Misanan tegese Artinya dalam kekerabatan Jawa

Share

Misanan tegese basa Jawa dalam Bahasa Indonesia adalah Sedulur tunggal mbah alias saudara sepupu. Contohnya anda dengan anak paman atau om kamu merupakan misanan atau saudara misan.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, dalam Bahasa Jawa ada yang namanya anak putu buyut mbah ponakan dan lain sebagainya.

Dalam hubungan darah ini ada yang namanya anak misan panggilan keluarga dalam bahasa jawa. Anak dari bude disebut dengan sepupu atau misanan dalam Basa Jawanya.

Misanan adalah saudara se-kakek/se-nenek. Istilah misanan berasal dari kata ‘pisan’ yang berarti ‘pertama’. Selanjutnya sebagaimana telah anda baca, maksudnya misanan dalam Bahasa Indonesia adalah sepupu.

Dalam istilah lain, kata ini merupakan keturunan ketiga dari kakek ataupun nenek.

Jadi Sebutan Kerabat dalam Bahasa Jawa untuk saudara sepupu adalah misanan.

Singkatnya, kata ini menunjukkan kekerabatan hubungan antara cucu satu dengan cucu lainnya dari anak kakek yang berbeda.

Dengan begitu, ketemunya misanan dalam jalur urutan trah atau kerabat keturunan jawa ada pada kakek atau nenek. Alias saudara satu kakek atau nenek simbah, bapak ibunya dari bapak ibu kita.

Tuladha ukara misanan Basa Jawa lan Tegese

misanan dalam bahasa indonesia artinya

Gawea Ukara nganggo tembung misanan! Buatlah contoh kalimat menggunakan kata saudara sepupu dalam Bahasa Jawa!

Ini dia contohnya.

Kurawa lan pandawa iku yen diurut isih sedulur misanan.

Contoh lain yang semisal yaitu; kurawa sedulur misan ambi pandawa, tegese misanan yaiku sedulur tunggal mbah. Simbahe Pandawa lan kurawa iku pada yaiku Resi Byasa.

Dari Resi Byasa inilah menurunkan pandawa lima dan sata Kurawa, meski mereka saudara misan akan tetapi sebagaimana cerita yang kita dengar dan lihat dalam wayang maupun film ternyata mereka saling bermusuhan sehingga terjadi perang baratayudha di padang kurustetra.

Demikian informasi mengenai kekerabatan dan sebutan antara cucu dari anak yang berbeda, merupakan keturunan ketiga dari kakek atau nenek yang dalam bahasa Indonesia disebut dengan saudara sepupu.

Akhirnya, wilujeng dalu, selamat belajar, semoga membantu menjawab soal ujian pitakon basa jawa lan wangsulane, wassalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.


Share

Mumtaz Hanif

salam blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *