cara bayar dengan gopay

Cara Menggunakan gopay untuk membayar belanja di alfamart

Informasi tentang tata cara pembayaran dengan menggunakan dana gopay di gerai alfamart saat belanja secara langsung dengan kasir berdasarkan pengalaman pribadi. Proses pembayaran relatif lebih ribet daripada dengan uang tunai karena harus scan barcode toko modern alfamart dengan ponsel pintar.

Pontren.com – assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, saat ini dompet digital sudah jamak dipergunakan utamanya oleh generasi milenial yang melek teknologi serta aktif dalam mencari cara pembayaran yang paling praktis dan hemat dengan memperhatikan diskon yang disajikan.

loading...

Gopay sebagai salah satu penyedia dompet digital bersaing dengan banyak penyedia jasa uang digital lain semisal isaku yang identik dengan indomaret (bisa jadi ini kenapa top up dana gopay tidak dapat dilayani pada indomaret, karena strategi persaingan dompet digital?).

Perlu diketahui juga masih banyak pesaing lain semisal linkaja BRI, DANA yang disokong oleh investor luar negeri dan entah berapa banyak lagi layanan yang terjun dalam bisnis ini.

susah-jadi-driver-Gojek

Baca : Berat dan susahnya menjadi driver Gojek

Kembali lagi ke cara pembayaran belanja di alfamart menggunakan aplikasi Gopay milik gojek, sebelum anda melakukan transasi pembelanjaan anda di gerai toko modern ini perlu diperhatikan syarat dan ketentuan pembayarannya.

Berikut syarat supaya dapat melakukan transaksi gopay ke alfamart untuk membayar barang belanjaan yang anda beli.

Pastikan ada dana di akun Gojek atau Gopay anda

Transaksi pembayaran dapat dilakukan jika terdapat saldo dalam akun gopay anda, jadi sebelum anda membayar belanjaan dengan dompet digital ini silakan anda cek guna memastikan bahwa terdapat uang didalam akun gopay.

Dalam beberapa kasus disebutkan bahwa pembayaran dapat berupa kombinasi antara dompet digital dengan uang tunai jika dana dalam aplikasi tidak mencukupi.

baca : cara topup gopay lewat alfamart

Misalnya dana yang terdapat dalam akin gojek anda sebesar 50 ribu dan belanja anda mencapi 75.000 anda dapat membayar dengan kombinasi gopay 50 ribu dan uang tunai sebesar Rp. 25.000,- (jika belum ada perubahan ketentuan).

Toko Gerai tempat belanja menerima pembayaran dengan aplikasi Gopay dari Gojek

Kalau alfamart saat ini jelas menerima pembayaran dengan dompet digital yang dibesut oleh nadiem Makarim ini, bukan hanya alfamart, ada gerai gerai toko lain maupun restoran dan tempat makan yang menyediakan pembayaran dengan gopay, seperti rocket chicken di tasikmadu, mungkin juga toko cepat saji semisal KFC maupun CFC (semisal dengan pembayaran via DANA, dll).

isi-go-pay-di-alfamart

Akan sangat naif jika anda hendak membayar dengan gopay sementara toko yang bertransaksi dengan anda tidak menyediakan pembayaran via gojek atau gopay, sehingga anda perlu melakukan pembayaran dengan cara lain berupa transaksi tunai ataupun non tunai dengan sistem yang diterima oleh toko.

Ada jaringan internet untuk eksekusi aplikasi

Walaupun tidak langsung berhubungan dengan transaksi, keberadaan jaringan internet mutlak diperlukan bagi anda yang hendak membayar dengan gopay.

Transaksi tidak dapat dilakukan jika hape anda tidak mendapatkan jaringan internet entah melalui data dari ponsel seluler anda maupun wifi teatering dan lain sebagainya, yang jelas harus tersambung dengan internet.

Jadi secara akumulatif, jika anda hendak melakukan transaksi dengan menggunakan dana dari akun gopay anda maka hal yang perlu dicek adalah, ketersediaan dana di gopay anda, kejelasan gerai menerima pembayaran dengan gopay dan ketersediaan jaringan internet pada ponsel anda.

Pengalaman pribadi membayar belanjaan dengan gopay di alfamart

Nah ini yang saya alami pertama kali belanja di alfamart dengan menggunakan gopay untuk membayarnya.

Biasanya orang orang akan tengsin atau gengsi untuk bertanya kepada kasir bagaimana cara membayar dengan aplikasi.

Kenapa begitu? Karena malu dikatakan kuper atau udik tidak mengetahui cara pembayaran dengan dompet digital.

baca : minimal isi gopay lewat alfamart

Tapi anda tidak perlu khawatir bertanya dan tidak usah gengsi, karena saya yakin dari pihak kasir penjaga toko tidak akan mengejek anda kuper atau menampakkan gestur tubuh yang menghina anda.

Saya yakin dan dari pihak pengelola memastikan pegawainya akan membantu dan memberikan informasi tatacara pembayaran dengan dompet digital kepada anda tanpe perlu menyentuh ego pribadi anda.

Seperti yang saya alami, karena pertama kali, yang saya lakukan adalah bertanya kepada penjaga kasir yang lumayan manis ramping dan sedap dipandang mata (sayangnya pakai masker hehehee).

“mbak, bisa bayar pakai gopay?”

“Bisa mas” jawab sang kasir, mau bayar pakai gopay?

“iya”, jawab saya.

dp anak kost habis uang

Kemudian saya membuka aplikasi gopay saya supaya telah siap saat diperlukan untuk pembayaran.

Kemudian kasir memasukkan bawang belanjaan kedalam mesin penghitung dan selanjutnya meminta hape saya guna dipergunakan untuk pembayaran.

Ternyata yang dipencet adalah pojok kanan atas berisi cara pembayaran yang nantinya terhubung ke kamera hape guna membaca barcode untuk verifikasi pembayaran.

Itupun yang melakukan adalah dari pihak kasir penjaga, saya hanya membuka aplikasi gopay setelah memastikan ketersediaan uang didalamnya.

Jadi singkatnya cara membayar gopay saat belanja di alfamart adalah sampaikan kepada kasir bahwa anda akan membayar dengan menggunakan dompet digital gopay besutan dari gojek.

Kemudian siapkan aplikasi anda (buka) supaya siap untuk transaksi.

Serahkan kepada kasir untuk scan barcode.

Pembayaran selesai, cek saldo gopay pada hanphone anda dan pastikan jumlah yang dikurangi adalah sama dengan biaya anda membayar belanjaan anda.

Semudah itu cara pembayarannya akan tetapi memang tidak sepraktis pembayaran secara tunai atau tidak semudah bayar tol.

Entah anda memiliki pengalaman yang sama atau berbeda dengan yang saya alami, akan tetapi saya yakin secara garis besar seperti itulah cara pembayaran dengan dompet digital pada umumnya.

Demikian berbagi pengalaman belanja di alfamart dengan pembayaran gopay, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Silakan berkomentar

%d blogger menyukai ini: