pengaruh-tema-terhadap-jumlah-pengunjung

Tema wordpress sangat berpengaruh terhadap jumlah pengunjung Blog

Pengalaman pribadi dalam mengamati jumlah kenaikan penurunan visitor pada blog karena perubahan tema atau theme yang tersedia pada wordpress yang ternyata memiliki pengaruh yang signifikan terhadap naik turun pengunjung maupun pageview.

pontren.com – assalamu’alaikum para blogger dunia maya, kali ini saya akan berbagi pengalaman dalam penggunaan tema serta dampak terhadap jumlah kunjungan visitor yang masuk pada blog sederhana ini.

Baca;
Jumlah postingan blogger kondang dengan ribuan visitor dalam sehari
Cara menambahkan jam di blog website
5 situs Islam paling banyak dikunjungi versi similarweb

Awalnya saya tidak terlalu memperhatikan dampak perubahan pola jumlah pengunjung disaat melakukan perubahan tema yang dipasang pada blog wordpress ini, tapi karena kecelakaan trobel tampilan blog yang rusak error melebar kemana mana akhirnya menyadari bahwa pemilihan tema memilliki dampak signifikan dalam jumlah pengunjung, entah meningkat atau menurun.

Awal mula tema yang dipakai pada wordpress blog pontren.com

tampilan-theme-superfast
tampilan theme superfast

Awalnya blog ini menggunakan theme superfast besutan dari hosting yang sebenarnya berbayar tapi menjadi gratis untuk penggunanya, saya relatif menyukainya karena tampilan sederhana dan banyak slot untuk penempatan iklan.

Karena tangan gatal pengen coba coba utak atik website, malah berdampak pada tampilan wordpress yang berantakan tidak sesuai dengan setting dari tema superfast, tulisan menjadi lebar dari sisi kiri kanan, widget tidak berfungsi serta tidak nyaman untuk tampilannya.

Akhirnya terpaksa memutar otak untuk menangani tampilan yang gila gilaan rusaknya, pas masuk ke akun hosting, baru menyadari ternyata disana menyediakan beberapa tema premium berbayar atau theme blog untuk wordpress yang dapat dipergunakan secara gratis bagi pelanggannya.

Menggunakan tema divi extra elegant themes

tampilan-divi-extra
tampilan divi extra elegant themes

Setelah browsing dan mengontak cs dari hosting untuk permintaan theme premium, akhirnya disettingkan oleh pihak dari dewaweb, saya diminta untuk memberikan email dan password untuk log in dan setting tema divi extra (ternyata untuk konfirmasi resmi dalam penggunaan divi sehingga cara pemasangan memerlukan autentifikasi dari dewaweb).

Jatuh hati saya dengan tampilan dari divi extra yang dirancang untuk model blog informasi atau berita, begitu sukanya saya dengan tampilannya karena perpaduan warna yang indah, tata letak menarik, related links yang hebat serta kemudahan dalam settingnya dengan cara drag and drop.

Dapat dikatakan saya mendapatkan kegembiraan dengan tampilan dari divi extra ini memberikan suntikan energi baru dalam ngeblog lagi, saya pandangi saya buka buka sendiri, ada rasa happy dengan tampilan blog yang nampak profesional dan tak kalah dengan blog blog besar skala perusahaan. Pokoknya saat itu adalah hari yang menyenangkan saya sebagai blogger.

Sayangnya sebulan memakai divi extra, problem datang, sama seperti sebelumnya yaitu tampilan blog yang buyar, saya laporkan ke pihak hosting, di analisa ternyata beberapa plug in menyebabkan crash atau apalah yang menjadikan blog menjadi rusak tampilan tidak beres. Haduh terpaksa me non aktifkan beberapa plug in (padahal saya bukan banci pasang plug in, hanya beberapa yang penting menurut saya).

Pada saat itu tampilan pageview di kisaran 4.000 an halaman dan dilihat dengan perkiraan pengunjung antara 2.500 (versi dasboard dari wordpress). Karena menyerah dengan keadaan ini (tampilan wordpress rusak) akhirnya dengan berat hati browsing mencari tema gratisan, akhirnya mengunjungi blog teman yaitu tarjiem.com yang mengulas tentang perbandingan kecepatan beberapa theme wordpress.

Pengalaman memakai theme astra

tampilan-theme-astra
tampilan theme astra

Disitu ada beberapa tema terkenal yang diulas termasuk divi extra, astra, dan apalagi saya lupa tapi saya pernah mencobanya. Karena kendala tema divi extra yang rusak kemudian saya mencoba theme astra untuk blog ini. Tampilannya sangat simpel sederhana, secara elegan dan profesional sangat jauh dengan divi.

Tapi disaat saya coba cek di google pagespeed, wow menyenangkan, jarak antara kecepatan divi dengan astra bagi saya sangat signifikan, terpaut lumayan jauh baik untuk desktop maupun mobile, pada tema astra di desktop hampir selalu hijau dan pada bagian mobile sangat jarang berada di zona merah, malah kadang di area hijau.

Beberapa hari memasang theme ini dampak dari pengunjung terasa jumlahnya naik, malah menjadi rekor tertinggi selama blog ini aktif, yaitu kisaran 7.500 pageview dalam sehari dan antara 5.500 visitors dalam sehari. Kenaikan pengunjung ini menjadikan saya melupakan dengan tampilan keren profesional tema divi karena menyadari blog ini bukan blog pengunjung loyal tapi dari pengunjung melalui mesin pencari.

Dan akhirnya beberapa saat jumlah pageview atau halaman yang dilihat menjadi stabil di kisaran 5000-6000 dalam sehari (dasboard wordpress). Tapi apa lacur, penyakit dari tema astra yang saya pasang pada blog ini datang menghampiri, yaitu setelah melakukan edit atau posting artikel, blog menjadi tidak dapat diakses antara 30 menit sampai satu jam.

Dongkol banget rasanya, kejadian ini membuat saya balik kucing ke tema divi lagi, dan ternyata pengunjungnnya juga kembali ke kisaran 4000 an sehari, saya kembalikan lagi ke tema astra, pengunjung naik lagi, tapi ya penyakitnya belum hilang, setelah posting blog menjadi tidak dapat diakses dan banyak gambar tidak muncul selama kisaran beberapa jam.

Mengatasi masalah tema dengan cara uninstall dan pasang kembali

tema-blog-berpengaruh-terhadap-pengunjung
pemilihan theme yang tepat akan bagus untuk blog

Sebenarnya saya sudah nyaman dengan tema astra, tidak masalah tampilan sederhana yang penting bagus secara SEO dan jumlah visitor, tapi sayangnya kendala not established membuat saya galau segalau galaunya, balik lagi ke tema divi tapi terngiang selisih pengunjung dan pageview kisaran 20% membuat saya berusaha untuk balik ke tema astra tanpa trouble.

Akhirnya saya melakukan percobaan dengan cara mencopot atau uninstall theme astra dari blog saya, kemudian beberapa saat saya pasang lagi dengan harapan file lama akan kembali pada setelan awal disaat saya mengunduhnya dari wordpress.

Dan setelah beberapa saat sepertinya tidak ada kendala berarti terhadap blog setelah saya bersihkan tema astra dari website ini kemudian menginstall ulang dan dilanjut dengan menjadikan tema menggantikan divi yang menawan dan menyenangkan tampilannya.

Dari pengalaman bongkar pasang pemilihan tema ini saya mendapatkan pelajaran bahwa tema memiliki pengaruh yang lumayan terhadap jumlah visitor dari google atau mesin pencari mengunjungi blog ini, faktor kecepatan blog dan seo dalam tema sepertinya yang mendorong suatu tema memiliki dampak terhadap jumlah pageviews maupun visitors.

Bagi saya blogger yang sangat awam ternyata pengalaman nyata bolak balik ganti tema dari divi extra ke theme astra memiliki dampak perbedaan jumlah visitor sekitar 20% dimana dari segi tampilan maka dimenangkan oleh divi sedangkan untuk seo jumlah pengunjung tema astra lebih baik dalam peringkat di google mesin pencari.

Bagaimana pengalaman anda?

loading...

2 komentar untuk “Tema wordpress sangat berpengaruh terhadap jumlah pengunjung Blog”

  1. Mantap. Baru buka lagi ternyata sudah ganti baju.
    Jujur, waktu mas nya pakai theme divi extra, pengen sekali saya komentar, divi gak bagus. berat, susah, ribet.

    Cuma saya gak tega aja. hahaha

    1. Iya, ternyata bagus di tampilan tapi minus pada kecepatan. Lagian visitornya bukan kaum loyal yang rajin dateng, tapi dari mesin pencari, ya sudahlah cari yang simple simple sajah hehhehee

Silakan berkomentar