Kolam Renang Tirta Guwo Indah Guworejo Kerjo Segar dan adem

kolam-renang-tirta-guwo-indah-kerjo

Pengalaman mengunjungi kolam renang Kecamatan Kerjo yang dalam papan nama tembok disebut dengan Waterboom & win’s aerobic Tirta Guwo Indah Guworejo disertai wawancara terhadap pengunjung yang membawa anak kecil beserta istri alias dalam rangka liburan keluarga.

Pontren.com – assalamu’alaikum para renangers di area wilayah Kabupaten Karanganyar dan sekitarnya, ini merupakan pertama kali saya mengunjungi waterboom di wilayah Kecamatan Kerjo yang bernama Tirta Guwo Indah.

Dolan ke lokasi ini pada hari hari sabtu tanggal 28 Desember tahun 2019, bertepatan dengan liburan anak sekolah dasar alias SD, sehingga relatif waktu yang cocok bagi orang tua untuk mengajak putra putri berliburan di tempat wisata atau permainan dengan wahana sederhana bagi yang bermodal dompet sederhana isinya.

Harga tiket masuk

Saya kurang memperhatikan secara jelas tentang biaya masuknya, tapi yang jelas untuk hari libur disitu tertera Rp. 15.000,- (lima belas ribu rupiah). jadi jika anda dengan pasangan dan 2 orang anak dan berwisata kesini hari libur maka siapkan saja uang Rp. 60.000,- (enam puluh ribu rupiah) biaya tiket masuk.

Mestinya biaya untuk hari biasa (senin-jum’at?) dan bukan tanggal merah lebih murah daripada saat liburan atau hari preinan cah cah.

Jadi relatif rata rata untuk karcis masuk bermain air di tempat ini.

kalau melihat dari tulisan pada dinding nya, diinformasikan bahwa jam buka mulai setengah delapan pagi (07.30 WIB) dan tutup jam setengah enam sore (pukul 17.30 WIB).

Parkiran luas

Anda hendak kesini menggunakan roda empat alias mobil? Tenang saja, area parkiran termasuk luas untuk menampung lebih dari 20 mobil.

Parkiran terletak sangat dekat dengan obyek wisata, untuk parkir sepeda motor berada di dalam kompleks kolam renang guna kemudahan mencapai lokasi dan keamanan.

parkiran-luas
parkiran luas

Biaya parkir kendaraan mobil alias roda empat, anda akan ditarik Rp. 5.000,- (lima ribu rupiah). entah untuk sepeda motor, bisa jadi kisaran antara 2.000 atau 3.000. silakan nanti dibuktikan sendiri.

Macam Wahana dan fasilitas dan permainan

Ada 3 buah kolam renang yang relatif luas untuk bermain, salah satunya dengan kedalaman 2 meter dan dua lainnya dapat dimanfaatkan untuk anak anak maupun orang tua yang tidak bisa berenang.

kolam-renang-untuk-anak-anak-dan-orang-tua-yang-tidak-bisa-berenang
kolam renang anak anak
kolam-renang-kedalaman-2-meter
kolam renang orang dewasa kedalaamn 2 meter

Seperti pada umumnya fasilitas kolam renang, disini terdapat prosotan kecil untuk anak anak usia balita. Ada juga prosotan melingkar lingkar yang saya perkirakan panjangnya 8 meter (muter) dengan ketinggian 3 meter dari permukaan air kolam renang.

prosotan-untuk-balita
prosotan balita di kolam renang
prosotan-seluncur-air
prosotan muter muter

Pada kolam untuk anak anak dan nirkemampuan berenang, terdapat ember raksasa yang setiap beberapa menit menyiramkan debit air berliter liter, berfungsi sebagai seru-seruan berada dibawahnya grujug dan bermain.

ember-besar-wahana-kolam-renang
siraman ragawi dari ember besar

Pada pintu masuk terdapat kolam ikan berisi ikan emas atau koi atau apalah dengan ada stupa atau monumen patung abstrak sebagai penambah keindahan, sayangnya air untuk kolam ini tidak begitu jernih sehingga keindahan ikan tidak dapat dilihat secara maksimal.

kolam-ikan
kolam ikan

Di sepanjang samping tembok pagar lokasi wisata, terdapat banyak gazebo lengkap dengan meja dan kursinya.

gazebo-kolam-renang
banyak gazebo untuk duduk duduk
ayunan-dan-gazebo
gazebo dan gandulan ayunan

Orang tua atau pasangan remaja dapat santai dan rileks untuk melihat dan mengawasi anak anak sedang bermain.

Bisa juga sambil makan pop mie yang dijual oleh food court atau lapak lapak beberapa penjual yang berada di kompleks kolam renang.

Harganya standar yang akan kita bahas dibawah khusus tentang harga makanan.

kantin-tempat-wisata-renang

Selesai mandi atau bermain, anda dapat bilas di kamar mandi yang telah disediakan.

Bagi kaum muslimin wa muslimatin yang hendak menjalankan sholat dhuhur atau asar, terdapat juga mushala kecil untuk beribadah, berada di pojokan samping kamar mandi untuk bilas.

Harga –harga Makanan dan camilan

Saya lihat beberapa orang membawa bekal makanan sendiri dalam topless atau tupperware, dan di lokasi ini tidak terdapat tulisan larangan membawa makanan dari rumah.

Akan tetapi jika anda hendak berlibur dan niat untuk jajan diluar, makanan dan minuman di food court atau kantin Tirto Guwa Indah berharga relatif sama dengan penjual pada umumnya, alias tidak ada mark up harga atau penggelembungan biaya, kata teman saya diistilahkan dengan “kalkulatore rusak”.

Baiklah, berikut harga makanan yang saya ketahui dari wawancara maupun pengalaman membelinya sendiri;

Pop mie (sudah diseduh) Rp. 8.000,-
Teh Hangat Rp. 3.000,-
Coffemix hangat Rp. 3.000,-
Crabby Patty atau Hamburger (beef burger) Rp. 3.000,-
Tahu krispy 1 plastik Rp. 5.000,- (bisa beli 1000 atau 2000 tergantung selera).
Pop ice milkshake dan sejenisnya Rp. 5.000,-

Itulah beberapa menu yang bisa saya ketahui tarif harganya.

Untuk menu yang lain juga tersedia disini, tapi terus terang saya tidak tahu berapa biaya untuk melahapnya, meski begitu harganya diyakini standar umumnya orang jualan.

Kalau masih ragu, tanya saja terlebih dahulu berapa harganya.

penjual-mainan-di-tempat-wisata
awas yang bawa anak kecil, ada penjual mainan juga

Berikut macam macam makanan lain yang dijadikan jualan disini;

Bakso Bakar
Sosis Baka
Gendar Pecel
Aneka minuman instant
Es kepal milo
Tahu mbledos
Frenc fries
Bola bola telur dll.

Silakan memilih mana yang disukai atau membawa bekal dari rumah, mana yang lebih sesuai dengan situasi anda.

Wawancara dengan pengunjung kenapa datang ke tempat ini

Disaat berkunjung ke tempat ini ada pasangan suami istri yang mengajak ketiga anaknya bermain renang ke Kecamatan Kerjo ini.

Menurut kisahnya, sudah banyak kolam renang di Karanganyar yang didatangi dan dikunjungi, mulai dari

  • Lalung;
  • Kaliboto;
  • Intanpari;
  • Baruna; dll

Disaat saya tanyakan apa kelebihan kolam renang di Kecamatan kerjo ini dibandingkan dengan yang lain, karena jarak Punukan Matesih ke lokasi ini relatif jauh daripada jika ke Karanganyar.

Menurut Pak Eko Prasetyo, sebenarnya relatif sama saja seperti kolam renang ini dengan yang lain utamanya dalam hal fasilitas dan tiket masuk, tapi ada 2 hal yang membuat tertarik datang kesini.

Pertama; air yang segar dan tidak ada bau aroma kaporit, salah satu pembeda yaitu kesegaran air di kolam renang yang menyegarkan, tidak ada kaporit sehingga air kolam renang ini dicurigai berasal dari sumber atau mata air langsung yang jernih;

air-segar-kolam-renang-tirta-guwo-indah
ember gebyur, segerrrrrrr

Kedua; relatif tidak ramai, jika kolam renang lain saat liburan hari sabtu minggu atau liburan panjang, maka tempat ini termasuk tidak terlalu ramai pengunjung sehingga lebih nyaman dalam menikmati kegiatan liburan.

Itulah dua hal yang menjadi pertimbangan wawancara dari pak Eko yang merupakan Suami dari Mbak Widi, mereka mengajak ketiga anaknya yang bernama Nafis, Una dan Haekal.

Ditambahi keterangan dari pengunjung yang lain yaitu kamar mandi untuk bilas bersih dan aromanya lumayan wangi, tidak ada bau yang tidak mengenakkan.

kamar-mandi-bilas
kamar mandi bilas

Secara kebersihan kompleks termasuk bersih kecuali dengan beberapa catatan. Apa saja catatan yang bisa dianggap kritik dari pengunjung? Berikut informasinya.

Kritik dari pengunjung

Tidak dapat dipungkiri, di meja kantin terdapat puluhan bahkan ratusan lalat yang mengerumuni meja makan dan tempat jualan, terlihat ada usaha untuk mengurangi jumlahnya dengan pemasangan kertas lem lalat.

meja-kantin

Entah apakah didekat lokasi kolam ini terdapat pemelihara ternak ayam sehingga lalat mengerumuni tempat meja makan kantin.

Komentar seorang pengunjung, tidak akan tega makan nasi di meja kantin, tapi tenang saja, jika anda pindah ke gazebo atau lokasi lain anda akan dapat terhindar dari banyaknya lalat.

Selanjutnya mengenai mushala tempat shalat, fasilitas mukena atau rukuh yang tidak digantung membuat pakaian untuk sholat ini nglimprek dilantai mushola, namanya wisata renang tentunya sedikit banyak air dari kaki membasahi lantai atau karpet. Aromanya menjadi kurang sip.

Itu saja sih yang dirasa kurang bagus dari tempat wisata air yang berada di wilayah kecamatan kerjo.

Demikian pengalaman mengunjungi tempat renang ini, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

loading...

One Comment on “Kolam Renang Tirta Guwo Indah Guworejo Kerjo Segar dan adem”

Silakan berkomentar