pengertian-KKG-Madin

Pengertian dan Fungsi KKG Madrasah Diniyah Takmiliyah

Informasi mengenai pengertian dari Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) pada Lembaga Madrasah Diniyah Takmiliyah mengacu kepada Pedoman Kelompok Kerja Guru Dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran Madrasah Diniyah Takmiliyah Direktorat Pendidikan Diniyah Dan Pondok Pesantren Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Replubik Indonesia Tahun 2013

Termasuk keterangan tentang sifat dari organisasi KKG siapa saja yang membentuk, mengelola, mengembangkannya dalam pengelolaan lembaga pendidikan Islam yang disebut dengan Madrasah Diniyah Takmiliyah atau Madin / MDT.

Baca;
Dasar Hukum Pelaksanaan KKG dan MGMP Madrasah Diniyah Takmiliyah #
Posisi Lembaga Madin pada Sistem Penidikan Nasional #
Contoh Pembagian Tugas Pengurus Madin
#

pontren.com – assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, sugeng siang menjelang sore. Apa sih KKG Madin? Apa itu fungsi dari Kelompok Kerja Guru Madrasah Diniyah Takmiliyah?

Jika ada pertanyaan diatas yang terlintas pada benak anda, postingan ini akan menyajikan jawabannya berlandaskan pada KEPUTUSAN DIREKTUR JENDERAL PENDIDIKAN ISLAM NOMOR: 2352 TAHUN 2012 TENTANG PEDOMAN KELOMPOK KERJA GURU MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH dan KEPUTUSAN DIREKTUR JENDERAL PENDIDIKAN ISLAM NOMOR : 2353 TAHUN 2012 TENTANG PEDOMAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH.

Dengan begitu ada baiknya jika anda hendak mengambil tulisan ini sebagai lampiran dalam skripsi tesis maupun disertasi, minimal makalah atau paper, silakan saja sebaiknya anda mengambil langsung dari sumber seperti tertulis diatas.

Jadi dalam footnote karya ilmiah merupakan primary source, bukan secondary source. Insyaallah file dalam format PDF maupun doc akan kami sediakan pada postingan yang lain dengan judul yang berbeda.

Oh iya koq malah ngelantur, seperti disampaikan, dalam postingan kali ini akan mengulas mengenai pengertian MGMP, KKG MD dan fungsi dari organisasi tersebut. Berikut informasi singkat dari pengertian serta fungsi dari Kelompok Kerja Guru Dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran Madrasah Diniyah Takmiliyah.

Pengertian Kelompok Kerja Guru Madrasah Diniyah Takmiliyah

guru-Madin
Guru Madin

Berikut pengertian yang resmi terdapat dalam buku pedoman dari Kementerian Agama.

Kelompok Kerja Guru Madrasah Diniyah Takmiliyah (KKG MDT) adalah suatu wadah bagi paragurukelas pada Madrasah Diniyah Takmiliyah untuk mengembangkan diri dalam meningkatkan kompetensinya.

Itulah ta’rif atau pengertian secara istilah secara resmi yang diberikan Kemenag melalui SK Dirjen Pendis tentang pengertian dari KKG Madrasah Diniyah Takmiliyah.

Organisasi ini (KKG Madrasah Diniyah Takmiliyah) mempunyai sifat merdeka atau bersifat independen yang dibentuk, dikelola, dan dikembangkan oleh guru kelas Madrasah Diniyah Takmiliyah yang menjadi anggotanya untuk tujuan peningkatan kompetensi dan profesionalisme sebagai tenaga pendidik.

Fungsi Kelompok Kerja Guru Madrasah Diniyah Takmiliyah

fungsi-KKG-Madin

KKG Madin ini memiliki 3 fungsi, adapun ketiga fungsi dimaksud yaitu :

  1. Forum silaturrahim antar guru kelas Madrasah Diniyah Takmiliyah;
  2. Sarana pengembangan profesionalitas guru kelas Madrasah Diniyah Takmiliyah;
  3. Forum komunikasi dan konsultasi guru kelas Madrasah Diniyah Takmiliyah.

Jika kita mengamati ketiga fungsi dari Kelompok Kerja Guru MDT ini memiliki beberapa pokok tujuan yaitu sarana sillaturrahmi antar guru, pengembangan profesionalitas dan ajang tukar pengalaman dan sharing ilmu yang dimiliki serta tempat tanya jawab antar guru pada lembaga yang sama.

Demikian informasi mengenai Pengertian dan Fungsi Kelompok Kerja Guru Madrasah Diniyah Takmiliyah, semoga semakin menguatkan lembaga madin dan menambah kualitas pengetahuan para pengelola dan guru pada madin dalam menjalankan roda pendidikan keagamaan Islam.

Sugeng sonten menjelang siang, eh kuwalik, selamat siang menjelang sore, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

1 komentar untuk “Pengertian dan Fungsi KKG Madrasah Diniyah Takmiliyah”

  1. Ping-kembali: Tujuan KKG MDT Madin | Informasi TPQ Madin Pesantren

Silakan berkomentar

%d blogger menyukai ini: