Wetenge Njembling Tegese Yaiku, Tuladha Ukara

Wetenge Njembling Tegese Yaiku, Tuladha Ukara
tegese tembung panyendhu

Tembung panyendhu wetenge njembling yaiku weteng sing bentuke njembluk utawa mblendhuk memper wong meteng. Artinya adalah perut yang buncit seperti wanita tidak hamil dan tidak seimbang dengan posturnya.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, wilujeng sonten selamat sore. Kali ini kita akan membahas celaan untuk bagian perut manusia dalam bahasa Jawa.

Jadi dalam Bahasa Jawa, ejekan atau ungkapan untuk menghina bentuk perut yang buruk adalah wetenge njembling.

Dan barusan saya mencoba mencari kosakata istilah pujian untuk perut dalam bahasa Jawa (tembung panyandra) ternyata tidak ada.

asumsi saya mungkin jaman dulu belum ada trend ungkapan six pack bagi bentuk perut yang keren.

bisa jadi jika sejak jaman dulu sudah ada trend, mungkin saja panyandra weteng yaiku kotak enem, yang artinya adalah kotak enam :D. Bercanda aja dink brooo.

Untuk bentuk buruk perut sepertinya sudah berlaku global yaitu bentuknya buncit, semisal bentuknya perut perempuan yang mengandung anak.

Tembung Panyandhu Wetenge Njembling, Tuladha ukara

wenehana utawa gawea ukara nganggo tembung panyendhu weteng! Buatlah contoh kalimat bahasa Jawa untuk bentuk perut yang tidak bagus.

berikut ini misal contoh kalimatnya.

Mesakne banget bocah sing wetenge njembling kuwi ketok yen kakean mangan ora ukuran. Artinya adalah, kasihan sekali anak yang perutnya buncit itu tampak kebanyakan makan tanpa ukuran.

lazimnya, ungkapan ini merujuk kepada bentuk perut seseorang yang besar namun memiliki postur tidak seimbang dengan perutnya.

Badannya kurus namun perutnya buncit. Biasanya karena penyakit sehingga meski dia kurus namun perutnya besar. Minimal seperti orang yang cacingan.

Dengan begitu penampakannya jauh dari mengenakkan untuk orang yang memandangi tubuhnya.

Dalam Bahasa Jawa, tembung njembling asalae saka tembung jembling. memiliki padanan kata lain yaitu njembluk. Artinya sama saja yaitu perut yang buncit.

Demikianlah ungkapan dalam bahasa Jawa pasemone weteng atau celaan untuk perut (panyendhune weteng) beserta arti terjemah dan juga contohnya dalam kalimat.

Maturnuwun sudah mampir, sala kenal dan wassalamu’alaikum.

Tentang

salam blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*