Perkiraan Rata rata Penghasilan Blogger Pemula


penghasilan-blogger-pemula

Dunia blogspot maupun wordpress mengundang banyak orang untuk menuangkan ide di kanvas internet.

pontren.com – apalagi dengan keberadaan iklan affiliasi serta beberapa cara lain yang dapat menambah pundi pundi keuangan sang pemilik blog.

Ada yang memiliki tujuang ngeblog memang hanya untuk menyalurkan hobi serta menyimpan catatan di internet, adapula yang memiliki mimpi meraih penghasilan jutaan rupiah dari menulis di internet.

Hobiis menulis yang tekun dalam menelurkan artikel serta mampu meraih pengunjung lumayan biasanya menyadari bahwa dari kunjungan yang banyak dapat di konversi menjadi rupiah.

Sedangkan yang awal mula bermimpi mendapatkan uang memang dalam mind set nya membuat blog guna menghasilkan duit entah tambahan atau memang sumber pokok penghasilan.

Masalahnya setiap awal ngeblog dan mendapatkan uang tentu melewati masa untuk mendapatkan penghasilan bagi blogger pemula.

Ada pemula, ada ahli, di tengah tengahnya ada masa peralihan atau tingkat menengah. Dalam blogger juga ada seperti itu.

Bagi yang awal sering disebut newbie alias beginner, bagi para ahli alias tingkat expert mendapat julukan mastah.

Lha yang tengah tengah gimana? Kalangan intermediate ini sepertinya belum mendapatkan khusus tapi anda dapat memanggil dengan kalangan menengah atau blogger medioker.

Trus brapa sih penghasilan mereka? Utamanya yang blogger pemula? Sebulan dapat berapa? Berapa bulan bisa PO?

Untuk mengetahui berapa rata rata penghasilan blogger pemula mestinya harus mengetahui dulu parameter siapakah yang disebut dengan beginner, intermediate dan expert.

Tidak ada karya ilmiah resmi (sepanjang saya tahu) yang memberikan batasan secara spesifik mengenai garis lurus antara blogger newbie, medioker dan mastah.

Saya mencoba memetakan jenjang tingkatan blogger dalam 3 kategori dimaksud dalam postingan berjudul parameter blogger disebut newbie dan mastah.

penghasilan-blogger-newbie

Kembali lagi mengenai penghasilan blogger pemula, berapa yang dihasilkan setiap bulan?

Baiklah anggap saja blogger pemula itu sudah memiliki visitor ratusan yang stabil dengan pageviews diatas 500 perbulan sampai dengan 5.000.

Umumnya blogger pemula tentu masih acakadut dalam pemilihan niche serta bagaimana memilih keyword yang tinggi bayarannya.

Dari estimasi ini (500-5.000 pageview) maka jika dipasang dengan google adsense diperkirakan menghasilkan uang antara 50 ribu – 500.000,- perbulan. Tergantung jumlah visitor dsn kata kunci yang diraih oleh situs sang blogger pemula.

Atau anda dapat menggunakan metode dengan melakukan di ceksite, kemudian prakiraan penghasilan blogger dari ceksite anda bagi empat (4).

Kenapa harus dibagi empat? Karena umumnya seperti itu, jika penghasilan blogger pemula kisaran yang ditampilkan pada ceksite, wah bisa jaya raya blogger blogger di Indonesia.

Lha kalau pageviews 1000 perhari berapa penghasilannya?

Ya kalau estimasi dan pengalaman maka suatu blog dengan pageview 1000 perhari diperkirakan akan mendulang pundi rupiah kisaran 75 ribu – 100 ribu.

Itupun jika iklan yang dipasang adalah google adsense. Kalau anda memakai adnow hasilnya lebih sedikit lagi. Bisa bisa tidak ada separuhnya.

Saya pernah pengalaman memasang iklan smaato dengan estimasi pengunjung pageview kisaran 2 ribu an perhari.

Ternyata jangka sekitar 2 tahun baru bisa PO karena batas pencairan uang dari smaato adalah 100 dollar.

Untuk adnow, batasan pencairan adalah 20 dollar, diperkirakan website pemula dengan pengunjung 1500-2000 (2.500-3.000 pageview) bisa po alias cair kisaran 2 bulan.

Jadi estimasinya ya balik lagi untuk visitor dengan kisaran diatas dan pageview 3 ribuan sekitar 130-160 ribu rupiah.

Nah itulah gambaran sekilas tentang penghasilan blogger pemula dengan kalkulasi disebut pemula jika belum ahli dalam pemilihan niche serta kisaran pageview masih dibawah 5.000/day.

Emangnya pasti segitu ya penghasilannya?

Parameter penghasilan blogger pemula ini mengacu ke monetize blog dengan pasang iklan, bukan blog jualan atau affiliasi termasuk content placement serta jual beli link.

Seperti banyak blogger senior yang mengatakan bahwa menghasilkan uang lewat ngeblog itu berat, biar Dylan saka yang melakukan hehheee…..

Meskipun berat dan relatif sedikit penghasilan uang bagi blogger pemula dalam sebulan akan tetapi para blogger mastah memberikan semangat.

Semisal semangat yang mengatakan meskipun berat tapi bukan berarti mustahil, kalau blog dirawat dipelihara rutin buat posting yang layak dibaca, lama lama dengan ketekunan dan konsisten akan dapat menyumbang duit yang lumayan.

Menghasilkan uang dari blog merupakan perjalanan panjang, bukan model sehari dapat uang.

penghasilan-blogger

Diperlukan waktu berbulan bulan bahkan ada yang satu tahun lebih baru menghasilkan secercah harapan dapat uang dari ngeblog.

Itupun dibarengi dengan konsistensi menulis di blog dengan melakukan riset keyword serta tidak mengabaikan belajar ilmu SEO baik onpage maupun ofpage meskipun hanya permukaan atau dasar. dasarnya saja.

Itulah estimasi prakiraan penghasilan blogger pemula, jika ikut program adsense mungkin memerlukan waktu setahun dua tahun atau tiga tahun untuk PO tarik dana dari google.

Kenapa bisa begitu lama? Karena ambang batas PO google adsense adalah 1.300.000,- (satu juta tiga ratus ribu rupiah).

Jika estimasi pemasukan adalah 50 ribu/bulan maka perlu menunggu masa 2 tahun lebih beberapa bulan guna menerima transferan dari Google Asia Pasifik.

Sedangkan jika anda ikutan program adnow dengan pageview kisaran 2000-3000 maka kemungkinan dua atau 3 bulan sekali anda akan mendapatkan uang 20 dollar yang dapat anda tarik ke paypal selanjutnya tinggal perintahnpenarikan ke rekening anda (melaui perintah di akun paypal anda.

Itulah estimasi penghasilan blogger pemula dari pemasangan iklan baik adsense smaato maupun adnow.

Sugeng siang, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

monggo silakan komen atau tanya

6 comments on “Perkiraan Rata rata Penghasilan Blogger Pemula

Tulisan yang bagus yang bisa jadi acuan bila blogger ingin memperoleh penghasilan dari blognya.
Setiap blogger pasti punya pilihan untuk apa mereka ngeblog. Saya pribadi ngeblog hanya menyalurkan kesukaan nulis apa adanya saja, semacam kelanjutan hob nulis diary mulai zaman SMP dahulu.

Terimakasih Mas atas tulisannya yang banyak memberikan pencerahan kepada rekan-rekan blogger.

Salam dari saya di Sukabumi.

Reply

betul, pilihan menulis tanpa ada unsur mencari profit tentunya akan lebih bermakna karena datang dari hati bukan karena menembak tema tema yang banyak dicari di internet karena mengejar traffic.

salam kenal juga dari blogger Jawa Tengah.

Reply

Jadi tahu,,, kira²an pendapatan blogger. Walaupun kalau aku pribadi tidak berniat untuk itu, karena ngeblog hanya pelarian bagiku. Tempat bersenang² bila resah.

Reply

Malah enak bisa menikmati membuat tulisan tanpa kepikiran profit sehingga tulisan yang dihasilkan lebih berasal dari hati, bukan pengejar pageview saja. tapi tulisan penghasilan yang saya sampaikan juga bisa bersifat bias karena untuk niche tertentu walau pageview tidak banyak tapi mampu menghasilkan duit lumayan, seperti disampaikan website panduanim, dengan pageview 1.500 mampu menghasilkan kisaran 2 dollar sehari alias sekitar 60 dollar dalam setahun. hitung saja kalau kurs hari ini Rp. 17.000,-/dollar.

Reply

Jangan kayak saya kenal blog dari 2010, tapi enda pernah PO. Daftar adsense baru di terima 2018, sampai saat ini baru 400 ribu dalam akun miris sekali saya wkwkwk…

Reply

tetap semangat, semoga segera bisa PO sebulan sekali. salam kenal Kedy. lah sip tuh bisa terima dari adsense, yg lain boro boro terima duit adsense, daftar aja pada belum lolos. dah mendekati setengah juta tuh, udah 400 ribu. tinggal tambahin 700 ratus ribu lagi, bisa PO.

Reply

Silakan berkomentar

%d blogger menyukai ini: