struktur-organisasi-KKG-Guru-Madin

Bagan Struktur Organisasi KKG Madrasah Diniyah Takmiliyah

Contoh bagan struktur kepengurusan Kelompok Kerja Madin / MDT dalam format doc ms word bisa di unduh atau download sebagai perbandingan dalam menyusun pengurus KKG MDT di Kecamatan.

Pontren.com – assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, salam bersua kembali para pengelola lembaga pendidikan Islam khususnya Madin, pagi ini diunggah tentang contoh susunan pengurus beserta bagan struktur organisasi KKG Madin mengacu kepada KEPUTUSAN DIREKTUR JENDERAL PENDIDIKAN ISLAM NOMOR: 2352 TAHUN 2012 TENTANG
PEDOMAN KELOMPOK KERJA GURU MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH.

Baca;
Ketentuan pmbentukan dan penyelenggaraan KKG Madin #
Visi dan Misi Kelompok Kerja MDT #
Pengertian dan Fungsi KKG Madrasah Diniyah Takmiliyah #

Yang menjadi pertimbangan dalam penyusunan ini yaitu struktur minimal kepengurusan KKG dan juga masa kerja atau masa bhakti pengurus dan juga cara penetapan keabsahan orang orang atau person yang ditunjuk sebagai pengurus pada organisasi KKG Madin yang independen ini.

Langsung saja berikut informasinya.

Struktur Minimal Kepengurusan KKG

Dalam SK Dirjen Pendis no 2352 disebutkan bahwa Struktur Kepengurusan KKG MDT Sekurang-kurangnya terdiri dari

Ketua,
Sekretaris,
Bendahara dan
Ketua-Ketua Bidang.

Dalam hal Bidang-bidang yang dikembangkan disesuaikan dengan kebutuhan yang berada pada lingkungan dan dapat mengakomodir keperluan Guru pada lembaga pendidikan Madrasah Diniyah ini.

struktur organisasi

Dengan melihat kebutuhan, harapannya adalah keberadaan bidang bidang ini menunjang kelancaran program dan kegiatan organisasi.

Jumlah anggota KKG atau anggota pada bidang disesuaikan dengan kebutuhan dan keberadaan guru di kecamatan tempat KKG dibentuk dan bukan hanya sebagai pemanis atau pelengkap penderitaan dalam susunan pengurus, tapi diharapkan berfungsi secara maksimal guna peningkatan kualitas pengajar dan lembaga.

Penetapan Pengurus

Dalam situasi ditetapkan kepengurusan Kelompok Kerja Guru dilakukan dengan cara rapat anggota, dimana rapat anggota ini menyepakati susunan pengurus yang telah diusulkan baik itu dari FKDT maupun internal para pengajar di Madin.

Jika terjadi ketidaksepakatan dalam susunan pengurus, dapat dilakukan pemungutan suara guna mendapatkan pengurus yang absah dan memiliki kekuatan hukum setelah terjadi pemilu kecil ini (kalau ini pendapat pribadi ya).

Periode Kepengurusan Kelompok Kerja Guru Madrasah Diniyah Takmiliyah

Ini yang perlu disimak, dalam SK Dirjen telah diatur tentang masa bhakti waktu kepengurusan dari KKG MDT ini.

Adapun ketentuannya adalah bahwasanya masa bhakti pengurus KKG Madin yaitu 3 tahun.

Sedangkan awal mula kepengurusan sebaiknya adalah saat tahun ajaran baru dimulai, entah dengan mengambil kalender syamsiyah atau qomariyah. Hal ini untuk menggapai pengelolaan lembaga yang komprehensif tidak terputus ditengah jalan.

Selanjutnya yang mengesahkan kepengurusan ini adalah dari Kementerian Agama Kabupaten atau Kota, dengan begitu tanda tangan yang tertera merupakan pejabat struktural (jika belum dihapus) di Kantor Kemenag Kab/Kota.

Download contoh susunan pengurus KKG Madin

Untuk lebih mudah dalam memahami, kami sampaikan contoh susunan kepengurusan KKG madrasah diniyah dalam bentuk format bagan maupun secara lembaran kertas.

Dibuat dalam format microsoft office atau doc sehingga memudahkan dilakukan perubahan atau editing menyesuaikan dengan kebutuhan.

Ada 2 sampel atau contoh yang dapat di download yaitu tentang gambar bagan struktur organisasi dan juga file susunan pengurus yang dapat menjadi dalam lampiran SK Penentapan kepengurusan KKG, berikut tautan link yang dapat diunduh.

Download Bagan Struktur Organisasi KKG Madin
Downlod susunan Kepengurusan KKG Madrasah diniyah Takmiliyah

Demikianlah informasi tentang susunan kepengurusan kelompok kerja mdt beserta dengan contohnya yang dapat diunduh untuk master ketikan maupun sebagai pembanding dan komparasi, dimana bukan aturan baku harus seperti yang kami buat.

Yang menjadi sasaran baku mengacu kepada SK Dirjen adalah susunan minimal kepengurusan yang setidak tidaknya terdiri dari Ketua, Sekretaris, bendahara dan ketua bidang-bidang.

Sugeng enjang menjelang siang, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Silakan berkomentar