Indomie Seblak Hot Jeletot Hype Abis

indomie-seblak-jeletot

Saya ini korban dari rasa penasaran ingin mencicipi merasakan berbagai rasa mie instant yang beredar di Indonesia dan terjangkau untuk dibeli baik secara lokasi maupun isi kantong dalam dompet.

pontren.com – Salah satu dampak dari rasa kepo mengenai icip icip rasa mie instant ini adalah belum mencicipi rasa asli makanan yang dibuat produsen mie cepat saji. Contoh Kongrkitnya begini, saya pernah makan mie instan ramen, tapi sebenarnya saya belum pernah makan makananan yang disebut ramen ini sebelumnya. Anda juga pernah mengalaminya?

Pada kesempatan saat belanja request seseorang, yaitu beli beng beng kemasan sachet untuk minuman dan juga kinder joy warna biru, iseng iseng ke deretan rak penjualan mie instant

Karena sedang ingin yang seger seger dan mengeluarkan keringat kemudian beli mie isntant yang salah satunya produksi dari indomie hype abis rasa seblak hot jeletot.

Sejujurnya saya belum pernah makan apa itu seblak jeletot, rasanya seperti apa dan bentuk mie dan kuahnya bagaimana juga belum pernah melihat secara langsung.

Review rasa Seblak Jeletot Indomie

tampilan-mie-dalam-gambar-kemasan
tampilan mie dalam gambar kemasan

Dari namanya yang mengandung unsur “hot” serta gambar kemasan dengan unsur dari Negara Api beserta tampilan cabai, dipastikan indomie jeletot ini bercita rasa pedas diatas rata rata produknya.

Saya sendiri juga agak heran kenapa rasa pedas pada mie instant identik dengan bungkus warna hitam ya? Mulai dari indomie, mie sedaap, nissin, gaga ramen dan lain sebagainya menggunakan bungkus dengan aksen warna hitam yang kentara.

Entah apakah sudah ada kesepakatan nonformal diantara produsen ini untuk menjadikan warna hitam sebagai pertanda mie instan rasa pedass.

Kembali lagi mengulas rasa indomie hype abis mi instan rasa seblak hot jeletot, bentuk mie lebih besar dibanding keluaran indomie yang lainnya, berbebentuk tidak bulat akan tetapi cenderung lonjong dengan ketebalan yang sedikit lebih baik.

Bagaimana rasanya? Tekstur yang dihasilkan termasuk kenyal, saya memasaknya agak lama juga tapi perasaan saya koq tidak cepet merata matangnya. Kepedasan pada mie sebenarnya biasa saja.

indomie-seblak-jeletot-siap-disantap
Kenyataan Mie saat matang (beda dengan gambar kemasan).

Yang bikin jontor di bibir itu adalah kuahnya yang berasa begitu nyata, pedesnya terasa bagi yang tidak terlalu tahan pedas.

Bagi penggemar dewa pedas tentu rasanya tidak terlalu memukul atau bisa tertawa dan komentar Cuma menggelitik sedikit saja di mulut.

Pedas iya, enak juga iya, jadi saya pribadi memberi poin rasa enak pada mie ini dengan kategori rasa pedas. Meskipun derajat enaknya juga tidak mencapai kelas super, tapi masuk kategori tidak mengecewakan untuk dimakan.

Apakah saya pernah makan mie yang menurut saya kurang sedap? Iya pernah. Karena lapar (dan sedikit serta sayang mubadzir) saja akhirnya habis.

bumbu-dan-minyak-indomie-jeletot-hype-abis
minyak, bumbu, dan kerupuk indomie seblak jeletot

Merknya apa? Cari cari aja satu satu di postingan ini 😀 engga enak nyebut merk untuk hal yang saya review kurang recommended.

Ada unsur khas tambahan pada indomie hype abis rasa seblak hot jeletot ini yaitu keberadaan kerupuknya sebagaimana tertulis dalam kemasan yaitu “Lengkap dengan Kerupuk”.

Berwujud kerupuk kecil kecil yang saran saya waktu penyajian ada baiknya jangan anda rendam dalam kuah, akan sangat mengurangi kenikmatan karena kerupuk ini (menurut saya) nikmat dimakan dikala kering.

Anda bisa menempatkan pada wadah tersendiri atau jangan anda campur kedalam indomie jika terindikasi akan basah terkena kuahnya.

Oh iya, bagi yang bertanya apakah mie seblak jeletot mie kua atau mie goreng? Jawabannya jelas mie kuah. Bisa dilihat dari gambar tampilan kemasan yang menampakkan kuah berwarna merah dan mie beserta kerupuknya.

Bicara gambar tampilan mie di kemasan, jangan anda bayangkan jadinya akan seperti itu. Pada kemasan terlihat mie dalam mangkok ditemani dengan seledri cabai merah sawi dan setengah telur rebus dan taburan kerupuknya.

Dalam dunia nyata yang tersaji hanya mie kuah dan kerupuknya saja, terkecuali anda menambahkannya secara mandiri, urusan wadah terserah selera anda, bisa piring, mangkok atau bahkan langsung dari tempat masak (seperti yang saya lakukan 😀 ).

Tips jika anda kepedesan dengan kuah mie ini anda dapat memisahkan antara kuahnya dengan mie kemudian anda dapat makan mie secara terpisah dengan kuah. Karena menurut saya memang sumber pedasnya berasal dari kuah.

Seblak Jeletot Adalah

seblak jeletot. Sumber : Wikipedia

Seblak adalah makanan khas sunda dengan rasa khas gurih dan pedas terbuat dari kerupuk basah dan dikombinasikan dengan sayuran maupun bahan lain semisal telor, boga bahari, daging ayam maupun bahan dari sapi. Dimasak dengan bumbu khusus yang kuat unsur kencur dan cabai.

Sedangkan jeletot adalah ungkapan khas wilayah Barat Bagian Jawa yang menggambarkan betapa pedasnya suatu makanan. Bahasa mudahnya ”Pedesnya kayak setaaan”.

Makanya bukan hanya seblak yang menggunakan tambahan kata jeletot, akan tetapi ada juga tahu jeletot.

Jadi jika anda bingung apa itu seblak hot jeletot yang dimaksudkan dalam indomie Hype abis maka jawabannya adalah suatu makanan khas sunda dengan cita rasa gurih dan pedas terbuat dari kerupuk basah dengan kombinasi sayuran atau bahan protein lain dimasak dengan bumbu khas yang kuat unsur kencur cabai yang rasanya pedasnya kayak setan hehehee…..

sumber : wikipedia

Semoga kita segera bisa mencicipi seblak jeletot asli di Bandung.

Cara Masak Indomie Hype Abis Rasa Seblak Hot Jeletot

Sebagaimana umumnya mie instan, cara penyajian ini dapat anda temukan pada kemasannya. Ada 2 cara masak indomie jeletot ini yaitu dengan cara direbus dan memakai oven.

Jika direbus biasa diperlukan 2 gelas air (400 cc) dan dituangkan dalam wadah hingga mendidih, masukkan mie, aduk pelan pelan selama 3 menit.

Saat mie direbus, siapkan mangkuk dan masukkan bumbu berupa minyak, cabe bubuk dan bumbu lainnya kedalam wadah.

Entaskan mie, masukkan beserta kuahnya kedalam mangkuk atau wadah yang sudah berisi bumbu, kemudian taburkan kerupuk diatasnya.

Anda dapat menambahkan bahan lain semisal telur ataupun sayuran sesuai dengan selera anda.

Hendak masak indomie lewat jalur microwive?

Siapkan 1,5 gelas air putih (300 cc) dalam mangkuk tahan panas, masukkan mie kedalamnya.

Masukkan kedalam microwive dalam suhu tinggi dengan waktu 5 menit.

Setelah mie matang, taburkan bumbu, cabai dan minyak kemudian aduk merata, selanjutnya taburkan kerupuk diatasnya. Mie Seblak Jeletot Hype Abis siap disajikan untuk dinikmati.

Komposisi Mie Seblak Hot Jeletot

kemasan-indomie-hype-abis-seblak-jeletot

Bagi yang hendak mengetahui apa saja yang menjadi komposisi dari indomie rasa seblak jeletot ini, berikut daftar komposisinya.

Komposisi Mie

Tepung Terigu, minyak nabati, tepung tapioka, garam, penstabil (nabati dan fostat) pengatur keasaman, mineral (zat besi) antioksida TBHQ dan pewarna sintetik tartrazin CI 19140.

Komposisi Bumbu

Garam, gula, perisa sintetik seblak (mengandung susu, telur, penguat rasa dinatrium inosinat dan guanilat, antioksidan alfa tokoferol dan askabin palmitat), penguat rasa mononatrium glulamat, pengental nabati, potongan cabe merah (0,3%), ekstrak ragi, daun bawang, pewarna karamel I dan vitamin (A,B1, B6, B12, niasin, asam folat dan pantotenat).

Minyak Bumbu

Minyak nabati dan bumbu seblak (mengandung cabe merah 0,4%, kedelai, antioksidan alfa tokoferol dan askobil palmitat.

Cabe Bubuk (1,3%)

Bahan Pelengkap

Kerupuk (mengandung udang dan penguat rasa mononatrium glutamat).

Itulah komposisi yang terkandung dalam indomie seblak hot jeletot baik pada mie, bumbu, dan juga bahan pelengkapnya.

Dalam keterangan disebutkan bahwa komposisi ini mengandung alergen, dapat dilihat pada tulisan pada kemasan yang dicetak tebal kemungkinan mengandung bahan kacang tanah, ikan dan moluska.

Demikian review tentang indomie seblak hot jeletot hype abis disertai informasi komposisi makanan dan juga pengetahuan apa sih sebenarnya seblak dan apa itu jeletot.

Sugeng sonten, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

loading...

Silakan berkomentar