5 situs Islam paling tinggi peringkat dikunjungi versi mesin analisa website

tampilan awal PDPP

pontren.com – 5 situs Islam paling tinggi peringkat dikunjungi versi mesin analisa website. Salah satu kebiasaan sebagai blogger amatiran adalah sering cek situs ini pada mesin mesin pencari ataupun peringkat yang bisa menunjukkan jumlah pengunjung dan bounce rate. Entahlah bisa dikatakan setiap hari berkunjung di penyedia jasa peringkat situs website semisal alexa ceksite maupun similarweb.

Pada awal mula dalam memeriksa peringkat dan visitor blog ini, kami tidak terlalu memperhatikan fitur yang lain, penyebabnya bermacam macam, memang karena kemampuan bahasa yang tidak mumpuni karena terlalu teknis maupun merasa cukup dengan hanya menggunakan fitur cek jumlah pengunjung dan peringkat.

Kemarin beberapa saat yang lalu, disaat membuka similarweb, situs ini dimasukkan dalam kategori community and society dan di spesifikkan lagi pada and faith and beliefs.

Jadi menurut similarweb, blog ini mempunyai niche komunitas dan masyarakat dengan kategori iman dan kepercayaan, mestinya lebih detil lagi sebagai blog keagamaan Islam.

Sebenarnya memang fokus blog ini menulis tentang kisaran Pendidikan Keagamaan Islam yang fokus pada lembaga TPQ, Madrasah Diniyah dan Pondok Pesantren, karena apa? Bukan apa apa sih, pada saat itu memang ada beberapa buku tentang tiga lembaga diatas yang sayang jika hanya berwujud buku.

Kembali lagi ke situs islam yang memiliki peringkat tinggi dalam niche faith and beliefs di Indonesia, similarweb dalam situsnya memuat data dimaksud, sebenarnya ada lebih banyak lagi alias bukan hanya lima, akan tetapi untuk bisa melihat atau versi lengkap nya memakai versi berbayar, disitulah kadang saya merasa galau.

Analisa Susunan peringkat 5 top rank oleh similarweb

Meskipun website di Indonesia banyak memuat berbagai konten, utamanya yang sesuai dengan kelompoknya, menurut saya similarweb belum bisa memilah suatu situs apakah itu tahlil garis keras atau yang moderat, website salafi maupun Islam modernis yang ada di Indonesia.

Tersusunnya peringkat ini bisa karena logaritma mereka yang mendeteksi kecenderungan pembaca dan konten pada situs yang bermuatan Islami tanpa mengkategorikan pakah itu islam sunni ataupun syiah.

Dan juga pemberian peringkat tidak lepas dengan banyaknya pengunjung yang nongkrongin situs serta variabel yang lain semisal backlink, kemudian overlap, share media sosial dan sebagainya.

5 top ranking website Islam menurut similarweb.

Seperti sudah diutarakan, bahwa hanya 5 buah website yang bisa kami tangkap dalam peringkat yang dibuat oleh similar web. Berikut adalah kelima situs dimaksud.

top-rank-situs-islam

Eramuslim dot com

Banyak konten islam pada situs ini, dimana pengunjungnya bisa mencapai 20 juta dalam satu bulan, dan sepertinya situs ini sudah memiliki penggemar yang setia karena dari laporan pengunjungnya, 40 persen lebih visitor mengunjungi langsung ke website ini.

Sedangkan pengunjung dari share media sosial semisal facebook youtube whatsapp meraih 6 persen atau sekitar 1 juta pengunjung dalam satu bulan.

Portal-islam dot id

Situs yang banyak memberitakan politik dan tentunya banyak menyangkut umat Islam, dan dalam similarweb pun dia lebih banyak sebagai news daripada faith and belief.

Situs ini dalam sebulan bisa mendulang 17 juta pageviews. Jika di rata rata maka akan didapatkan angka 560 ribu pageviews setiap harinya.

Dan loyalitas para pembaca situs portal-islam termasuk kategori sangat tinggi, ada lebih 67% lalulintas pembaca yang mengunjungi situs ini tanpa mesin pencari. Hebatnya mereka dalam menjaga pembaca tetap loyal.

Nu dot or dot id

Situs resmi milik organisasi nahdlatul ulama ini menduduki peringkat 3 menurut similarweb dalam kategori portal informasi tentang Islam. Menilik jumlah pengunjungnya yaitu 13 juta pageviews atau halaman yang dilihat oleh pengunjung.

Sebagai situs milik organisasi, tentunya dimaklumi jika hal terkait berita tentu sudah diperhitungkan mana yang menguntungkan dan merugikan terhadap organisasi, juga dipergunakan untuk bertahan ataupun menyindir pihak yang tidak sesuai.

Apalagi jika terkait dengan salafi wahabi maupun tahlil serta bela negara, situs ini akan top dalam berinformasi.

Meskipun begitu, dari website neilpatel, halaman yang banyak dikunjungi adalah tentang doa rasulullah, kemudian khutbah dan juga lafal niat zakat fitrah. Ada juga tulisan tentang urutan peristiwa tanda kiamat sebagai page yang mendulang banyak visitor serta di share pada media sosial.

Hebatnya situs ini lebih banyak mendapatkan pengunjung dari mesin pencari, bukan pembaca loyal yang datang langsung, hanya 10 persen visitor yang di dapat oleh website ini yang langsung menuju ke alamat situs, kira kira 1 berbanding 10 orang.

Konsultasisyariah dot com

Blog ini melesat naik peringkatnya, bisa jadi karena moment ramadhan dan idul fitri yang mengerek peringkat karena banyaknya orang yang mencari informasi tenang puasa, fidyah maupun zakat fitrah.

Dari namanya dapat ditebak bahwa situs ini cenderung bersifat tanya jawab dan juga informatif tentang situasi dan pertanyaan umum di masyarakat.

Dalam satu hari, setengah juta halaman dilihat oleh masyarakat guna mendapatkan keterangan berkait ketentuan dalam agama Islam.

Lima halaman peringkat tertinggi yang banyak dikunjungi pada situs konsultasi syariah adalah ;

  1. Tata cara shalat istikharah
  2. Apa arti mimpi saya
  3. Hukum menghadiahkan alfatihah untuk orang sakit
  4. Hukum hena tangan
  5. Doa ziarah kubur

Dari situ memang website ini cenderung lebih kepada aturan dan ketentuan yang banyak ditanyakan oleh masyarakat yang awam dalam agama.

Karena bersifat konsultasi dan pertanyaan, pengunjung konsultasisyariah berasal dari mesin pencari yang tentunya google sebagai sang jawara, diikuti oleh yahoo dan bing serta mesin pencari tempelan dari virus internet.

Tidak ada 4% pengunjung yang langsung mengunjungi situs ini, dominasi dari mesin pencari sangat tinggi.

Rumaysho dot com

Seperti situs Islam lainnya, memiliki peningkatan pengunjung pada saat bulan ramadhan, dalam situs similarweb tercatat bahwa website ini mendapatkan pageviews sebanyak hampir 13 juta halaman yang dibuka.

Situs yang dikelola oleh Muhammad Abduh Tuasikal, S.T., M.Sc
Pada tahun 2010, bertolak ke Riyadh Saudi Arabia melanjutkan studi S-2 Teknik Kimia di Jami’ah Malik Su’ud (King Saud University). Konsentrasi yang diambil adalah Polymer Engineering.

Pendidikan S-2 tersebut selesai pada Januari 2013.. Saat kuliah itulah, M Abduh Tuasikal belajar dari banyak ulama, terutama empat ulama yang sangat berpengaruh pada perkembangan ilmu beliau, yang diantaranya yaitu Syaikh Dr. Shalih bin Fauzan bin ‘Abdullah Al-Fauzan.

kebanyakan pengunjung berasal dari mesin pencari, bukan langsung menuju ke alamat blog rumaysho, bisa jadi ini karena pengelola telah membuat aplikasi di google play sehingga peminat loyal blog ini menginstal aplikasi yang dibuat oleh rumaysho sehingga membuat pengunjung direct sangat rendah yaitu tidak ada 5 persen.

Adapun 5 halaman atau page yang ramai dikunjungi dari situs ini adalah; tentang ;

  1. Khutbah jum’ah
  2. Doa ketika hujan
  3. Tafsir al Qur’an
  4. Bacaan Dzikir Pagi
  5. Doa khatam al Qur’an

Penutup dan disclaimer

Apel Akbar Kesetiaan Pancasila Front Pengerak Pancasila di Tawangmangu

Penyusunan ranking 5 besar situs Islam ini hanyalah merujuk kepada similarweb baik dalam peringkat maupun data pageviews, dan halaman yang banyak dikunjungi berdasarkan pada ubersuggest milik neilpatel.

Tidak ada maksud komparasi dalam hal isi konten atau peringkat lebih rendah mesti lebih bagus atau berkualitas bahkan lebih benar, ini hanyalah ansich berdasarkan olah informasi dari similarweb.

Demikian harap maklum.
Salam ngeblog.

loading...

Silakan berkomentar