Tembung Panyandra Rambute Yaiku, Contoh Tuladha Ukara

Tembung Panyandra Rambute Yaiku, Contoh Tuladha Ukara

Tembung Panyandra Rambute Yaiku ngandhan-andhan utawa ngembang bakung, utawa ngombak banyu artinya adalah pujian untuk bentuk rambut yang indah ngandan-andan atau seperti bunga bakung ataupun semisal ombak air. Contoh ukara tuladha ukarane ana ing ngisor kanthi ngemu tembung irah-irahan ing ndhuwur.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, apabila ada soal ujian ataupun ulangan yang menyuruh untuk mencari ungkapan pujian dalam bahasa Jawa mengenai rambut, semisal seperti ini soalnya.

Golekana tembung panyandrane rambute banjur wenehana contoh tuladha ukara nganggo basa Jawa lan wenehono arti ing Bahasa Indonesia. Artinya adalah carilah ungkapan pujian untuk rambutnya kemudian berilah contoh kalimat memakai bahasa Jawa dan terjemahkan ke Indonesia.

Ana ing basa Jawa, tembung panyandrane rambut (sak ora-orane) ana telu yaiku;

  1. Ngandhan-andhan tegese yaiku ngombak (krama ngoko) tumrap rambut.
  2. Ngombak banyu tegese yaiku kaya ombak banyu (seperti ombak air)
  3. Ngembang bakung tegese yaiku kaya kembang bakung artinya seperti bunga bakung.

Jadi secara maksud, dalam khazanah orang Jawa, perwujudan rambut yang indah tidaklah lurus sebagaimana model rambut yang selesai rebounding dengan biaya mahal. Namun malah bentuk rambut yang berombak. Tentunya juga tidak sangat keriting.

Pastinya banyak orang bisa membedakan mana rambut yang model mengombak dan berbentuk keriting.

Bisa saja maksudnya rambut yang berombak seperti miliknya artis cantik Tamara Bleszynski yang panjang namun tidak sekedar jatuh turun namun ada kelokan berombaknya.

Contoh Tembung Panyandra Rambute Tuladha Ukara Basa Jawa

Selanjutnya adalah membuat contoh kalimat panyandra rambut dalam Bahasa Jawa.

Karena ungkapan ini merupakan suatu pujian untuk bagian tubuh (perangane awak) maka semestinya contohnya adalah untuk memuji keindahan atau kecantikan yang menjadi maksud ungkapan ini.

Contohnya ada pertanyaan yang berbunyi,” wenehana tuladhane ukarane candrane perangane awak yaiku rambut! Berilah contoh kata pujian bagian tubuh yaitu rambut. Berikut ini contohnya;

Ora bosen bosen aku nyawang Asti Setyorini amarga rambute ngandhan-andhan. Artinya adalah saya tidak bosan bosannya memandangi Asti Setyorini karena rambutnya yang berombak.

Contoh lainnya misalnya yaitu,” Asti Setyorini pancen ayu, eseme pait madu, rambute ngembang bakung utawa ngombak banyu. Artinya adalah Asti Setyorini memang cantik, senyumnya sangat manis, rambutnya indah berbentuk bagaikan ombaknya air atau bunga bakung.

Nah demikianlah perangane awak kang cinandra ngandhan-andhan, ngombak banyu lan ngembang bakung contoh ukara lan tuladha Basa Jawa lengkap dengan arti dan terjemahnya kedalam Bahasa Indonesia.

Terima kasih sudah mampir, salam kenal dan wassalamu’alaikum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top