tujuan-sasaran-KKG-MGMP-Madin

Tujuan Pembuatan Pedoman KKG MDT dan MGMP MDT sasaran dan Hasil yang Diharapkan

Tujuan pembuatan pedoman Kelompok Kerja Madrasah Diniyah Takmiliyah beserta Musyawarah Guru Mata Pelajaran Madin serta sasaran yang dituju dan harapan serta hasil yang hendak dicapai dengan keberadaannya.

Pontren.com – assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh. Alhamdulillah ada buku panduan tentang pedoman dalam KKG dan MGMP untuk Lembaga Diniyah Takmiliyah yang menjadi landasan dan rel dalam pelaksanaan organisasi guru madin ini.

dalam buku pedoman ini terperinci tentang apa yang menjadi tujuan dari pembuatan pedoman dan juga sasaran utama dan dilengkapi dengan hasil yang hendak dicapai dengan keberadaan pedoman ini.

Mengenai tujuan, sasaran dan hasil yang diharapkan ini dipetik dari PEDOMAN KELOMPOK KERJA GURU DAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH DIREKTORAT PENDIDIKAN DINIYAH DAN PONDOK PESANTREN DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN ISLAM KEMENTERIAN AGAMA REPLUBIK INDONESIATAHUN 2013.

Dalam tulisan ini dilandaskan pada KEPUTUSAN DIREKTUR JENDERAL PENDIDIKAN ISLAM NOMOR: 2352 TAHUN 2012 TENTANG PEDOMAN KELOMPOK KERJA GURU MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH dan KEPUTUSAN DIREKTUR JENDERAL PENDIDIKAN ISLAM NOMOR : 2353 TAHUN 2012 TENTANG PEDOMAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH.

Jadi dapat disimpulkan merupakan tujuan sasaran dan harapan yang resmi termaktub dalam panduan Kemenag untuk lembaga pendidikan Islam khusus ditujukan kepada MDT.

Berikut ketiga bahasan diatas sebagaimana dibawah ini.

TUJUAN

Tujuan dari penyusunan pedoman ini adalah untuk memberikan kerangka acuan bagi penyelenggaraan dan pengembangan organisasi KKG MDT dan MGMP MDT sebagai wadah bagi para guru-guru Madrasah Diniyah Takmiliyah untuk memperkuat kerjasama melalui kegiatan-kegiatan prefesional yang berkaitan dengan penguatan kompetensi secara mandiri, bermutu, dan berkelanjutan.

SASARAN

guru-Madrasah-Diniyah-Takmiliyah
ilustrasi Guru Madrasah Diniyah Takmiliyah

Sasaran utama buku ini adalah guru kelas dan guru mata pelajaran di lingkungan Madrasah Diniyah Takmiliyah. Buku ini juga menjadi pegangan bagi pihak-pihak lainya yang terkait dengan pendidikan Madrasah Diniyah Takmiliyah, Seperti :

  • Kantor kementerian Pendidikan Agama Kabupaten/Kota;
  • kantor wilayah kementerian Agama Provinsi; Serta
  • pihak-pihak lain yang terkait dengan pendidikan Madrasah Diniyah Takmiliyah, Baik pemerintah maupun Swasta.

HASIL YANG DIHARAPKAN

Hasil yang diharapkan atas tersusunnya pedoman ini adalah :

  1. Semakin kuatnya kerjasama antar guru kelas dan antar guru mata pelajaran Madrasah Diniyah Takmiliyah melalui wadah organisasi yang mempunyai struktur dan program yang terarah;
  2. Meningkatnya wawasan, pengetahuan, keterampilan dan tanggung jawab guru kelas dan guru mata pelajaran Madrasah Diniyah Takmiliyah;
  3. Meningkatnya kualitas pembelajaran di lingkungan Madrasah Diniyah Takmiliyah dengan dukungan kerja sama antar guru Madrasah Diniyah Takmiliyah dalam bentuk sharing resources, pendampingan, dan lain sebagainya;
  4. Terpetakannya potensi guru kelas dan guru mata pelajaran Madrasah Diniyah Takmiliyah agar dapat dijadikan dasar bagi perumusan model pembinaan dan peningkatan kompetensinya;
  5. Terbentuknya organisasi KKG MDT dan MGMP MDT di seluruh kecamatan.
    Penutup :

Dengan adanya keterangan diatas, maka dari pihak FKDT (Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah dapat mensikapi dengan mendorong secara cermat dan positif guna maksimal keberadaan MGMP dan KKG Madin ini.

Dengan sinergi yang baik dari FKDT dengan Kemenag serta MGMP dan KKG Madin menjadikan perkembangan lembaga Diniyah Takmiliyah lebih meningkat baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

logo fkdt
Logo FKDT Kab. Tubaba

Sebelumnya tentunya perlu diadakan pertemuan pengurus FKDT dan disampaikan kepada para anggota tentang keberadaan KKG maupun MGMP dan dirumuskan hendak dimana serta bagaimana.

Tidak lupa juga untuk mengurus persuratan secara resmi semisal ad art maupun SK sebagai landasan para pengurus KKG maupun MGMP madrasah diniyah dalam menjalankan organisasi dan kejelasan masa bhakti pada lembaga.

Demikian informasi mengenai Tujuan Pembuatan Pedoman KKG MDT dan MGMP MDT sasaran dan Hasil yang Diharapkan, semoga menambah pengetahuan tentang organisasi dan lembaga madrasah diniyah takmiliyah. Wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

1 komentar untuk “Tujuan Pembuatan Pedoman KKG MDT dan MGMP MDT sasaran dan Hasil yang Diharapkan”

  1. Ping-kembali: Tujuan KKG MDT Madin | Informasi TPQ Madin Pesantren

Silakan berkomentar

%d blogger menyukai ini: